3 Formula dalam Copywriting Supaya Konten Semakin Menarik

Copywriting merupakan suatu teknis penulisan yang akan disusun oleh seorang penulis untuk mempromosikan suatu brand dengan tujuan menarik perhatian.

Kemudian meningkatkan minat untuk membaca, dan upaya mendorong pembacanya melakukan suatu tindakan yang disarankan penulis.

Penyusunan tulisan dalam teknik ini memerlukan banyak sekali pertimbangan dan kreativitas

Alhasil, konten tulisan di dalamnya benar-benar efektif bisa menarik minat dari calon pelanggan. 

Namun, tidak semua orang paham dengan tata cara penulisan yang baik dan terstruktur. 

Untuk itu, Sobat Arahmata  perlu mengenal 3 formula dalam membuat copywriting yang memikat.

Formula copywriting ada 3, yaitu : AIDA, BAB & FAB.

Pada artikel kali ini Arahmata akan membahas Formula AIDA. Formula AIDA Merupakan singkatan dari Attention, interest, desire & Action.

Keempat komponen ini mampu mengubah halaman kosong menjadi tulisan atau konten yang berkesan, menarik minat, bahkan membuat orang lain menjadi terpengaruh setelah membaca tulisan atau konten tersebut. 

Berikut cara menerapkan formula AIDA dalam pembuatan konten copywriting. 

Attention

Banyak fakta bahwa orang-orang akan merasa tertarik akan suatu konten hanya dalam waktu 8 detik pertama saja. 

Artinya, jika Anda sebagai pembuatan konten tidak mampu membuat calon pelanggan tertarik dengan konten Anda selama 8 detik pertama.

Maka konten itu bisa dianggap gagal menyampaikan pesan kepada target pasar.

Interest

Tidak hanya perhatian, Anda juga perlu membuat pembaca konten Anda jadi tertarik dengan iklan yang Anda tayangkan. 

Beberapa elemen yang harus dioptimalkan untuk mencapai interest dari calon pelanggan, antara lain adanya informasi, fakta, studi kasus, data statistik, kondisi ideal, serta alasan mengapa konsumen percaya kalau mereka memerlukan apa yang Anda tampilkan pada konten tersebut.

Desire

Komponen desire hampir mirip dengan interest.

Hanya saja pada tahap ini, Anda harus bisa membuat calon pelanggan benar-benar menginginkan produk yang sedang Anda tawarkan. 

Salah satu tipsnya, menyebutkan beberapa manfaat dari produk unggulan Anda.

Action

Anda perlu mengajak calon pelanggan untuk mengambil suatu tindakan agar membeli produk yang sedang Anda tawarkan dalam konten copywriting Anda. 

Tidak hanya itu saja, pelanggan juga bisa diajak berkontribusi dengan membuat akun, melakukan pengunduhan, mendaftar, menelpon, atau mengisi kuesioner.

Anda hanya perlu berpikir kreatif untuk menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan oleh calon pelanggan, sehingga mereka mempertimbangkan untuk membeli produk tersebut. 

Pengisian kuesioner pun tidak masalah, asalkan pertanyaan di dalamnya bisa membuat tertarik akan produk dari brand Anda.

Setelah membaca artikel ini, segera di praktekan kedalam pembuatan konten ya, Sobat Arahmata. Semoga bermanfaat dan meningkatkan daya tarik saat membuat copywriting untuk promosi konten.

Untuk kedua formula copywriting diatas akan di bahas pada artikel selanjutnya, stay tune di www.arahmata.co.id/blog .

Bagikan:

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.