4 Tips Marketing Mocer Untuk Brand Lokal di 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Dalam proses membangun bisnis dengan brand lokal itu cukup menjanjikan. Tidak percaya? 93,3% masyarakat Indonesia terbukti lebih percaya dengan kualitas produk lokal.

Jauh dibandingkan dengan kepercayaan pada produk asing yang hanya 71,5%.

Menariknya, konsumen ternyata juga suka membeli produk brand lokal yang dipromosikan dengan baik. Sebab, mereka jadi lebih merasa dekat dengan produk tersebut.

Itu artinya promosi bagi sebuah brand lokal penting untuk dilakukan kalau bisnis Anda ingin cuan lebih. Tapi, bagaimana cara promosi produk brand lokal yang baik?

Alasan di balik Kenapa Marketing bagi Brand Lokal itu Penting? Konsumen Bisa dengan Mudah Menemukan Brand Anda. Dengan upaya marketing yang baik, konsumen akan lebih mudah menemukan brand Anda.

Faktanya, sekitar 81% calon pembeli akan melakukan riset secara online sebelum melakukan pembelian. Mereka akan mencari tahu tentang harga, deskripsi, gambar produk, ulasan pembeli, kualitas customer service, dan lain sebagainya.

Idealnya, setiap kali konsumen melakukan riset, nama brand Anda yang terlihat di hasil pencarian. Sebab, kalau brand Anda tidak ditemukan, konsumen hanya akan mengenal kompetitor yang punya produk sama dengan bisnis Anda, bukan?

Memenangkan Persaingan dengan Brand Lokal Lain

Tidak bisa dipungkiri bahwa memenangkan persaingan bisnis itu sangatlah berat. Apalagi mengingat sudah ada sekitar 11,7 juta UMKM yang sudah Go Online.

Apabila tidak didukung dengan marketing yang tepat, bisnis Anda bisa saja kalah bersaing dan berisiko gulung tikar. 

Apalagi jumlah UMKM yang Go Online diprediksi akan terus meningkat hingga 30 juta di tahun 2023. Untuk memenangkan persaingan melawan brand lokal lain adalah menjalankan marketing yang mampu membekas di ingatan calon konsumen bisa jadi langkah efektif. Bagaimana caranya?

Anda bisa menggunakan strategi viral marketing dengan membuat konten unik dan menjadi viral di media sosial.

Cara lainnya, dengan melaksanakan experiential marketing agar calon konsumen bisa merasakan bagaimana produk Anda digunakan dalam keseharian.

Menyasar Konsumen yang Lebih Tepat

Dengan mengoptimalkan strategi marketing, Anda bisa menyasar konsumen yang lebih tepat. Baik dari demografinya, hobi, media sosial yang digunakan, dan lain sebagainya.

Kenapa menyasar konsumen yang lebih tepat itu penting?Efeknya, bisnis tersebut hanya menghambur-hamburkan uang karena strategi marketing-nya tidak tepat sasaran.

Jika hal tersebut tak segera diubah, bisa-bisa mereka masuk ke 29% bisnis yang gagal karena kehabisan modal.

Membangun Keterikatan Emosi Positif ke Konsumen

Brand lokal perlu menggunakan marketing untuk membangun keterikatan emosi yang positif dengan konsumen. Keterikatan emosi konsumen membawa banyak manfaat bagi brand Anda.

Bukan hanya mereka akan cenderung membeli produknya,  tapi juga 80% diantaranya tak ragu merekomendasikan brand Anda ke orang lain.

Meningkatkan Pemasukan 

Manfaat paling penting dari upaya marketing untuk brand lokal adalah meningkatkan penjualan produk. Apa alasannya?

Pertama, ketika upaya promosi sering dilakukan di berbagai platform, semakin mudah orang untuk menemukan brand Anda.

Pada akhirnya, kesempatan mereka untuk bisa tertarik dan membeli produk tersebut jadi semakin besar. Ini tentu akan berpengaruh pada tingkat penjualan produk.

Kedua, kejelian menggunakan promosi yang unik bisa membuat bisnis Anda terlihat menonjol dari brand lokal lain. Ini bisa menjadi upaya branding yang efektif untuk menjaring pelanggan setia yang terus membeli produk Anda.

Ketiga, jika iklan yang dibuat sesuai dengan audiens (personalized), customer experience diberikan akan lebih baik. Misalnya, menawarkan produk sesuai riwayat pembelian konsumen. 

Tips Marketing Moncer untuk Brand Lokal

Setelah Anda tahu kenapa marketing itu penting, berikut beberapa tips pemasaran yang sudah terbukti ampuh untuk brand lokal Anda:

1. Wajib Go Online Melalui Website

Pengguna internet di Indonesia mencapai 196 juta pengguna atau 73,7% dari total populasi. Jadi, bisa dikatakan agar sebuah brand ingin terus berkembang, melakukan promosi online itu wajib. 

Bayangkan kalau Anda masih menjalankan secara offline, potensi mendapat jutaan pelanggan akan hilang.

Apalagi sekarang, banyak pilihan untuk go online. Ingin mulai dari media sosial dulu? Bisa. Ingin menggeluti marketplace? Boleh.

Namun, website tetap pilihan terbaik dengan berbagai kelebihan. Jadi, sebaiknya Anda jadikan sebagai channel utama untuk promosi. Kenapa demikian?

Pertama, 84% konsumen lebih percaya bisnis yang memiliki website. Artinya, mengandalkan media sosial saja belum cukup untuk membangun brand lokal Anda secara online.

Kedua, saat konsumen melakukan riset di Google, hasil yang ditampilkan adalah website atau lapak di marketplace.

kalau Anda punya website sendiri, besar kemungkinan Google akan menampilkannya sebagai hasil pencarian untuk kata kunci tertentu bersama dengan sebuah lapak di marketplace.

Terakhir, website membuat upaya branding Anda jauh lebih mudah.  Berbeda dengan marketplace atau media sosial yang tampilannya seragam dan tak bisa diubah, website memberikan Anda kebebasan membangun branding sendiri. Mulai dari warna, logo, layout, jenis font, fitur khusus, dan lainnya. 

2. Optimalkan Local SEO

Sebagai brand lokal, tentu saja Anda harus bisa menguasai hasil pencarian lokal di Google agar upaya marketing Anda lebih baik. Apalagi, sebesar 46% pengguna Google melakukan pencarian lokal.

Hal ini bisa disiasati dengan optimasi Local SEO, yaitu cara untuk melakukan optimasi website agar mampu tampil di hasil pencarian di lingkup wilayah tertentu.

Umpamakan kalau bisnis Anda berada di Jakarta Selatan, maka setiap pencarian pengguna terdekat di kota tersebut harus mampu menampilkan brand Anda. 

Contohnya, ketika melakukan pencarian dengan kata kunci “digital marketing lokal” dan brand Anda harus mampu muncul di antara bisnis lain yang memiliki niche bisnis di startup.

Salah satu kunci untuk mengoptimalkan Local SEO adalah melakukan riset keyword dan menggunakannya di website Anda. Tujuannya agar Anda tahu apa yang diinginkan konsumen dan kata kunci apa yang diketikkan di Google.

Dengan menguasai local SEO, akan semakin sering orang melihat brand Anda di hasil pencarian sehingga semakin besar juga kemungkinan mereka melakukan pembelian. 

3. Jangan Lupa Daftar Google Bisnisku

Itulah yang dinamakan dengan Google Bisnisku atau Google My Business. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi lengkap tentang bisnis Anda agar konsumen mudah mencarinya.

Google Bisnisku ini bisa memperkuat Local SEO Anda, lho. Sebab, jika ada yang mencari brand Anda secara khusus, informasinya akan langsung ditampilkan di halaman pertama Google seperti contoh di atas.

Selain itu, Google Bisnisku juga mampu meningkatkan kredibilitas bisnis Anda hingga 70%! Alasannya cukup jelas bahwa semakin lengkap informasi sebuah bisnis, semakin kecil kemungkinan bisnis itu abal-abal.

Lalu, bayangkan jika Anda mengkombinasikan strategi website dengan Google Bisnisku. Tidak ada lagi keraguan di hati konsumen saat hendak membeli produk Anda dan itu artinya cuan akan mengalir deras.

4. Tentukan Nilai Jual Brand

Apa yang membuat brand Anda beda dari kompetitor? Layanan customer service Anda lebih baik? Produk Anda lebih eksklusif karena dibuat dengan tangan (handmade)? Atau, Anda memberikan packing kayu gratis di setiap pengiriman barang?

Apapun itu, tentukan nilai keunikan atau Unique Selling Point (USP) dari bisnis Anda. USP bukan hanya bisa menarik konsumen tapi akan memudahkan upaya marketing dan branding yang Anda lakukan.

Saat ini Arahmata Digital Agency sudah mendesign, mendevlop beberapa website seperti, www.smartpower.id www.saeland.id www.comeworks.id selain membuat website baru dari nol bisa juga tim Arahmata me-redisgn website yang sudah ada (basis dasar Website WordPress). Segera miliki dan optimalisasi branding secara online untuk kemajuan perushaan anda, sobat.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.