4 Tips Menarik Untuk Konsep Smart Home

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Di era teknologi yang semakin maju ini membuat kita dapat hidup dalam kenyamanan yang maksimal, di mana semua kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik.

Selain itu, berkat inovasi-inovasi yang ada kita juga bisa menikmati berbagai hal dalam kemudahan, baik itu dari aspek gaya hidup ataupun tempat tinggal. Seperti yang sedang marak saat ini konsep Smart home. 

Tidak heran jika di masa yang serba cepat ini semakin marak penerapan hunian dengan konsep smart home atau rumah pintar untuk semakin mempermudah kehidupan penghuninya.

Ciri-ciri yang paling menonjol dalam penerapan sistem smart home adalah penggunaan peralatan rumah tangga yang tidak terlepas dari basis internet sehingga muncullah istilah Internet of Things (IoT).

Dengan begitu, bagi kamu yang ingin memiliki hunian berkonsep smart home, tentu tidak perlu sampai merenovasi rumah, apalagi membeli rumah baru.

Cukup tambahkan beberapa peralatan rumah yang smart untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Berikut Tim Arahmata akan memberikan tips dan trik mengubah hunian menjadi smart home

CCTV sebagai Smart Security

Sistem keamanan di dalam smart home tidak boleh sobat Arahmata  lupakan. Sobat Arahmata juga bisa menggunakan CCTV yang dapat tersambung ke smartphone milik sobat melalui aplikasi tertentu.

Biasanya, CCTV ini dapat kamu gerakkan ke berbagai arah hanya dengan sentuhan di smartphone, tentunya dengan bantuan jaringan internet. Dengan demikian, sobat bisa memantau keadaan rumah kapan pun dan dari mana pun. 

Pintu dengan Sistem PIN atau Sidik Jari

Selain CCTV, tingkatkan juga keamanan smart home dengan pintu yang menggunakan sistem PIN atau sidik jari. Berkat bantuan teknologinya, pintu ini akan lebih sulit dibuka oleh orang-orang tak dikenal.

Namun, sobat arahmata juga harus berhati-hati karena smart door ini bisa berbalik membahayakan penghuni rumah apabila sensor atau sistemnya rusak.

Untuk mengatasinya, pilihlah smart door yang juga disertai kunci manual sehingga kamu juga bisa mengakses pintu tanpa menggunakan fingerprint atau PIN.

Menggunakan Televisi Berbasis Internet

Televisi pintar merupakan salah satu perangkat yang bisa mendukung penerapan sistem smart home pada hunian.

Umumnya, TV ini berbasis internet sehingga pilihan channel atau filmnya pun lebih banyak. Selain itu, sobat  juga bisa mengakses video dari YouTube melalui TV pintar ini. 

Menggunakan Smart Lighting

smart lighting ini merupakan yang paling penting karena dalam penerapannya sehari-hari, lampu sangat dibutuhkan dibanding yang lainnya.

Tanpa pencahayaan lampu, sobat Arahmata tidak bisa melakukan aktivitas dengan efektif, apalagi saat di malam hari.

Maka dari itu, smart lighting adalah salah satu perangkat pintar yang wajib ada di dalam smart home.

Lalu, apa itu sebenarnya smart lighting? Pada dasarnya, smart lighting adalah pencahayaan yang bisa diatur dengan mudah melalui ponsel atau smartphone sehingga sobat Arahmata tidak perlu repot-repot lagi berjalan untuk menyalakan atau mematikan lampu.

Meski demikian, sakelar lampu yang ada di rumah tetap bisa digunakan. Jadi, singkatnya smart lighting ini membantu menyederhanakan dan meningkatkan kualitas hidup penggunanya.

Keunggulan Smart Lighting

Keunggulan utama dari smart lighting tentunya adalah kemudahan yang bisa dirasakan setiap saat. Kemudahan ini didukung oleh tiga hal, yaitu pengendalian, penjadwalan, dan kontrol suara  lewat aplikasi di smartphone.

Saat sudah lelah beraktivitas seharian, pasti sobat ingin langsung beristirahat, namun, tidak bisa dipungkiri, sering kali kamu ataupun anggota keluarga lainnya lupa mematikan lampu di setiap ruangan.

Karena malas, akhirnya kamu membiarkan lampu menyala sampai keesokan harinya dan akibatnya, tagihan biaya listrik bulanan jadi membengkak.

Dengan kehadiran smart lighting, Sobat bisa langsung mematikan lampu dari dalam kamar tidur atau dari mana saja, yaitu menggunakan aplikasi khusus.

Sobat Arahmata  juga bisa mengendalikan smart lights dengan perintah suara melalui smartphone.

Tidak hanya itu saja, mengatur jadwal smart lights untuk kapan pun bisa dilakukan dan disesuaikan dengan gaya hidup.

Misalnya, sobat ingin lampu sudah menyala di jam enam setiap pagi hari atau lampu mati di setiap jam sembilan malam.

Nantinya, lampu pintar tersebut akan nyala dan mati secara otomatis sesuai jadwal yang sudah ditentukan sehingga sobat  tidak perlu takut lupa mematikan lampu. 

Penerapan Smart Lighting

Dalam penerapannya, smart lighting dapat digunakan oleh siapa saja dan di hunian apa pun.

Perangkat smart lighting beserta keunggulannya tadi bisa sobat dapatkan dari produk pencahayaan Philips yang dirancang khusus dengan bantuan teknologi digital untuk memberikan solusi pengaturan cahaya terbaik pada setiap rumah.

Philips merilis dua produk smart lighting yang bisa sobat  pilih sesuai kebutuhan, di mana keduanya sama-sama menggunakan aplikasi dari smartphone.

Produk smart lighting yang pertama adalah Philips Hue yang terhubung dengan sebuah alat semacam digital hub atau disebut bridge yang kemudian terkoneksi ke aplikasi.

Sementara itu, yang kedua adalah Philips Wi-Fi LED. Sesuai dengan namanya, produk smart lighting ini langsung terhubung ke aplikasi melalui koneksi Wi-Fi.

Dengan perbedaan kedua produk lampu pintar tersebut, kamu jadi memiliki opsi dalam menemukan kemudahan pengaturan pencahayaan.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.