5 Cara Mudah Menulis Deskripsi Produk Menarik Di 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Sejak pandemi melanda banyak yang memulai untuk berbisnis online, baik di marketplace atau website, banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menunjang penjualan. Salah satunya, menulis deskripsi produk yang baik.

Deskripsi produk bukan hanya berfungsi untuk memudahkan calon konsumen mengenali produk Anda. Tetapi juga untuk menarik perhatian dan meyakinkan mereka untuk membeli. 

Pertanyaan selanjutnya, agaimana cara menulis deskripsi produk yang menarik?  Tidak perlu bingung. Tim Arahmata Digital Agency  sudah menyiapkan beberapa tips penulisan deskripsi produk yang tepat beserta beberapa contohnya di artikel ini. 

5 Cara Mudah Menulis Deskripsi Produk yang Menarik 2020

Deskripsi produk adalah informasi yang menjelaskan produk Anda, baik berupa spesifikasi produk, kelebihan, cara penggunaan dan lain sebagainya. 

Bagi penjual, deskripsi produk bermanfaat untuk bisa memperkenalkan produk mereka secara spesifik. Lalu dari sisi calon pembeli, deskripsi produk akan memudahkan mereka dalam mempertimbangkan apakah produk Anda benar-benar fit dengan kebutuhannya atau tidak.

1. Pahami Target Konsumen Anda

Hal utama yang perlu Anda lakukan sebelum menulis deskripsi produk adalah mengenali siapa target konsumen Anda. 

Cara ini bisa diawali dengan memahami buyer persona, alias mencari tahu bagaimana karakter calon konsumen Anda. Mulai dari interest mereka, apa yang mereka butuhkan, seberapa sering mereka mengunjungi website atau media sosial Anda, dan lain-lain.

Selain itu, kenali juga bagaimana gaya bahasa yang tepat untuk membangun komunikasi dengan mereka. Biasanya, gaya bahasa dapat disesuaikan dengan usia target konsumen, selera humor, atau bahkan brand image yang ingin Anda ciptakan di mata konsumen. Selain dari gaya bahasa, Anda juga bisa menyisipkan informasi seputar keunggulan atau fitur produk yang Anda tawarkan. 

2. Fokus pada Informasi Manfaat Produk

Setelah mengenal siapa target konsumen Anda, berikutnya Anda bisa fokus pada manfaat produk. 

Sayangnya, banyak penjual yang terfokus pada penjelasan fitur ketimbang manfaat. Padahal, manfaat dan fitur produk adalah dua hal yang berbeda. Konsumen sendiri sering tidak memperhatikan soal fitur, lho.

Mereka hanya peduli pada manfaat yang bisa mereka dapatkan dari produk tersebut. Jadi, apa bedanya antara fitur dan manfaat?  Fitur merupakan segala sesuatu yang dimiliki pada produk. Sedangkan manfaat adalah sesuatu yang diperoleh konsumen ketika menggunakan produk Anda. 

3. Tambahkan Sentuhan Emosional

Deskripsi produk yang menarik biasanya tidak hanya sekedar berisi tentang spesifikasi, fitur dan manfaat saja. Tetapi Anda juga bisa memberikan sedikit sentuhan emosional untuk menjadikannya lebih berkesan. Ada banyak cara untuk Anda bisa memberikan pesan yang menyentuh pada saat menulis deskripsi. Salah satunya adalah dengan story telling

4. Pakai Kalimat yang Lebih Variatif

Saat menulis deskripsi produk, memang Anda dianjurkan untuk menggunakan kosa kata yang paling mudah dipahami. Tetapi, jangan sampai hal ini justru membuat Anda menjadi monoton untuk memilih kosakata yang itu-itu saja.

5. Pakai Kata Kunci SEO

Menggunakan kata kunci SEO  pada deskripsi produk juga sangat penting. Sebab, hal ini akan lebih memudahkan calon pembeli untuk menemukan produk Anda di mesin pencari. Entah Anda berjualan di website pribadi ataupun di marketplace

Dimanapun Anda berjualan, entah website sendiri atau di marketplace, jangan lupa untuk selalu gunakan keyword yang sesuai dengan produk Anda. Sebab, hal ini akan lebih memudahkan calon pembeli untuk menemukan produk yang relevan dengan kebutuhan mereka. 

Banyak orang yang seringkali mengabaikan pentingnya deskripsi produk saat berbisnis online. Padahal, deskripsi produk adalah salah satu senjata utama untuk meyakinkan audiens untuk membeli produk Anda. 

Nah, di artikel ini kami sudah membagikan kepada Anda bagaimana tips membuat deskripsi produk yang tepat. Mulai dari mengenali target konsumen. Menjelaskan manfaat produk, menciptakan kesan yang emosional, sampai penggunaan kata kunci SEO. 

Selain itu, usahakan pula untuk membuat teks deskripsi yang jelas, padat dan singkat. Serta jangan lupa, tulis sejujur-jujurnya sesuai kualitas yang Anda punya jangan ada kebohongan ya.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.