5 Cara SEO YouTube di tahun 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Aplikasi Youtube semakin ramai digunakan dan disukai oleh masyarakat. Tidak sedikit juga yang akhirnya ikutan menjadi youtuber dengan membuat akun di aplikasi tersebut. Ide mendirikan Youtube ini berawal karena sulitnya untuk berbagi video. Berangkat dari ide ini, youtube berdiri dan perlahan melebarkan sayapnya. 

Perkembangan youtube sebagai wadah untuk berbagi video terus berinovasi hingga kini menjadi semakin dikenal luas. Youtube melakukan update secara berkala untuk meningkatkan mutu dan kualitas penggunaannya.

Banyaknya orang yang membuat akun dan mengunggah video, menjadikan sebagian pemula merasa minder lantaran takut tidak banyak yang menyaksikan unggahan mereka. Jika kamu merasa bagian dari content creator pemula ini, tidak ada salahnya kamu memanfaatkan algoritma mesin pencari (SEO YouTube) untuk menjaring penonton yang lebih banyak tanpa mengandalkan jumlah subs yang kamu miliki.

Cara SEO Youtube untuk Pemula

Jika Anda benar-benar ingin membuat akun dan bukan hanya sekadar ikut-ikutan, cermati baik-baik langkah SEO di Youtube berikut ini.

1. Jumlah View dan Waktu Menonton Video

Perlu Anda ketahui, bahwa jumlah view (penayangan) akan lebih diperhitungkan oleh Youtube dibandingkan total subscriber meskipun tetap diperlukan. Semakin banyak jumlah view sebuah video, maka peringkatnya perlahan juga akan ikut naik.

Untuk rata-rata waktu menonton video di Youtube dapat dilihat berdasarkan grafik Analytics. Anda akan melihat bagaimana performa dari channel tersebut sejak pertama kali dibuat.

Waktu menonton rata-rata pengguna juga dapat dilihat dari kartu analisis di Youtube Studio pada channel. Disana akan menampilkan data perbandingan terkait durasi dan jumlah penayangan, serta grafik secara terperinci.

2. Melakukan Riset untuk Keyword

Berikut cara mudah melakukan riset keyword untuk optimasi viewers pada platform video sharing seperti YouTube.

Pentingnya menentukan keyword
Apa yang kebanyakan orang lakukan ketika mencari sebuah video? Ya, jawabannya adalah kata kunci atau keyword. Sama seperti artikel, pencarian konten menggunakan keyword dapat menjadi acuan dasar Anda judul apa yang akan Anda buat pada video selanjutnya.

Menurut salah seorang pakar seo, exact-match keyword pada judul video YouTube akan membantu konten Anda untuk bisa muncul pada kata kunci tersebut.

Menentukan potensi jumlah penonton vs kekuatan channel
Kenali seberapa besar daya saing channel Anda di mesin pencari YouTube. Artinya, jika kamu ingin memilih satu kata kunci, pilihlah yang memang persaingan hasil pencarian video nya sebanding dengan level channel yang kamu miliki.

Walaupun pencarian untuk suatu kata kunci tertentu tinggi, belum tentu keyword tersebut potensial untuk channel Anda. Jika memungkinkan, carilah keyword pencarian yang memang belum ada video yang menjawab pertanyaan tersebut, hampir dapat dipastikan video yang Anda buat nantinya akan tampil di mesin pencari.

Tools untuk riset kata kunci
Ada beragam cara untuk melakukan riset keyword pada Youtube. Cara pertama adalah dengan menggunakan alat atau tools khusus untuk pencarian keyword ini. Beberapa contoh tools tersebut adalah aplikasi keywordtools.io, VidIQ, SEMrush, Ahrefs, hingga plugin atau ekstensi pada browser yaitu Keywords Everywhere.

Tools yang paling kami rekomendasikan adalah Ahrefs premium yang memang cukup akurat berdasarkan aktivitas crawler nya yang disebut-sebut teraktif kedua di dunia setelah Googlebot.

Riset keyword manual
Selain cara di atas, Anda juga dapat melakukan cara manual untuk riset kata kunci yakni dengan memanfaatkan kolom pencarian. Cukup dengan mengetikkan satu kata kunci yang kira-kira akan diambil pada kolom pencarian Youtube. Selanjutnya, akan muncul beberapa baris keyword suggestion yang dapat kamu jadikan acuan untuk pembuatan konten video ke depan.

3. Menentukan Judul dan Deskripsi Video

Dalam menentukan judul untuk video, sebaiknya jangan dilakukan serampangan. Selain harus unik, judul juga harus mengandung keyword yang sebelumnya telah ditentukan. Jumlah judul yang ideal sebaiknya tidak lebih dari lima puluh karakter dengan minimal satu kata kunci.

Selain judul, penting untuk mengisi bagian Deskripsi. Salah besar jika tadinya Anda berniat untuk mengabaikan bagian ini. Deskripsi yang mengandung keyword akan membantu menaikkan pencarian di Youtube.

Anda perlu menuliskan di kolom Deskripsi antara 200 hingga 350 karakter. Pergunakan kalimat yang sederhana, informatif, dan mudah dipahami penonton. Jangan gunakan kalimat yang terlalu banyak dan tak penting karena akan membuat penonton semakin mengabaikan kolom ini.

4. Memperhatikan Durasi atau Panjang Video

Video yang akan diposting pada akun Youtube biasanya melalui proses editing terlebih dahulu. Dalam proses ini, pengguna akan membuang bagian yang dirasa kurang pas.

Maka dari itu, Anda harus benar-benar memperhatikan durasi atau panjang video yang akan dihasilkan pada saat proses editing. Idealnya, durasi sebuah video di channel Youtube adalah sekitar 10 – 16 menit. Durasi tersebut tergolong sedang. Video yang terlalu panjang akan membuat penonton semakin cepat bosan. Selain itu, Anda juga akan memakan waktu yang lebih lama pada saat mengunggahnya.

Jika video yang akan diposting memakan waktu hingga satu jam, ada baiknya Anda membaginya dalam 4-5 bagian. Selain lebih efisien dan menghemat waktu, serangkaian pembagian ini dapat dijadikan stok bahan untuk unggahan Anda.

5. Mencantumkan Keyword Tags

Hasil riset keyword bisa diaplikasikan pula dalam bentuk tags. Youtube akan membaca keyword tags yang Anda cantumkan untuk mempermudah dalam pencarian. Penggunaan tags sangat berpengaruh pada rangking atau tingkatan topik, apakah ramai dibicarakan atau tidak.

Semoga bermanfaat dan segera di terapkan untuk mengembangkan channel youtube anda, selamat berkreasi sob. Apabila ada kebutuhan jasa pembuatan website, handling sosial media dan pembuatan aplikasi atau software, advertising digital serta pembuatan motion video langsung kontak Arahmata Digital Agency atau kirim email ke admin@arahmata.co.id dan dapatkan penawaran terbaik serta layanan profesional.


Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.