5 Rekomendasi Tips Untuk Kemajuan Bisnis Startup

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Membangun sebuah startup yang sukses adalah impian para entrepreneur. Proses menuju kesuksesan adalah hal terpenting yang harus dilalui oleh startup. Berbagai cara ditempuh agar jenjang kesuksesan dapat diraih.

Walaupun jalan menuju kesuksesan tidak selalu sama antara satu startup dengan startup lainnya, namun perlu kita serap berbagai sumber dan mempraktekkannya di startup yang kita jalankan, dengan harapan dapat memberikan hasil yang sepadan dengan sesuatu yang ingin kita raih.

Berbagai strategi digital marketing yang terintegrasi bertebaran di internet. Kita dapat mempelajari dari berbagai sumber, contohnya seperti pada artikel Arahmata tentang startup yang sukses, Sobat juga dapat menyimaknya sampai selesai. 

Namun yang terpenting bagi sebuah startup ialah, mendapatkan hasil yang maksimal dengan budget yang minimal. Hal ini dapat dipahami, karena awal memulai sebuah startup pasti terbentur dengan keterbatasan dana.

Oleh karena itu, digital marketing adalah suatu jawaban atas kegundahan tersebut.

Digital marketing adalah sebuah jalan bagi para startup, yang ingin terus memasarkan produk atau layanannya, tanpa terbentur masalah klasik, yaitu pendanaan, kembali lagi pada prinsip awal, mendapatkan hasil maksimal dengan budget yang minimal.

Tips Digital Marketing untuk Startup

Tidak dapat dipungkiri bahwa keterkaitan antara kesuksesan sebuah startup dengan strategi digital marketing yang tepat adalah sangat berbanding lurus. 

Apabila sebuah strategi digital marketing telah dipilih, dengan berbagai macam riset dan pertimbangan, maka ketika semua strategi telah dijalankan dan diimplementasikan dengan sebaik-baiknya, dapat dipastikan bahwa sebuah startup telah berada pada jalur yang benar. Memang, belum tentu kesuksesan dapat diraih dengan mudah dan cepat.

Hasil yang diraih kadang tidak selalu instan, atau bahkan dapat berbeda hasilnya pada setiap startup, namun digital marketing adalah tulang punggung dari keberlangsungan startup itu sendiri.

Perlu di pahami bahwa, konten yang akan kita sebarluaskan, bukan hanya bersaing di industri dimana startup kita berkecimpung, namun juga dengan berbagai macam industri.

Konsumen atau pelanggan Anda, bisa jadi telah dibombardir oleh berbagai macam pesan promosi, namun berikut adalah beberapa tips digital marketing untuk startup, yang dapat membuat startup Anda semakin menonjol.

Tetapkan Tujuan

Pertama kali yang perlu Anda lakukan dalam digital marketing adalah menetapkan tujuan atau goal yang ingin diraih. Berapa banyak leads atau konversi yang ingin startup Anda raih, atau standar dari brand awareness yang ingin dicapai. Detailkan tujuan atau goal yang ingin Anda raih, serinci mungkin.

Buat Media Sosial

Media sosial adalah media yang paling efektif untuk memasarkan produk atau layanan startup yang Anda miliki. Media sosial jadi medium digital marketing yang paling mudah dan terjangkau bagi para startup.

Berikut adalah tips digital marketing, khusus dalam menjalankan strategi pemasaran melalui media sosial.

Semua Befokus Tentang Pelanggan

Berbicara mengenai digital marketing, maka yang harus dipikirkan adalah semua yang berhubungan dengan pelanggan atau konsumen produk atau layanan Anda.

Lakukan riset yang mendalam, lalu buatlah konten untuk diposting di media sosial, hal ini mencerminkan bahwa startup Anda, sangat berorientasi pada kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Konsisten & Terstruktur 

Frekuensi dalam memposting sebuah konten digital marketing di media sosial tidak boleh berkurang, harus selalu ditingkatkan. Menjaga konsistensi adalah mutlak adanya dalam digital marketing melalui media sosial.

Benak para pelanggan atau konsumen harus terus dibombardir pesan promosi produk atau layanan yang menarik, unik, dan memiliki keterikatan emosional yang kuat.

Konten Adalah Raja

Konten adalah raja dalam digital marketing, membuat sebuah konten yang berkualitas perlu riset yang mendalam, dan kreativitas tanpa henti.

Konten berkualitas adalah yang memiliki keterikatan emosional yang kuat dengan para pelanggan atau bahkan calon pelanggan Anda. Berikut adalah tips digital marketing yang khusus terkait dengan konten.

Fokus pada Konten yang Kuat

Digital marketing butuh konten berisi pesan yang kuat, bagaimana cara membuat pesan yang kuat? Riset mengenai pelanggan dan calon pelanggan Sobat, buat pemetaan akurat, lalu tonjolkan sisi manfaat (benefit) untuk para pelanggan produk atau layanan startup Sobat, kembali lagi pada prinsip awal, selalu berorientasi pada pelanggan.

Buat Konten yang Kreatif

Mulailah gali kreativitas Anda, manfaatkan semua sumber pembelajaran yang ada, banyak bergaul dengan para orang sukses, minta pendapat dari seluruh rekan kerja, serap semua inspirasi yang ada. Ingat, konten berkualitas tidak selalu mahal, dan konten yang dibuat dengan biaya mahal, tidak selalu sukses.

Promosikan Konten

Berusahalah untuk mempromosikan konten Anda melalui berbagai cara yang bisa Anda lakukan di internet, seperti website, blogwalking, backlink, promosi di forum online, email marketing, chat (Whatsapp, E-mail Blasting), dan sosial media pastinya.

Mencoba Layanan Berbayar

Layanan promosi berbayar adalah salah satu cara yang dapat diterapkan dalam digital marketing. Manfaatkan layanan promosi berbayar, seperti melalui FB Ads, Instagram, Twitter, Google Ads, dan lihat hasil yang akan Anda raih. Memang bukan jaminan 100% bahwa startup Anda akan sukses.

Namun, cara ini akan membuat produk atau layanan Anda akan semakin dikenal luas, awareness masyarakat akan meningkat. 

Komunitas atau Jaringan

Komunitas atau jaringan yang memiliki keterkaitan dengan produk atau layanan startup Sobat yaitu salah satu kunci sukses digital marketing. Jaringan yang kuat akan memantapkan nilai bisnis Anda dan akan berpengaruh langsung pada omset usaha.

Menjalin hubungan baik dengan komunitas adalah kuncinya, lakukan interaksi dengan komunitas tersebut di dunia digital, bangun keakraban dan interaksi yang intim di media sosial.

Semakin banyak yang melihat keterikatan startup Anda dengan para komunitas yang masih satu jalur dengan Sobat, akan membuat semakin banyak orang tertarik akan produk atau layanan startup Sobat. .

Bagi sahabat UMKM yang memiliki toko online dan offline, ingin dipasang pada kolom matapreneur produk/layanan nya bisa mengirimkan detail deskripsi produk/layanan ke e-mail admin@arahmata.co.id dan juga bisa kunjungi https://www.arahmata.co.id/matapreneur/ untuk melihat beberapa contoh postingan. 

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.