5 Tips Untuk Membuat Podcast Menarik di Tahun 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Ada banyak hal-hal menarik di balik mengapa jenis konten podcast menuai popularitas di abad ke-21 sendiri dapat ditelusuri jejaknya sampai zaman dulu, kekuatan dari mulut ke mulut masih sangat kuat pengaruhnya. Demi membagikan cerita yang menarik, sobat harus memiliki ide dan visi bercerita yang berkualitas. 

Akan tetapi dua modal utama itu saja cukup untuk bersaing dengan bermacam-macam podcast di luar sana. Jawabannya, belum tentu.Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini, tim Arahmata akan memberikan sobat beberapa tips atau cara kreatif membuat podcast agar konten tersaji dengan segar dan menarik bagi para pendengar. 

Buatlah intro Podcast yang catchy

Selain pembahasan topik tertentu dan memastikan warna suara yang enak didengar, cara yang bisa sobat gunakan untuk memberikan kesan unik dan tak terlupakan untuk podcast Sobat adalah dengan membuat intro podcast yang catchy. 

Sobat bisa menambahkan sedikit musik atau kalimat pembuka tertentu yang membuat podcast Sobat berbeda dari kebanyakan podcaster yang lain sebagai pembuka podcast.

Selain musik atau jargon, Sobat juga bisa menaruh beberapa line perbicangan dari keseluruhan podcast sebagai intro pembuka atau blooper.

Rekam podcast sembari melakukan sesuatu

Merekam podcast enggak melulu harus diam di sebuah tempat hening dengan sikap duduk yang tegak.

Sobat juga bisa membuat podcast sambil melakukan sesuatu. Entah itu sambil bermain gitar, makan, minum kopi, menyiapkan makanan, atau menyetir.

Undang pendengar sebagai bintang tamu Di Podcast 

Selain mengundang sesama podcaster, mengundang pendengar setiamu dalam acara podcast menjadi sesuatu yang mengasyikan.

Biarkan pendengar memilih topik yang akan kalian bicarakan dalam podcast tanpa harus membuat kerangka poin yang harus disampaikan.

Dengan begini, podcast Sobat akan terdengar orisinal, tidak dibuat-buat dan mengalir sebagai dialog yang menyenangkan serta sayang jika dilewatkan.

Selain membuat format audio, buat juga podcast berformat video

Siapa bilang audio hanyalah satu-satunya format yang dapat kamu hasilkan dari membuat podcast? Sobat  juga bisa membuat podcast dengan format video.

Wisecrack, salah satu channel YouTube, telah membuktikan bahwa membuat dua format podcast dapat memberikan angin segar bagi para penggemarnya. Hasilnya, tentu saja Sobat bisa menjangkau audience yang lebih luas dan para pendengar pun dapat melihat ekspresi Sobat saat berbicara dengan narasumber.

Coba Buat Podcast Secara serial & Sesekali sisipkan Tema yang Hits 

Ketika Sobat merasa memiliki banyak pembahasan untuk sebuah topik menarik, kamu dapat membaginya menjadi beberapa episode serial khusus.

Selain bisa membahas secara detail dari A sampai Z mengenai hal yang sobat minati, kemudian sobat juga dapat memicu rasa penasaran para pendengar sehingga mereka akan setia menunggu siaran podcast.

Iklan video di platform media sosial sedang tumbuh dan mungkin sudah mendominasi beberapa news feed sobat. Dapatkan Informasi layanan tim Arahmata dengan klik disini.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.