5 Tips Untuk Meningkatkan Kepercayaan Klien Dalam Bisnis Online

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Bukan sebuah rahasia, jika  salah satu hal yang paling dicari oleh para penggiat bisnis online, tentu saja kepercayaan pelanggan. Sudah tidak heran lagi bila akhirnya banyak yang mulai mencari cara meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam bisnis online.

Namun, seberapa akurat dan berapa tingkat keberhasilan yang didapat dari cara yang sudah didapatkan? Faktanya, mendapatkan sampai dengan meningkatkan kepercayaan pelanggan bukan sesuatu yang bisa diraih secara instan.

Sebaliknya, trial and error perlu dilakukan untuk benar-benar mendapat formula yang tepat untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen ini. Dan tentu satu hal yang tidak bisa dilupakan : pengalaman.

Bila kita berbicara mengenai kepercayaan pelanggan, ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan.

Bagaimana membuat pelanggan percaya pada bisnis kita, dan bagaimana membuat pelanggan “tetap” percaya pada bisnis online kita.

Pentingnya Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Bisnis Online

Kepercayaan dari pelanggan memang memegang poin serta peranan penting dalam bisnis online. Terutama dengan banyaknya isu “penipu”, “scam,” dan beragam bentuk ketidak-jujuran lain dalam dunia bisnis online.

Yang pada akhirnya menjadikan pelanggan pun enggan untuk mulai berbelanja atau menggunakan jasa dari internet bisnis.

Meskipun begitu tentu saja, beberapa ada yang memilih untuk tetap melakukan pembelian jasa dan barang melalui online, dengan kehati-hatian yang super ekstra. Yang tentu saja, tak ada salahnya.

Di sisi lain, ketika pelanggan sudah memiliki kepercayaan pada bisnis online, yang kita andaikan disini bisnis online Anda, maka segala proses penjualan hingga penggunaan jasa sudah bukan menjadi masalah.

Mari ambil contoh, beberapa toko online ternama sudah pasti mendapatkan kepercayaan dari pelanggannya. Yang secara otomatis mendapatkan loyalitas dari mereka pula.

Pelanggan tak akan berpikir dua kali untuk melakukan transaksi dengan toko online tersebut. Dan pastinya tak akan ragu untuk mengulang transaksi. Lagi, dan lagi.

Yang menjadi salah satu hal penting dari mendapatkan dan meningkatkan kepercayaan dari pelanggan. Transaksi yang berulang, yang tidak hanya akan berhenti pada satu kali transaksi menjadi salah satu kebutuhan tersendiri.  Dan ini, hanya bisa didapat bila mendapatkan rasa percaya dari pelanggan.

Contoh lain, Anda sudah pasti tak heran lagi dengan banyaknya toko online saat ini. Yang kesemuanya memberikan penawaran yang berbeda. Mulai dari barang dan jasa yang dijual, hingga harga, diskon, kemudahan, dan berbagai keunggulan masing-masing.

Namun, beberapa pelanggan seakan sudah memiliki toko online pilihan. Dan mereka pun akan berkali-kali belanja dari toko yang sama.

Pertanyaannya, mengapa? Ya, karena mereka sudah memiliki loyalitas di toko online tersebut. Jadi bagaimana cara mendapatkan loyalitas? dengan mendapatkan kepercayaan tentunya. Dan bagaimana cara mendapatkan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam binis online?

Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan dalam Binis Online. Arahmata akan membagikan 5 cara, tips dan trik untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam bisnis online. 

Perhatikan barang yang dijual

Sebelum bermimpi untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, pertama-tama pastikan bisnis online yang Anda jalankan layak mendapat kepercayaan. Langkah pertama, pastikan barang yang dijual sesuai dengan deskripsi. Dan berikan deskripsi sejujur mungkin.

Tidak ada salahnya menjual barang KW super. Namun pastikan memberi keterangan jelas bahwa yang dijual bukan barang yang asli. Selain itu pastikan juga warna, kualitas, bahan, hingga segala detail mengenai barang jualan harus sesuai dengan kenyataan.

Perhatikan pula bila menjual barang elektronik. Kualitas, keaslian barang, hingga segala spesifikasi harus sesuai dengan informasi yang diberikan pada pelanggan. Ketahui skill apa saja yang perlu dikuasai customer service.

Buat Website dan akun sosial media jelas

Jangan bermimpi untuk mendapatkan dan meningkatkan kepercayaan dari pelanggan bila tak mampu memberi kejelasan. Kejelasan disini, tak hanya mengenai produk hingga cara pemesanan dan pembayaran yang jelas.

Namun juga kemana pelanggan bisa menghubungi Anda, atau untuk melihat produk serta jasa lain yang ditawarkan.

Inilah mengapa ketika memulai bisnis online, pastikan website yang digunakan jelas. Kejelasan website ini dilihat dari nama domain, hingga kemudahan akses oleh konsumen dan pengunjung.

Agar website selalu berjalan dengan baik, pastikan Anda memilih hosting yang tepat.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan layanan reseller web hosting atau program afiliasi yang pastinya bermanfaat. Selanjutnya baru sosial media. Saat ini, bisnis online dan sosial media memiliki keterkaitan yang kuat.

Sosial media, baik itu Twitter, Facebook, Instagram, hingga Google+ serta YouTube bisa menjadi media untuk promosi, memperkenalkan barang dan jasa yang di tawarkan, serta tentunya, menjalin komunikasi dengan pelanggan.

Kualitas foto Produk 

Mendapatkan kepercayaan pelanggan dari kualitas foto? Percaya atau tidak, betul. Foto, dan gambar yang berkualitas memberi kesan usaha online yang dijalankan memiliki niat dan konsistensi yang terjaga.

Dan seperti yang sudah dipahami, “niat” ini sendiri sudah cukup menjadi bukti yang kuat bahwa usaha online Anda patut dipertimbangkan, dan tentunya sih dipercayai.

Berikan foto yang bukan hanya menunjukan fitur dari barang yang dijual. Namun juga kegunaan dari barang tersebut. Perhatikan pula, foto seharusnya memiliki kecerahan yang tepat, detail, dan ukuran yang tak terlalu kecil.

Tidak ada salahnya memberikan foto langsung dari barang yang akan dijual. Namun menggunakan foto dari website resmi produk pun dibenarkan. Yang tak dibenarkan, menggunakan foto milik orang lain. Serta foto yang berada di bawah hak cipta.

Gunakan Promosi yang tepat

Saat ini untuk para pemilik bisnis online, sudah terdapat banyak sekali jenis promosi yang bisa dilakukan. Mulai dari promosi melalui media sosial, hingga iklan pada beberapa website.

Namun untuk saat ini terdapat satu cara paling mudah, dan juga tepat dalam melakukan promosi bagi usaha online : endorsement.

Endorsement menjadi cara promosi paling mudah saat ini. Mengingat banyaknya buzzer hingga influencer yang bisa digandeng untuk bekerja sama.

Pilih buzzer yang paling cocok untuk mempromosikan barang Anda. Dengan endorsement, Anda tak hanya akan mendapatkan promosi dan pelanggan potensial dari followers atau pembaca website dan blog mereka. Namun juga foto “gratis”.

Tunggu, promosi ini tak hanya akan mendatangkan pelanggan, namun juga kepercayaan dari mereka. Lagi-lagi, karena pengaruh dari influencer atau buzzer yang digunakan. Baca informasi kami tentang mitos seputar dunia marketing yang terbantahkan.

Buat sistem yang mudah di gunakan 

Pernah melakukan transaksi online dan memutuskan untuk tak lagi membeli karena sistem pemesanan, hingga pembayaran yang rumit?

Sistem yang rumit ini bukan hanya akan membuat Anda malas, namun juga para calon pelanggan. Tentunya, membuat mereka kehilangan rasa loyal dan kepercayaan.

Ingat, bisnis online yang Anda kelola bukan satu-satunya yang menyediakan barang dan jasa tersebut. Sehingga proses dan sistem yang rumit sudah pasti membuat pelanggan memilih untuk melakukan transaksi dengan toko online yang lain.

Gunakan sistem pemesanan, pembayaran, konfirmasi, hingga pengiriman yang mudah dimengerti. Pasti nya tidak mudah, namun juga harus jelas demi mendapatkan rasa kepercayaan dari pelanggan.

Nantikan update artikel Arahmata Digital Agency Profesional Jakarta juga rutin melakukan upload pada akun youtube silahkan klik disini untuk membuka link channel youtube Arahmata Digital Agency Profesional Jakarta.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.