Apakah itu Brand Identity atau identitas merek dagang? Bagaimana meramunya supaya terus berkembang?

Seperti setiap orang dengan identitasnya yang membuat kepribadian masing-masing menjadi selalu unik, identitas merek (brand identity) bisa seperti racikan bumbu-bumbu istimewa yang menentukan rasa dalam keseluruhan tata kelola suatu bisnis (perusahaan) sehingga bisa menentukan keistimewaan pada hasil yang tersaji.

Rasa itu akan berperan sebagai pembanding dalam persaingan. Rangkaian pengalaman yang terjadi di dalam lingkungan pergaulan sekitar atau di lingkungan persaingan bisnis atau bahkan di lingkungan persaingan bisnis yang sejenis, akan terus mempengaruhi sedikit / banyak perubahan-perubahan yang sudah, sedang atau akan selalu terjadi.

Tetapi, apakah  itu (brand identity) identitas merek dagang sebenarnya? Apa hubungannya dengan rancang bangun (design), dan bagaimana menentukan tampilan yang tepat pada (brand identity) identitas merek dagang sehingga mampu mengangkat penilaian terhadap sebuah perusahaan (bisnis).

Mari ini kita bahas sedikit lebih terperinci:

Identitas Merek Dagang (Brand Identity) adalah kumpulan dari semua bagian yang dihasilkan dari kegiatan usaha sehingga pencitraan yang tepat bisa ditangkap oleh pihak-pihak (calon) pengguna.

Identitas merek dagang (Brand Identity) baiknya bisa dibedakan dengan Pencitraan Merek Dagang (Brand Images) atau dengan “Branding”, walaupun istilah-istilah ini sering tertukar dalam penggunaannya.

Istilah “Branding” mengacu pada praktek pemasaran (marketing) yang secara aktif membentuk keunikan Brand / Merek Dagang, jadi Brand / Merek Dagang adalah persepsi dunia terhadap perusahaan.

Coba kita gali lebih dalam; andai seorang murid sekolah menengah atau ABG yang “cupu” (Culun Punya) tapi menginginkan teman-temannya menganggapnya “keren”, tentulah murid ini tidak bisa memaksa teman-temannya dan lingkungannya untuk berubah pandangan, alih-alih justru bisa membahayakan dirinya sendiri, maka tindakan yang yang baiknya dilakukan untuk merubah pencitraan “cupu” itu, antara lain dengan cara merubah perilaku dan penampilan si murid tersebut, dalam meramu perilaku dan penampilan diperlukan asupan pengetahuan atau informasi yang tepat, maka mulailah si murid “cupu” ini mencari asupan ilmu dan pengetahuan itu melalui berbagai media, alhasil karena perilaku dan penampilannya membaik anggapan “cupu” berangsur-angsur hilang digantikan dengan pencitraan lain yang lebih baik lagi sesuai dengan perilaku dan penampilan si murid, begitulah pencitraan bekerja. 

Si murid perlu meyakini bahwa dia harus mendapatkan bahan dan alat pelengkap diri, dia menabung untuk membeli sepatu adidas terbaru sedangkan teman-temannya memakai Converse, lalu mengubah gaya tatanan rambut, dia juga mencoba bergabung dengan organisasi yang ada di sekolah atau di luar sekolah, dia juga ikut berlatih sepakbola dengan tim sepakbola sekolah. Bagian-bagian yang tampak, seperti sepatu, potongan rambut, kartu anggota organisasi, seragam sepakbola, adalah identitas merek dagang / Brand Identity.

Identitas merek dagang (brand identity) adalah sesuatu yang membuat kita dengan mudah dikenali oleh pihak-pihak yang membutuhkan produk dan atau jasa kita, klien (pelanggan) akan menghubungkan identitas merek dagang (brand Identity) dengan produk dan atau jasa kita, dan identitas itulah yang menempa hubungan antara kita dengan klien (pelanggan), hal ini akan membangun kesetiaan dan kegigihan  klien (pelanggan) untuk sinambung merasakan brand (merek dagang) kita.

Mengembangkan identitas merek dagang (brand identity) semakin kuat, bagaimana?

Mengenali dan mengetahui dengan baik, siapa kita

Sebelum mengetahui apa saja yang harus ditampilkan agar menjadi bagian dari identitas merek dagang (brand identity), kita harus menyadari siapa kita sebagai sebuah merek dagang (brand).

Cara menentukan siapa kita sebagai sebuah merek dagang (brand), dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut;

A. Misi kita, apa saja dan kenapa?

B. Nilai-nilai perjuangan kita, apa yang menjadi keyakinan sebagai pengendali perusahaan?

C. Keunikan (keistimewaan) kita, sebagai pembeda dari yang lain, apa saja?

D. Bunyi dan suara perusahaan ini akan seperti apa? 

Jawaban dari pertanyaan di atas akan merumuskan merek dagang (brand), dan tentunya sebelum mulai membangun dan mengembangkan identitas merek dagang (brand identity), menjadi sangat penting adalah proses memahami hal ini secara jernih oleh semua pihak pemangku (penanggung jawab)

Jika mengalami kemacetan dalam proses menggambarkan siapa sebenarnya kita, santai… Yang kita perlukan, antara lain menjernihkan pikiran kemudian membuka selebar mungkin guna menampung inspirasi terkait kita sebagai merek dagang/ brand, lalu ajukan pertanyaan berikut ini; 

• Mengapa kita memulai bisnis ini?

• Apa yang diyakini sebagai nilai penting bagi kita sebagai perusahaan?

• Apa cara dan hasil kerja kita lebih baik dari para pesaing?

• Tiga kata untuk mewakili merek dagang / brand, apa saja?

• Tiga kata oleh klien yang akan digunakan untuk menggambarkan perusahaan kita, apa saja?

Sekali saja kita bisa mengunci ke dalam kotak kesepakatan tentang siapa kita sebagai merek dagang (brand), maka waktunya telah tiba untuk membangun identitas yang akan membawa merek (brand) ini semakin hidup dan berkembang, dan tunjukkan kepada mereka para pihak yang paling perduli yaitu klien (pelanggan) kita. 

Rancang bangun (design) adalah penyusun paling dasar dari identitas merek (brand identity).

Aktiva (assets) rancang bangun perusahaan adalah faktor penampilan yang akan mengukuhkan semangat pencapaian oleh merek dagang (brand). Faktor itu juga seperti logo, kemasan, rancang bangun website, social media graphic, kartu nama, seragam karyawan, dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, menancapkan rancang bangun (design) sama dengan menancapkan identitas merek (brand identity) sama dengan membangun sebuah kesuksesan bisnis yang secara tepat menampilkan kita sebagai sebuah merek (brand).

Bersambung…

Ingin sukses membangun brand identity dalam sebuah bisnis? Arahmata siap bantu untuk mewujudkannya. Silahkan kontak via WhatsApp 081280129656 atau DM ke instagram @Arahmata.digital

Bagikan:

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.