Brand Value Chain 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Banyak orang yang mengira apabila sudah membuat product generic untuk memenuhi kebutuhan dasar konsumen berarti sudah berbisnis. Padahal baru layak disebut bisnis apabila sudah dimulai dengan VALUE CREATION. Salah satu cara untuk memperkuat brand adalah melalui brand value chain

Model ini menunjukkan rangkaian proses yang menambahkan nilai pada brand dan membantu perusahaan memantau rangkaian tersebut. Dari Value Creation lahirlah Business Model yang lalu melahirkan Business Plan. Business Plan mencakup pada 4 pilar yakni Marketing Plan, Operation Plan, Human Resource Plan dan Financial Plan.

Dari implementasi Marketing Plan akhirnya diperoleh Business Valuation. Selain itu Value Creation juga melahirkan Brand Plan yang menjadi cikal bakal Brand Positioning.

Brand Positioning sangat dibutuhkan oleh Copywriting yang kemudian bisa melahirkan Tagline. Setelah ada Tagline baru bisa membuat Jinglete (5 detik terakhir) dari sebuah Jingle.

Jinglete yang berlangsung selama 5 detik itu bakal membangun persepsi yang disebut Brand. Brand Valuation adalah mengubah ‘persepsi’ menjadi angka-angka finance atau keuntungan dalam jangka waktu yang berkelanjutan.

Hasilnya, anda jadi tahu nilai bisnis & Brand anda saat ini sehingga saat ada yang mau invest sudah tau berapa yang dibutuhkan. BUSINESS & BRAND VALUE CHAIN 2021. Kemudian berlanjut pada merk adalah harta tak terwujud perusahaan. 

Jika sebuah perusahaan meninggalkan merk yang sudah kuat, nilai perusahaan bisa turun drastis. Tidak heran semua perusahaan berlomba meningkatkan brand value (nilai merk). 

Brand value chain adalah pendekatan terstruktur yang ditujukan untuk meningkatkan nilai brand. Proses brand value chain terdiri atas investasi program pemasaran (marketing program investment).

Dilanjutkan dengan pembentukan pola pikir (mindset) pelanggan, pembentukan performa pasar, dan terakhir shareholder value

Investasi program marketing misalnya dilakukan pada produk, komunikasi, perdagangan, investasi pada pekerja, dan lainnya. Bagi sahabat UMKM yang memiliki toko online dan offline, ingin dipasang pada kolom matapreneur produk/layanan nya bisa mengirimkan detail deskripsi produk/layanan ke e-mail admin@arahmata.co.id silahkan kunjungi https://www.arahmata.co.id/matapreneur/ untuk melihat beberapa contoh postingan. 

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.