Cara Membuat Proposal Bisnis yang Menarik Investor

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Proposal bisnis adalah dokumen yang digunakan untuk menawarkan barang atau jasa tertentu kepada prospek dengan biaya yang ditentukan.

Dokumen ini biasanya digunakan oleh perusahaan B2B untuk memenangkan bisnis baru dan menarik investor.

Proposal bisnis yang efektif memiliki ringkasan eksekutif, detail proyek utama, dan memerlukan tanda tangan klien. Mengirim proposal bisnis seringkali juga merupakan salah satu tahap pertama untuk mengembangkan bisnis.

Tidak peduli apakah Sobat baru di dunia bisnis atau veteran berpengalaman, untuk mendapatkan modal investasi untuk bisnis baru, Sobat harus mengembangkan proposal bisnis untuk investor. 

Sobat perlu tahu cara membuat proposal pendanaan dengan benar dapat membuat atau menghancurkan ide bisnis bahkan sebelum ide tersebut keluar.

Mulai buat proposal bisnis

Mulailah dengan memiliki pemahaman terperinci tentang bisnis Sobat sendiri, serta para pesaing yang kamu hadapi dan pasar secara keseluruhan. Lakukan penelitian pada industri yang Sobat coba masuki. 

Rencanakan setiap detail proposal dengan cermat. Penelitian yang kamu lakukan adalah dasar untuk kepercayaan antara kamu dan calon investor.

Pada akhirnya, kunci untuk mengumpulkan dana adalah dengan memiliki ringkasan proposal investasi yang dipikirkan dengan seksama.

Business plan – situs web perencanaan bisnis yang sukses – menyarankan para pemula untuk menyiapkan proposal bisnis dengan sempurna.

Investor ingin kamu dapat mendukung klaim yang Sobat keluarkan. Jika kamu melakukan presentasi secara verbal, pastikan Sobat punya rencana bisnis tertulis untuk dibagikan kepada investor.

Sobat juga perlu mengembangkan ekspektasi berdasarkan bisnismu, tentang jenis investasi apa yang ingin kamu peroleh.

Mengetahui bagaimana caranya meminta apa yang Sobat inginkan dimulai dengan mengetahui apa yang Sobat inginkan dan mengapa.

Business plan menyarankan agar kamu menjelaskan dengan jelas berapa banyak uang yang telah diinvestasikan di perusahaan Sobat, dan berapa banyak lagi dana yang kamu butuhkan untuk naik ke tingkat berikutnya.

Kembangkanlah rencana tanpa cacat yang akan mewakili bisnismu dengan baik. Para Investor Ahli di VentureGiant.com mengklaim telah melihat ide bisnis yang lemah menerima minat lebih dari yang diharapkan karena proposal investasi ditulis dan dipikirkan dengan baik.

Jadi, luangkan sebanyak mungkin waktu untuk menyusun proposal bisnis terbaik.

Yang harus dimasukkan ke dalam proposal bisnis :

Biarkan proposal bisnis Sobat dipimpin oleh fokus dan niat mengembalikan uang investor kepada mereka melalui bisnismu.

Gunakan konsep ini sebagai perspektif untuk menjawab pertanyaan investor sebelum mereka dapat bertanya: Bagaimana saya akan mendapatkan uang saya kembali?

Berapa banyak keuntungan yang akan saya hasilkan? Investor cenderung paling peduli dengan model pendapatan Sobat, bagaimana Sobat akan menghasilkan uang.

Jadi, buatlah proposal bisnis yang fokus terhadap berbagai langkah yang akan kamu ambil untuk mengembalikan dana yang dikeluarkan oleh investor.

Untuk melihat portofolio Arahmata digital Agency secara online bisa klik https://www.arahmata.co.id/our-works/ atau apabila berminat menjadi patner maupun sedang mencari vendor bisa langsung e-mail ke admin@arahmata.co.id dan bisa juga kontak kami melalui whatsapp +62 812-8012-9656.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.