Cara Mudah Membuat QR Code Untuk Toko Online Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Kini hanya melalui scan, calon pelanggan toko online Sobat bisa langsung mengetahui informasi promosi produk serta dapat membelinya. Praktis banget bukan? Itu semua dapat dilakukan berkat QR Code.

Sobat ingin membuat QR Code untuk toko online Sobat? Tapi masih bingung cara membuat QR Code dengan benar? 

QR Code adalah singkatan dari Quick Response Code. QR Code berbentuk kumpulan kode piksel hitam dan putih yang tercetak dalam sebuah kotak kecil dan menyimpan berbagai macam data.

Biasanya QR Code akan Sobat akan temukan di pamflet promosi produk sebuah toko online, atau bahkan di dalam kemasan produk toko online.

Ketika pelanggan memindai QR Code itu, maka otomatis akan mendapatkan akses ke halaman produk promo, menu pembayaran, dan halaman lain sesuai tujuan dari QR Code. 

Pemindaian QR Code bisa dilakukan dengan alat khusus atau dengan QR Code Scanner yang ada di ponsel. Jika belum memilikinya, bisa menginstall QR Code Scanner dulu.

Jenis-Jenis QR Code

Secara umum, QR Code dibagi menjadi dua jenis dengan fungsi yang berbeda. Lanjutkan membaca sampai akhir ya, Sobat Arahmata. 

1. QR Code Statis

QR statis adalah jenis QR code yang setelah dibuat, tidak bisa lagi diubah. Anda bisa menggunakan jenis QR code ini untuk menampilkan gambar katalog produk terbaru toko online Anda atau rekening bank untuk menerima pembayaran toko online Sobat.

Dengan menggunakan QR code statis, jika ada perubahan, Sobat bisa membuat QR Code lagi dengan informasi baru.

2. QR Code Dinamis

QR Code dinamis menyimpan data yang bisa diperbaharui atau diubah. Jenis QR Code satu ini cocok digunakan untuk menyimpan data URL laman website toko online Anda atau media sosial toko online Sobat.

Ketika menggunakan QR Code dinamis, Anda cukup melakukan update pada informasi URL yang digunakan atau akun media sosial untuk promosi produk.

Cara Membuat QR Code untuk Toko Online Sobat

Setelah memahami seluk-beluk QR Code, saatnya belajar cara membuat QR Code untuk toko online Sobat. Langsung simak langkah-langkahnya.

1. Pilih QR Code Generator

Ada banyak pilihan QR Code Generator. Ada yang gratis, ada juga yang berbayar. Masing-masing QR Code Generator memiliki keunggulan dari sisi fitur dan tampilan.

Namun hal yang paling penting adalah QR Code yang dihasilkan harus mampu dibaca oleh QR Code Scanner para pelanggan Sobat. Beberapa QR Code Generator yang bisa Anda coba:

Visualead, The-qrcode-generator.com, QR Stuff, qr-code-generator.com, QR Code Monkey.

2. Memilih Konten Promosi

Pertama-tama, akses website qr-code-generator.com

Selanjutnya, pilih tipe konten yang akan Anda masukkan ke dalam QR Code Anda. Di qr-code-generator.com, Anda bisa memilih satu hingga sepuluh tipe konten.

Katakanlah Anda ingin mempromosikan halaman produk terbaru Anda. Maka, cukup klik tipe konten URL di pojok kiri atas, kemudian masukkan URL dari halaman produk tersebut. Bagaimana caranya? 

3. Masukkan Data ke Dalam Form

Setelah memilih tipe konten, Sobat bisa memasukkan informasi konten tersebut pada form yang disediakan. Jika informasinya adalah alamat website.

4. Atur Tampilan QR Code

Di sisi kanan form ada bagian untuk mengatur tampilan QR Code Sobat. Klik menu Frame untuk mengatur tampilan bingkai QR Code Sobat.

Apabila sobat juga ingin mengatur warna bentuk kode yang ada di dalam bingkai QR Code dengan klik opsi Shape & Color hal tersebut bisa di lakukan.

Kemudian, sobat ingin menampilkan logo brand Sobat di tengah QR Code? Gunakanlah opsi Logo dan upload logo bisnis Sobat.

5. Download QR Code Anda

Sudah puas dengan tampilan QR Code Sobat? Saatnya mengunduh QR Code tersebut, baik yang berupa gambar versi JPG atau dalam format vector.

Bagi sahabat UMKM yang memiliki toko online dan offline, ingin dipasang pada kolom matapreneur produk/layanan nya bisa mengirimkan detail deskripsi produk/layanan ke e-mail admin@arahmata.co.id dan juga bisa kunjungi https://www.arahmata.co.id/matapreneur/ untuk melihat beberapa contoh postingan. 

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.