Cara Mudah Untuk Meningkatkan Page Views di Tahun 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Sudahkah jumlah page views Anda mencukupi? Atau ingin pengunjung bertahan lebih lama dan melihat konten Anda lainnya? Membuat pengunjung untuk bertahan di website Anda lebih dari beberapa detik memang cukup sulit, terlebih lagi mendorong mereka untuk bersedia membaca konten lainnya.

Padahal, dalam menganalisa data pengunjung website, page views merupakan suatu pengukur yang penting untuk diperhatikan.

Mayoritas pengunjung yang datang ke website Anda tidak memiliki waktu untuk melihat-lihat lebih dari satu halaman. Bounce rate Anda meningkat setiap pengunjung meninggalkan website Anda dengan hanya satu page view.

Walaupun page views yang rendah bukanlah pengukur kualitas konten sebuah website, namun ini berarti bahwa pengunjung tidak tertarik dengan konten lainnya karena Anda tidak memberikan cara yang tepat untuk menavigasi blog Anda. Rendahnya page views juga menunjukkan kualitas user experience yang buruk.

Yang dimaksud user experience? Menurut Wikipedia, istilah user experience berarti emosi dan perilaku seseorang dalam menggunakan suatu produk, sistem, atau jasa.

UX juga tidak hanya terkait dengan user interface (UI) tetapi juga terkait dengan pengalaman pengunjung saat berkunjung ke website Anda.

Kurangnya antusiasme pengunjung untuk melihat konten lainnya juga menyebabkan rendahnya tingkat keterlibatan yang pada akhirnya dapat mengurangi tingkat konversi.

Ini semua bisa membuat website Anda kurang efektif dalam penjualan. Dalam artikel ini, tim Arahmata akan menjelaskan mengapa page views penting dan bagaimana Anda bisa meningkatkannya.

Bedanya Page Views vs Unique Visitors

Meningkatkan page views website Anda harus menjadi salah satu tujuan penting bagi setiap webmaster. Dari sudut pandang user experience, page views adalah indikasi kualitas sebuah website yang jauh lebih penting dibanding “visits” atau unique visits”. Contohnya:

Website A: unique visitors 21.000, page views 22.512

Website B: unique visitors 19.271, page views 53.165

Jika Anda melihat dari data di atas tentu akan berpikir bahwa website A jauh lebih unggul dengan kualitas website yang tinggi karena jumlah unique visits nya. Padahal website A tidaklah lebih unggul karena jumlah page views nya yang sedikit.

Ini menunjukkan bahwa website B jauh lebih unggul dibanding website A karena berarti pengunjung membaca atau melihat setidaknya tiga halaman sebelum akhirnya meninggalkan website Anda.

Ini juga berarti bahwa website B memiliki kualitas user experience yang lebih baik serta berhasil memaksimalkan setiap unique visitors untuk melihat konten lainnya.

Selain itu, jumlah rata-rata page views setiap kunjungan yang tinggi juga menunjukkan bahwa website B menawarkan konten ke pengunjung yang sesuai.

Jika dilihat dari sisi finansial, page views yang lebih tinggi memberikan pemasukan yang lebih baik (baik melalui AdSense, penjualan, CPM, dan lainnya).

Pentingnya Meningkatkan Page Views. Ada beberapa alasan penting dan manfaat meningkatkan page views website, yaitu:

Meningkatkan pendapatan melalui iklan

Jika Anda berencana untuk menjual ruang untuk iklan di website Anda maka sebagian besar pengiklan ingin mengetahui jumlah page views Anda karena page views berhubungan langsung dengan seberapa sering konten Anda dilihat dan seberapa sering iklan tersebut terlihat.

Page views yang tinggi dapat meningkatkan pendapatan dari iklan. Secara garis besar, semakin tinggi page views Anda, semakin banyak pula pendapatan dari iklan dan nilai website Anda juga akan semakin naik.

Meskipun Anda tidak berencana memasukkan iklan dalam website Anda, iklan online bisa berbentuk apa saja mulai dari iklan banner yang sederhana, link afiliasi ke post dari sponsor dan featured content.

Meningkatkan conversion rate atau tingkat konversi Anda

Semua website memiliki tujuan dan jika tujuan website Anda adalah bisnis tentu Anda ingin meningkatkan tingkat konversi.

Salah satu cara untuk membuat pengunjung membeli produk atau menggunakan jasa Anda adalah dengan bergabung dengan email list atau membuat mereka bertahan di website Anda dalam durasi selama mungkin.

Semakin lama pengunjung menghabiskan waktu di website Anda, semakin mudah untuk mendapatkan kepercayaan mereka dan membuat mereka membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Kedua manfaat di atas adalah alasan mengapa page views wajib menjadi prioritas utama Anda dalam meningkatkan penjualan, pendaftaran, dan langganan.

Panduan meningkatkan jumlah page views website

Hal yang menguntungkan dari cara meningkatkan page views adalah tidak membutuhkan strategi yang kompleks. Meningkatkan page views hanya membutuhkan perencanaan yang baik mengenai desain website dan konten yang diberikan.

Berikan Link yang Relevan

Banyak pemilik website yang memasukkan link ke dalam artikel hanya karena membaca bahwa Google menghargai konten yang memiliki link eksternal. Ini menyebabkan mereka memasukkan link yang tidak relevan dengan isi konten mereka.

Mengapa link penting dalam meningkatkan user experience? Link dapat membantu memberikan jawaban. Jika hanya sebagian kecil pembaca yang akan bertanya mengenai suatu hal dalam artikel Anda, Anda bisa memberikan link untuk mereka.

Link dapat membantu pembaca dalam eksplorasi topik yang Anda bahas. Saat Anda menulis sesuatu tentu Anda harus memilih lingkup pembahasan.

Jika ada topik terkait yang menarik tetapi Anda tidak memiliki ruang untuk menjelaskannya, Anda dapat memberikan link agar pembaca bisa terus megeksplorasi topik terkait.

Link dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas. Link pada post yang berdasarkan data yang kuat membuat pembaca akan lebih mempercayai informasi yang Anda berikan.

Lalu, apakah Anda harus memasukkan link internal atau eksternal? Jawabannya adalah memasukkan link yang memberi penjelasan yang paling sesuai, baik di website Anda maupun website lain.

Perlu diperhatikan bahwa artikel Anda yang sangat relevan dengan artikel yang sedang Anda tulis akan lebih baik dibanding artikel di website lain karena pembaca sudah terbiasa dengan gaya tulisan Anda.

Link internal juga memiliki manfaat lebih yaitu meningkatkan jumlah halaman website yang dilihat oleh pengunjung.

Website yang baru belum memiliki konten yang terlalu banyak dan berkualitas untuk dijadikan internal link, namun website yang sudah membuat konten selama bertahun-tahun sudah memiliki banyak konten yang berkaitan yang dapat dijadikan internal link.

Link eksternal bisa Anda gunakan sebagai strategi promosi konten Anda dimana strategi ini membantu membuat website Anda terlihat lebih terpercaya oleh mesin pencari.

Selain itu, manfaat utamanya adalah jika Anda memberikan link ke sumber yang terpercaya, pengunjung Anda akan berterima kasih karena telah membawa mereka ke website yang sangat baik dan mereka bisa berubah menjadi pembaca setia.

Meskipun tidak semua link akan di klik oleh pengunjung, namun Anda bisa mendapatkan tambahan sekitar 10-20% page views.

Desain Website yang Simpel

Tulisan Anda harus jadi fokus saat pengunjung membaca artikel Anda. Jika Anda membuat konten yang mudah dibaca, pembaca akan terus membaca konten Anda tanpa merasa terganggu.

Jika Anda membuatnya sulit untuk dibaca, pembaca tidak akan merasa antusias untuk mengunjungi halaman website Anda lainnya.

Meskipun setiap website memiliki desain yang berbeda, ada 3 hal yang biasanya membuat pembaca terganggu. Berikut cara untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Minimalkan atau hilangkan slidebar

Sidebar adalah elemen sebuah blog yang sering terlupakan. Anda harus memikirkan dengan baik apa yang akan Anda masukkan dalam sidebar, tetapi sidebar tidak terlalu penting.

Salah satu media blog yang sekarang sedang populer adalah Medium. Medium populer karena mudah dibaca dan tidak ada gangguan seperti sidebar.

Pemilik website yang menggunakan layout simple seperti Medium mampu meningkatkan tidak hanya page views mereka namun juga conversion rate hingga 26-71%.

Jika Anda tetap ingin menggunakan sidebar, hanya masukkan informasi penting seperti biodata, link untuk populer dan top post, link ke produk atau jasa.

Optimasi Kecepatan Loading Website

Jika Anda memiliki sebuah konten yang panjang tentu akan memasukkan gambar agar lebih mudah dibaca. Namun banyaknya gambar juga mempengaruhi kecepatan loading website Anda terutama bagi mereka yang membaca menggunakan ponsel.

Empat puluh persen pengunjung akan menutup website Anda jika loading nya membutuhkan waktu lebih dari tiga detik. Loading website yang laman dapat mempengaruhi jumlah page views Anda, belum lagi tujuan conversion rate dan optimasi mesin pencari.

Ada banyak rewards bagi website yang bisa memberikan loading website yang cepat sehingga ini juga harus menjadi prioritas Anda. Kami telah memberikan beberapa tips mempercepat loading website yang bisa Anda ikuti.

Anda bisa menggunakan website analytic data untuk melihat apakah pengunjung Anda lebih banyak menggunakan ponsel atau PC untuk melihat website Anda.

Dengan cara ini, Anda bisa membuat konten yang sesuai. Misalnya, pengunjung Anda lebih banyak menggunakan PC sehingga artikel dengan gambar yang banyak tidak mengganggu.

Tetapi, jika pengunjung Anda kebanyakan menggunakan ponsel, lebih baik membuat konten dengan format berbeda.

Optimasi penggunaan scroll down top menu

Menu di bagian atas blog yang bergerak seiring kamu membaca artikel tentu bisa mengganggu. Tetapi, jika kamu memang ingin menggunakan teknik ini pilihlah hanya beberapa menu yang penting.

Anda bisa melakukan tes dengan membandingkan sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan teknik ini dan pengaruhnya terhadap pengunjung. Jika tidak mengganggu Anda tetap bisa menggunakannya.

Tetapi, jika Anda mulai menambahkan header, footer, tombol berbagi ke media sosial atau slide bar, Anda hanya akan membuat pengunjung tidak betah seberapa bagus pun konten Anda.

Tunda atau jangan gunakan pop-ups

Meskipun pop-ups meningkatkan conversion rate melalui email subscription, namun pop-ups juga mengganggu para pengunjung. Alhasil, jumlah pengunjung Anda akan turun dan page views Anda jadi berkurang.

Jika Anda ingin menggunakan pop-ups, tunda waktu kemunculannya. Jangan biarkan pop-ups muncul di saat website loading, tunggu setidaknya 10-60 detik.

Biarkan pembaca menikmati konten Anda selama sekitar 30 detik hingga satu menit, maka menutup sebuah pop-ups yang simple tidak akan terlalu mengganggu.

Konsistensi Sangat Penting

Kredibilitas Anda akan ditunjang oleh konsistensi. Desain website dan isi konten harus konsisten karena pembaca yang sudah beberapa kali mengunjungi website Anda sudah mengetahui bentuk website Anda.

Ada dua faktor utama yang perlu dipertimbangkan dalam konsistensi dan user experience :

Branding dan logo

Brand bisa dikenali dengan berbagai cara tetapi akan lebih mudah jika dikenali melalui logo. Jika Anda ditunjukkan sebuah logo brand terkenal Anda tentu akan langsung mudah menebak brand tersebut.

Apapun produk atau jasa yang Anda tawarkan, Anda disarankan menggunakan logo tersebut di seluruh bentuk komunikasi: blog, email, produk, atau landing pages.

Bayangkan jika logo Anda berubah dari halaman blog ke landing page yang tentunya akan membuat pengunjung bingung.

Style

Style meliputi skema warna, tipe font yang digunakan, ukuran font, layout, writing tone, dan lainnya. Menjadi konsisten membantu pembaca tahu ekspektasi mereka untuk blog Anda, yang juga meningkatkan user experience mereka.

Jika Anda ingin menunjukkan kreativitas Anda, cukup tunjukkan melalui konten dibanding melalui desain website.

Posting Konten yang Menarik

Meskipun Anda sudah membuat pengunjung tertarik dengan keempat tips di atas, konten tetap merupakan bagian paling penting karena tidak mungkin pembaca mau membaca konten yang tidak menarik.

Konten yang menarik membuat pembaca ingin membaca konten Anda lainnya sehingga kesempatan Anda untuk meningkatkan page views semakin tinggi. Tingkatkan kualitas konten Anda dan jumlah traffic dan jumlah halaman yang dibaca juga meningkat.

Nantikan terus update artikel dari Arahmata Digital Agency Profesional Jakarta, artikel yang pastinya bermanfaat dan dapat diimplementasikan di era digitalisasi seperti saat ini.

Selain update artikel Arahmata Digital Agency Profesional Jakarta juga rutin melakukan upload pada akun youtube silahkan klik disini untuk membuka link channel youtube Arahmata Digital Agency Profesional Jakarta.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.