Fungsi Teknologi RFID Untuk Bisnis

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Teknologi Radio-Frequency Identification (RFID) adalah teknologi yang memanfaatkan gelombang radio untuk membaca dan menangkap informasi dalam tag yang dilekatkan pada sebuah objek.

Tag dapat diletakkan pada posisi yang cukup jauh dan sulit dijangkau oleh manusia secara langsung. Dari sini nampak jelas keuntungan yang diperoleh saat menggunakan teknologi RFID. Sistem RFID terdiri dari dua bagian: tag (label) dan pembaca (reader).

Sebuah tag memiliki dua bagian penting, yaitu microchip yang berfungsi menyimpan dan memproses informasi, serta antena yang berfungsi menerima dan mengirimkan sinyal. 

Setiap tag berisi nomor seri yang spesifik. Nomor ini bisa disematkan pada sebuah obyek sehingga setiap obyek akan memilik nomor yang spesifik pula.

mengirimkan sinyal. Setiap tag berisi nomor seri yang spesifik. Nomor ini bisa disematkan pada sebuah obyek sehingga setiap obyek akan memilik nomor yang spesifik pula.

RFID Reader

Untuk membaca informasi yang disimpan pada sebuah tag, sebuah sistem penerima-pemancar radio dua arah (RFID reader) memancarkan sinyal ke tag lewat antena. Tag akan menjawab sinyal tersebut dengan mengirimkan informasi yang tersimpan di microchip nya.

Informasi yang diterima RFID reader akan dikirim ke komputer atau smartphone dan diolah sesuai kebutuhan, misalnya: inventory tracking, logistic visibility, access control, dan lainnya.

Teknologi RFID akan membuat berbagai aktifitas dan proses bisnis menjadi jauh lebih efisien dan efektif, baca juga artikel lainnya disini .

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.