Google Analytics Sebagai Alat Tracking Bisnis di Era Pandemi

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Di era pandemi, tahun ini para pengusaha bisa mengoptimalkan Google Analytics merupakan salah satu tool paling wajib dimiliki oleh pemilik website. Fitur pelacakan pengunjung dari Google Analytics dapat memudahkan sobat dalam memantau trafik website.

Memang, fitur dasar yang paling banyak digunakan dari Google Analytics adalah traffic monitoring, tetapi ada berbagai fitur lainnya yang dapat membantu kamu semakin meningkatkan potensi bisnis dari website Sobat. 

Fitur seperti data demografi pengunjung, landing pages, sumber traffic, konten populer, dan lainnya dapat membantu kamu untuk mengambil keputusan yang tepat untuk memperbaiki website Sobat. Sobat dapat melihat konten mana yang perlu ditingkatkan kualitasnya, plugin apa yang diperlukan, dan sebagainya.

Pengertian dan Istilah-istilah di Google Analytics

Sebelum kita membahas tentang cara penggunaan Google Analytics, sobat juga perlu mengetahui tentang beberapa istilah teknis yang akan sering kamu temukan selama menggunakan alat buatan Google ini.

Berikut adalah beberapa istilah teknis di Google Analytics dan penjelasan lengkapnya:

Properties: Properti adalah sebutan untuk website, aplikasi, atau perangkat yang dilacak oleh Google Analytics.

Views: Kelompok data yang ingin dilihat. Fitur ini biasa digunakan untuk memisahkan traffic organik, traffic berbayar, traffic subdomain, dan sebagainya.

Session: Jumlah interaksi antara website dengan pengunjung.

Bounce Rate: Jumlah pengunjung yang meninggalkan website setelah melihat satu halaman saja.

Cara Menggunakan Google Analytics

Dengan memahami istilah di atas, maka Sobat akan dapat menjelajahi menu-menu di Google Analytics dengan pengetahuan lebih. Di bawah ini, ada 3 cara untuk menggunakan Google Analytics untuk melacak performa website Sobat. 

1. Memantau Data Pengunjung Real Time

Menu Real Time pada Google Analytics menunjukkan jumlah pengunjung dan halaman mana saja yang sedang dikunjungi pada saat itu.

Fitur ini dapat membantu kamu untuk menentukan jam-jam di mana website sobat lebih ramai dikunjungi. Dengan memiliki data tentang aktivitas pengunjung, kamu dapat mengoptimalkan jadwal publikasi konten dan pengadaan promo terbatas pada waktu-waktu tersebut.

Overview : Pada menu Realtime > Overview, sobat juga dapat melihat metrik-metrik seperti di bawah ini:

Jumlah pengunjung saat itu, perangkat pengunjung (desktop atau mobile), jumlah tampilan halaman per menit, situs referral paling populer, referral media sosial paling populer.

Keyword teratas, halaman aktif teratas dan lokasi pengunjung teratas. 

Data di atas akan membantu sobat memonitor traffic website kamu secara sekilas dan akurat. Untuk data lebih lengkapnya, sobat pun dapat mengunjungi sub-menu spesifik seperti di bawah ini:

Locations

Sub-menu ini menunjukkan data real-time mengenai lokasi pengunjung website. Menu utama akan menayangkan data geografis berbentuk negara. Sobat juga dapat melihat data geografis berupa kota dengan meng-klik nama negara.

Traffic Sources

Sub-menu ini menunjukkan sumber traffic website yang dibagi menjadi beberapa kategori seperti: organik, iklan (CPC), sosial, referral, dan banner. Seperti pada menu lainnya, Sobat dapat melihat informasi yang lebih spesifik dengan meng-klik masing-masing sumber traffic.

Content

Pada sub-menu ini, sobat dapat melihat konten mana saja yang sedang dikunjungi saat ini beserta jumlah pengunjungnya. Sobat juga dapat melihat sumber traffic dari masing-masing konten dengan meng-klik URL konten tersebut.

2. Mengenal Pengunjung Website dengan Menu Audience

Kemudian sobat juga dapat menelusuri data lebih lanjut tentang siapa saja yang mengunjungi website, dari mana asal mereka, dan apa saja ketertarikan mereka pada menu Audience.

Ada 14 sub-menu pada bagian Audience yang mencakup informasi seperti lokasi pengunjung, ketertarikan, perangkat yang digunakan, dan banyak lagi. Di antara 14 sub-menu tersebut, ada beberapa item yang wajib sobat  pahami untuk mengenal pengunjung dengan lebih baik.

Active Users

Data ini menunjukkan jumlah pengunjung satu hari terakhir, satu minggu terakhir, dua minggu terakhir, dan empat minggu terakhir. Laporan ini dapat memberikan pengetahuan yang berharga tentang kekurangan website.

Jika sobat memiliki jumlah pengunjung aktif satu hari lebih banyak dibanding kelompok lain, dapat disimpulkan bahwa website sobat mengalami kekurangan kemampuan retensi pengunjung.

Lifetime Value

Laporan Lifetime Value memberikan estimasi nilai pengunjung website bagi perusahaan. Google Analytics menyediakan estimasi nilai pengunjung dari beberapa kategori, seperti email marketing, campaign, pencarian organik, dan iklan. Fitur ini sangat cocok digunakan untuk website yang memiliki fitur transaksi on-site seperti toko dan bisnis online.

Cohort Analysis

Laporan ini memberikan data pengakuisisian pengunjung berdasarkan karakteristik tertentu. Sejauh ini, karakteristik yang dapat digunakan adalah “Acquisition Date” atau tanggal akuisisi yang menunjukkan hari di mana pengunjung memasuki website sobat  untuk pertama kalinya.

Demographics

Sub-menu ini memiliki informasi tentang usia dan jenis kelami pengunjung website. Data ini dapat sobat gunakan untuk memilah dan menargetkan konten sesuai dengan batasan umur dan jenis kelamin.

Interests

Informasi tentang ketertarikan pengunjung website yang dibagi menjadi berbagai kategori. Salah satu fungsi utama data ini adalah mengetahui seberapa besar kesesuaian antara minat pengunjung dan target audiens website kamu.

Geo

Informasi tentang lokasi pengunjung dan bahasa yang digunakan pada pengaturan pencarian Google mereka.

Technology

Data tentang jenis teknologi yang digunakan oleh pengunjung, seperti Browser, OS, dan jaringan.

Behavior

Data tentang perbandingan pengunjung baru dan pengunjung lama, frekuensi dan waktu kunjungan, serta engagement pengunjung selama berada di website.

Cross Device

Sub-menu ini memberikan informasi tentang apa saja perangkat yang digunakan oleh satu pengunjung untuk mengunjungi website.

Jika saat ini sobat belum memerlukan informasi yang terperinci, maka sobat dapat mengunjungi sub-menu Overview untuk melihat gambaran sekilas tentang pengunjung website. 

3. Menelusuri Bagaimana Pengunjung Menemukan Website

Pada menu Acquisition, sobat dapat melihat dari mana saja pengunjung menemukan website sobat. Fitur ini sangat berguna untuk melacak keberhasilan campaign atau usaha optimasi website yang sedang berjalan.

Menu Acquisition ini dapat menunjukkan beberapa sumber traffic sebagai berikut:

Overview

Sub-menu overview akan menampilkan ringkasan sumber-sumber traffic website, mulai dari pencarian organik hingga link email.

All Traffic

Pada sub-menu All Traffic, Sobat dapat melihat pembagian traffic website berdasarkan channel, treemaps, source, dan referral.

Google Ads

Sub-menu ini berguna untuk mengumpulkan data dan melacak pengunjung yang berasal dari iklan Google yang mengarah ke website sobat. 

Search Console

Sub-menu ini menunjukkan data yang identik dengan data dari Google Search Console. Data yang ditunjukkan adalah data yang diperoleh dari pengunjung organik yang berasal dari halaman pencarian Google.

Social

Data pada sub-menu ini menunjukkan traffic yang berasal dari situs media sosial yang sudah dikenal seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan sebagainya.

Campaigns

Melacak pengunjung yang membuka URL khusus campaign yang sedang berjalan. Tentunya, sobat juga dapat memonitor pendapatan traffic secara ringkas pada Acquisition > Overview jika sobat tidak memiliki jalur campaign khusus untuk mempromosikan website.

Dengan informasi yang ada pada menu ini, sobat dapat menemukan jalur mana yang dapat memberikan Return on Investment (ROI) terbesar dalam meningkatkan traffic website.

Untuk melihat portofolio Arahmata digital Agency secara online bisa klik https://www.arahmata.co.id/our-works/ atau apabila berminat menjadi patner maupun sedang mencari vendor bisa langsung e-mail ke admin@arahmata.co.id dan bisa juga kontak kami melalui whatsapp +62 812-8012-9656.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.