Instagram Shopping Memudahkan Toko Untuk Bersaing

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Di masa pandemi COVID-19, kita semua diminta untuk menjaga jarak dengan orang lain hingga karantina mandiri, booming juga tagar #dirumahaja. Meski tidak sedikit yang mengalami pemutusan hubungan kerja, tapi tidak sedikit pula yang akhirnya memutuskan untuk memulai bisnis. Instagram memiliki fitur baru, instagram shopping.

Sehingga bagi para pembisnis instagram shopping ini bisa digunakan secara maksimal untuk meningkatkan penghasilan.

Instagram Shopping?

Instagram adalah platform media sosial yang setidaknya digunakan oleh 1 miliar orang di seluruh dunia per bulannya. Penelitian yang sama, Hootsuite juga mencatat 200 juta pengguna Instagram setidaknya mengunjungi satu akun bisnis setiap harinya.

Sudah menyadari sesuatu? Ini merupakan kesempatan emas bagi kamu yang ingin mempromosikan produk di Instagram. Apalagi, data dari TechCrunch menyebutkan bahwa penggunaan Instagram terlihat meningkat hingga lebih dari 40% sejak dimulainya pandemi.

Selain mempromosikan produk menggunakan Instagram atau Facebook Ads, fitur tak kalah penting yang bisa anda manfaatkan adalah Instagram Shopping. Mungkin kamu pernah melihat beberapa akun bisnis di Instagram yang memajang foto produk sekaligus menambahkan price tag .

Syarat Menggunakan Instagram Shopping

Tidak sembarang akun bisnis Instagram dapat membuat Instagram Shopping. Oleh karena itu, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu patuhi agar permintaan diterima oleh Instagram, yaitu:

 Bisnis harus berlokasi di Kanada, AS, Puerto Riko, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, Swedia, Belanda, Swiss, Irlandia, Afrika Selatan, Belgia, Austria, Portugal, Polandia, Yunani, Siprus, Denmark, Republik Ceko, Rumania, Norwegia, Hongaria, Bulgaria, Kroasia, Finlandia, Latvia, Lituania, Slovenia, Luksemburg, Brasil, Argentina, Meksiko, Peru, Uruguay, Paraguay, Malta, Ekuador, Panama, Belize, Republik Dominika, Australia, Selandia Baru, Jepang, atau Korea.

Tapi tenang, Instagram juga sedang mengembangkan kerja sama secara bertahap di Mesir, Israel, Turki, Algeria, Estonia, Guyana Prancis, Maroko, Reunion, Slovakia, Bolivia, Cile, Kolombia, Kosta Rika, Guatemala, Guadeloupe, Guyana, Martinik, Suriname, Hong Kong, India, Indonesia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, Malaysia, dan Mayott.Akun 

Instagram harus diubah ke akun bisnis Instagram.

Akun bisnis Instagram milik anda harus menjual produk fisik, tujuannya adalah agar gambar produk dapat ditandai setelah mendapat izin tayang dari Instagram Shopping.

Akun bisnis tidak boleh mempunyai batasan negara atau usia. Tentunya, akun bisnis anda  juga harus terhubung dengan katalog Facebook. Ketahui cara menghubungkan akun bisnis Instagram bisnis dengan katalog Facebook di bawah ini.

Tidak  lupa, kamu juga wajib mematuhi Kebijakan Perdagangan dari Facebook.

Cara Memasang Instagram Shopping

Buat katalog Facebook

 Login atau buat akun Facebook baru di halaman Pengelola Bisnis Facebook

Isi informasi yang diminta untuk membuat akun bisnis baru

Pilih Pengaturan Bisnis.

Klik Sumber Data lalu pilih menu Katalog dan klik Tambahkan untuk membuat katalog baru seperti yang ditunjukkan oleh gambar.

Buat nama dan jenis produk dalam katalog, lalu klik Buat Katalog.

Tentukan siapa yang akan mendapatkan akses standar atau akses admin untuk katalog ini, jika belum ada, kamu bisa memilih dirimu sendiri. Pastikan orang yang akan mengurus bisnis ini setidaknya sudah mempunyai akun Facebook. Jika sudah, klik Tetapkan.

Saat ini, katalogmu masih kosong. Agar dapat menghubungkan ke akun bisnis Instagram dan mengaktifkan Instagram Shopping, kamu harus mengisi katalogmu terlebih dulu dengan mengklik “Buka di Pengelola Katalog” seperti ditunjukkan oleh gambar.

Pilih “Tambahkan Secara Manual”. Kecuali jika kamu sudah menambahkan Facebook Pixel di website-mu, maka kamu dapat memilih “Gunakan Pixel”, lalu klik Selanjutnya.

Isi informasi produk yang diperlukan. Jika belum mempunyai tautan untuk disertakan ke kolom “Tautan situs web”, kamu bisa membuat website untuk brand-mu atau membuat akun di website marketplace terlebih dulu. Jika sudah, klik Tambahkan Produk.

Selesai! Katalogmu sudah jadi dan dapat dihubungkan ke akun bisnis Instagram.

Di akun bisnis Instagram (proses ini dilakukan melalui aplikasi Instagram for mobile)

·        Klik Business di pengaturan.

·        Pilih Sign Up for Shopping

Ikuti langkah-langkah yang diminta, seperti menghubungkan akun ke Facebook, membuat halaman baru di Facebook, dan menghubungkan Instagram dengan katalog Facebook yang telah kamu buat sebelumnya. Ada beberapa website dan plugin e-commerce lain yang bisa kamu gunakan selain katalog Facebook, seperti Shopify yang seringkali dipilih karena mudah digunakan. Namun, jika tak mau repot membuat akun e-commerce, kamu tetap dapat memilih Facebook Catalog Manager, lalu klik “Check for Catalog”.

Jika tak ada masalah, seharusnya akun Instagrammu sudah dalam pengamatan Instagram dan kamu hanya perlu menunggu hingga diizinkan membuat Instagram Shopping.

Setelah Instagram Shopping Terkonfirmasi

Jika pihak Instagram telah menerima permintaanmu untuk membuat Instagram Shopping, inilah saatnya mengaktifkan Instagram Shopping dan menambahkan katalog produk.

Tambahkan foto baru seperti biasa, tapi gunakan gambar yang berisi produkmu, lalu edit gambar, tulis keterangan hingga tambahkan tagar, sesuaikan dengan keinginanmu

Klik “Tag Produk” dan tambahkan produk sesuai produk di gambar, dari katalog yang telah kamu buat di Facebook atau aplikasi e-commerce lain yang telah bermitra dengan Facebook. Agar tidak berlebihan hingga menjadi spam, saat ini Instagram membatasi tag hanya sampai lima produk saja, pertimbangkan baik-baik, ya.

Jika sudah selesai, segera klik Share atau Bagikan dan jangan lupa untuk terus melakukan promosi, semoga berhasil!

Semoga bermanfaat dan segera di terapkan supaya bisnis online semakin berkembang dan meningkatkan penghasilan. Apabila ada rencana membuat website online shop yang user friendly, bisa langsung hubungi kami klik disini

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.