Keyword tools merupakan software yang sangat berguna dalam menemukan kata kunci dengan potensi terbaik. Pemilihan keywords atau kata kunci yang tepat merupakan salah satu langkah dasar untuk search engine optimization (SEO).
Dengan memilih kata kunci yang tepat, Anda dapat meningkatkan peluang konten Anda untuk dapat memasuki peringkat teratas di search engine.
Namun sayangnya, sebagian besar keyword tools dipatok dengan harga yang cukup mahal, terutama untuk blogger pemula atau UMKM yang baru saja merambah pasar digital.
Jika Anda sedang merintis sebuah website atau menulis artikel untuk blog, riset kata kunci adalah hal yang tidak dapat dipandang remeh.
Berikut ini adalah daftar keyword tools gratis yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan SEO dan traffic website Anda:
Google Trends merupakan sebuah keyword tool buatan yang dapat digunakan untuk memantau topik pencarian beserta pola naik ataupun turunnya popularitas topik tersebut di Google.
Anda juga dapat menggunakan Google Trends untuk mengetahui:
Volume pencarian keyword
Keyword yang sedang trending di Google
Area di mana kata kunci tersebut sering dicari
Topik terkait untuk kata kunci tersebut
Anda juga dapat menggunakan Google Trends untuk menemukan keyword musiman. Mari kita coba untuk telusuri tren untuk pencarian “Hari Ibu” dari visualisasi yang terlihat, pencarian ini sangat populer di bulan Desember dari tahun ke tahunnya.
Dengan mengetahui tren ini, Anda dapat menyusun content calendar dan meluncurkan konten baru tentang Hari Ibu pada periode tersebut.
Selain itu, Anda juga dapat mengetahui tren popularitas untuk setiap kata kunci mulai tahun 2004 hingga sekarang.
Anda juga dapat membandingkan dua keyword atau lebih untuk menemukan mana yang lebih populer dan berpotensi.
Google Keyword Planner
Google Keyword Planner merupakan bagian dari Google Ads yang berguna untuk melakukan keyword research sebelum meluncurkan iklan di Google.
Maka dari itu, penggunaan Google Keyword Planner akan lebih maksimal jika kamu berniat untuk memasang iklan di Google. Pada dasarnya, kamu dapat menggunakan Keyword Planner untuk mengetahui:
Volume pencarian kata kunci
Tingkat kompetisi untuk beriklan
Biaya untuk beriklan di kata kunci tersebut
Dalam Google Keyword Planner, Anda dapat memilih di antara dua opsi riset keyword, yaitu Discover New Keywords (mencari kata kunci baru) atau Get Search Volumes and Forecast (mencari volume pencarian dan prediksi).
Berikut ini adalah tampilan untuk Discover New Keywords dengan ide dasar “cara membuat website.”
Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya, Keyword Planner akan lebih optimal jika digabungkan dengan penggunaan Google Ads.
Jika Anda ingin menunjang SEO dengan memasang iklan berbayar, maka Google Keyword Planner bisa jadi pilihan yang tepat.
Meskipun begitu, volume pencarian yang diberikan oleh Keyword Planner merupakan jumlah pencarian organik.
Artinya, data tersebut dapat Anda gunakan sebagai patokan pemilihan keyword untuk konten Anda.
Google Search
Google Search adalah sebuah keyword tool yang paling sering dianggap remeh.
Padahal dengan Google Search, Anda sudah dapat memperoleh puluhan ide keyword yang dapat Anda gunakan.
Misalnya, Anda sedang mencari alternatif untuk kata kunci “cara membuat kue”.
Maka Anda dapat mengetikkan kata kunci tersebut di Google Search, dan Google akan memberikan berbagai kata kunci turunan yang dapat Anda gunakan.
Google menyarankan kata kunci turunan di atas berdasarkan popularitas dan volume pencarian. Jadi, seluruh opsi di atas merupakan kata kunci yang sedang diminati banyak orang.
Artinya, Anda dapat menjadikan seluruh kata kunci turunan di atas menjadi ide konten dengan potensi traffic tinggi.
Selain itu, Anda juga bisa memperoleh ide baru dari berbagai rekomendasi Google setelah melakukan pencarian.
Rekomendasi ini ada pada bagian pertanyaan serupa dan pencarian terkait kata kunci yang kamu gunakan.
Ahrefs Keyword Generator
Ahrefs Keyword Generator adalah sebuah keyword tool gratis yang memberikan hasil penelitian kata kunci yang sangat lengkap jika dibandingkan tool lain di daftar ini.
Anda juga akan mendapatkan beberapa informasi penting terkait keyword yang kamu jelajahi seperti:
Volume pencarian
Tingkat kompetisi
Tanggal update hasil pencarian
Daftar pertanyaan terkait keyword tersebut
Keyword tool ini sangat bermanfaat untuk menemukan long-tail keyword atau kata kunci turunan dan menemukan keyword dengan tingkat kompetisi yang rendah.
Anda dapat menemukan hingga 150 ide keyword untuk setiap ide dasar yang Anda miliki.
MOZ Keyword Explorer
Moz Keyword Explorer merupakan sebuah tool riset kata kunci yang memiliki tampilan menarik dan mudah untuk dimengerti, bahkan bagi pemula.
Alat ini akan menampilkan beberapa informasi terkait kata kunci, seperti:
Volume pencarian bulanan
Kesulitan kompetisi organik
Tingkat click-through rate untuk konten organik
Skor prioritas untuk setiap kata kunci pencarian
Metrik CTR yang ditawarkan oleh Moz Keyword Explorer adalah hal unik yang tidak dapat ditemukan pada keyword tool lainnya.
Angka CTR ini menunjukkan berapa banyak pencari dengan kata kunci tersebut meng-klik sebuah link yang ia temukan.
Skor prioritas (Priority Score) merupakan sebuah metrik untuk mengukur kesulitan, peluang, dan volume pencarian.
Artinya, Anda dapat menggunakan Priority Score untuk menemukan keyword mana yang memiliki peluang sukses terbesar.
Moz menawarkan berbagai fitur menarik dari Keyword Explorer mereka dengan limit penggunaan yang cukup besar (10x pencarian).
Namun sayangnya, database Moz untuk hasil pencarian di Indonesia bisa dibilang terbatas.
Keyword Sheeter
Keyword Sheeter merupakan sebuah tool yang akan mencari ribuan ide turunan untuk setiap keyword yang Anda telusuri.
Jika Anda ingin mengumpulkan ide keyword dalam waktu yang singkat, tool yang satu ini adalah pilihan yang cocok.
Tool ini dapat mengumpulkan hingga 1,000 keyword dalam satu menit. Kamu dapat mengunduh seluruh ide kata kunci tersebut secara gratis dengan satu klik saja.
Anda juga dapat menggunakan filter untuk mengeluarkan atau memasukkan ide yang mengandung kata tertentu ke dalam daftar keyword milikmu.
Namun sayangnya, Keyword Sheeter tidak menunjukkan volume pencarian atau mengelompokkan kata kunci seperti Keyword Planner atau tool lainnya.
Jika Anda menginginkan data seperti volume pencarian, tingkat kompetisi, dan sebagainya, kamu perlu ‘membeli’ laporan tersebut.
Selain pemaparan diatas, ada hal penting juga dalam branding adalah orisinalitas. Hindari meniru sebagian atau keseluruhan tagline yang sebelumnya sudah ada.
Hal tersebut akan merugikan bisnis Anda. Terlebih lagi, di era digital saat ini rekam jejak digital akan selalu tertanam dan sulit untuk di hapus kembali.
Untuk melihat portofolio Arahmata digital Agency secara online bisa klik https://www.arahmata.co.id/our-works/ atau apabila berminat menjadi patner maupun sedang mencari vendor bisa langsung e-mail ke [email protected] dan bisa juga kontak kami melalui whatsapp +62 812-8012-9656.
Bagikan:
- Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi di Linkedln(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi di WhatsApp(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi di Telegram(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi via Pocket(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi pada Pinterest(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk membagikannya ke Mastodon(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi pada Reddit(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi pada Tumblr(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi di Nextdoor(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk mencetak(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk mengirimkan email tautan ke teman(Membuka di jendela yang baru)