Lima Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Internet

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Era digitalisasi, mendapatkan penghasilan dari internet tidak terlalu sulit. Banyak orang yang telah menghasilkan ratusan juta rupiah dari aktivitas online mereka. Anda juga dapat meraih kesuksesan yang sama.

Akan tetapi, Anda  harus mengetahui cara mendapatkan uang dari internet yang tepat. Pada artikel kali ini, kami akan membagikan berbagai cara menghasilkan uang dari internet yang bisa segera di implementasikan. 

Perlu diingat, karena ini adalah cara mendapat uang secara online, Anda jelas perlu kehadiran sebuah website. Website akan mendukung usaha yang Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan.

Sebab, website merupakan sarana membangun reputasi online yang terpercaya untuk jangka panjang. 

1. Join dengan Afiliasi

Secara sederhana, afiliasi adalah kerja sama promosi dan penjualan produk. Anda akan mendapatkan  imbalan berupa komisi untuk tiap produk yang terjual. Prinsip dasarnya, revenue sharing alias berbagi pendapatan. 

Bisa dikatakan afiliasi adalah cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal. Sebab, hampir semua program afiliasi memungkinkan Anda bergabung secara gratis. 

Untuk mendapatkan uang dari afiliasi, Anda perlu mendaftar sebuah program afiliasi terlebih dahulu. Di luar negeri, program yang populer adalah Amazon Affiliates. Di Indonesia, Anda bisa bergabung dengan Program Afiliasi Indonesia tanpa biaya pendaftaran.

Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan banner referral atau kode kupon. Anda bisa membagikannya ke orang lain. Bisa ke pengunjung website atau follower Anda di media sosial.

Pada saat seseorang menggunakan link Anda dan melakukan pembelian produk, Anda akan mendapatkan komisi. Beginilah ilustrasi sederhananya:

Secara umum, afiliasi bisa menunjukkan hasil dalam waktu relatif cepat. Bahkan, di Program Afiliasi Indonesia, Anda bisa melakukan pencarian dana (payout) dengan minimal 2 penjualan yang aktif saja!

Jadi, memilih program afiliasi yang tepat itu penting. Dan program afiliasi yang baik memiliki ciri sebagai berikut: 

  • Komisi Cukup Menguntungkan.
  • Pembayaran ontime.
  • Registrasi mudah dilakukan. 

2. Memulai Bisnis Toko Online

Membuka toko online bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet. Terutama, jika Anda memiliki produk barang yang berkualitas. 

Toko online merupakan sebuah website yang memajang beragam produk untuk dijual. Toko online juga disertai fitur yang memudahkan transaksi pembelian.

Setiap pembayaran bisa dilakukan secara otomatis lewat payment gateway. Sudah begitu, toko online Anda bisa terus buka selama 24 jam.

Toko online juga menawarkan jangkauan audiens yang lebih luas. Berbeda halnya ketika Anda menjual produk secara offline dengan pasar terbatas. Selain itu, biaya pengelolaan toko online jauh lebih kecil. 

Toko online yang dikelola dengan baik dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan

Tahap selanjutnya, lakukanlah pengaturan toko online, mulai dari menentukan jenis pembayaran yang diterima hingga aturan pengiriman barang.

Setelah itu, tambahkanlah produk yang Anda jual, lengkap dengan deskripsinya. Untuk memudahkan pembeli, Anda juga dapat mengaturnya dalam beberapa kategori. 

Dengan demikian, Anda sudah siap menjual produk secara online. Untuk meningkatkan penjualan, jangan lupa untuk mempelajari teknik digital marketing yang tepat.

Selain itu, perhatikanlah fitur toko online Anda untuk meraih kesuksesan dengan cepat. Fitur utama yang harus ada antara lain:

  • User friendly dan mobile responsive.
  • Tersedia halaman promo.
  • Join & Menyediakan Payment gateway.

3. Menulis Di Blog

Blogging bukan lagi sekedar hobi. Kegiatan ini bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet. 

Berita bagusnya, siapapun bisa membuat dan menulis blog. Pun, tidak ada aturan pakem topik apa  yang harus ditulis. Anda bebas ingin menulis topik apapun. 

Untuk mendapatkan uang dari blogging, tentu Anda harus membuat blog sebagai langkah awal. Ingat, selalu buat blog dengan berlanggan hosting. Sebab, memanfaatkan blog gratis memiliki beberapa kelemahan untuk mendapatkan uang dari internet. 

Pertama, hampir semua platform blog gratis melarang Anda memasang iklan. Kedua, platform blog bisa saja menghapus blog Anda jika dianggap melanggar. Artinya, Anda tidak memiliki kendali penuh atas blog tersebut. 

Nah, jika blog pribadi Anda sudah online, lanjutkanlah pada tahapan pembuatan konten yang menarik. Semakin bermanfaat konten tersebut, semakin besar kemungkinan pengunjung yang bisa didapatkan. 

Agar lebih cepat mendapatkan banyak pengunjung, Anda bisa belajar cara meningkatkan trafik dengan tepat. Jika kondisi tersebut sudah dicapai, Anda bisa mulai upaya mendapatkan penghasilan online. Dari mana saja?

  • Iklan, kita bisa bergabung dengan Google Adsense. Saat pengunjung mengklik iklan yang dipasang di blog, Anda akan mendapatkan penghasilan. 
  • Sponsored Posts, kita bisa bekerja sama dengan pihak lain untuk mengulas suatu produk di blog Anda. 
  • Afiliasi, cukup tempatkan banner afiliasi di blog Anda. Lalu, dapatkan komisi setiap kali pengunjung mengklik link tersebut. 

Nah, untuk dapat membangun blog yang baik, kami memiliki beberapa tips untuk Anda. Pertama, pilihlah topik (niche) yang Anda kuasai. Kedua, aktiflah bekerjasama dengan banyak pihak untuk meningkatkan link. Ketiga, pelajari SEO agar lebih cepat mendapatkan pengunjung.

4. Menjual Software

Anda paham coding? Manfaatkanlah keahlian tersebut sebagai cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal. Berbekal laptop yang Anda miliki, Anda bisa memulai cara ini dari rumah. 

Sebuah software bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan masyarakat seperti software kasir. Atau, bisa berawal dari ide pribadi Anda. Bagaimana cara berjualan software?

Ketika produk software sudah jadi, Anda bisa langsung menjualnya. Beberapa caranya antara lain:

  • Membagikan versi gratis dan menjual versi premium di website Anda.
  • Menjualnya melalui App Store sesuai sistem operasinya (Apple Store, Play Store).
  • Menawarkan versi trial di website dan menawarkan lisensinya.
  • Menjual software dengan sistem SaaS (Software as a Service).
  • Menerima permintaan pembuatan software khusus melalui website.

5. Buka Jasa Online Coaching

Cara menghasilkan uang dari internet tidak harus bermodal barang. Anda juga bisa menawarkan jasa/keahlian Anda. Salah satunya, keahlian mengajar.

Online coaching adalah berbagi ilmu secara online menggunakan perangkat digital. 

Ada sangat banyak ilmu atau keahlian yang bisa anda bagikan secara online. Mulai dari mata pelajaran sekolah, tutorial, hingga tips dan trik bisnis. 

Selain menentukan kelompok usia dan materi yang diajarkan, Anda juga bisa menentukan apakah akan menggelar sesi personal atau membuka kelas kolektif.

Jika Anda tertarik menggunakan cara ini, pastikan untuk:

  • menentukan target peserta sesuai dengan keahlian Anda.
  • memiliki sarana pengajaran yang berjalan baik (internet, laptop, dll).
  • mengatur jadwal mengajar dengan baik.
  • materi pelajaran yang berkualitas, lengkap dan unik.

Semoga dapat diimplementasikan sesuai dengan keahlian sobat arahmaters ya. Survive dan makin sukses dengan skill yang dimiliki, jangan berhenti belajar.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.