Manfaat Menggunakan Artificial Intelligence Marketing

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Di era digitalisasi yang serba cepat ini, bisnis mulai banyak yang menerapkan strategi pemasaran Artificial Intelligence Marketing untuk aktivitas bisnis.

Melalui strategi ini, Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih beragam dan komprehensif tentang audiens target bisnis Anda. 

Artificial Intelligence Marketing atau Pemasaran kecerdasan buatan adalah strategi untuk secara otomatis mengumpulkan, menganalisis, dan mengamati data tentang audiens atau tren bisnis yang mempengaruhi upaya pemasaran.

Mesin AI menggunakan data pelanggan untuk mencari cara terbaik berinteraksi dengan pelanggan.

Dengan demikian akan mempermudah penyampaian pesan yang tepat dan pada waktu yang tepat yang pelanggan butuhkan tanpa campur tangan marketer.

Teknologi AI berguna untuk menambah tim pemasaran atau melakukan aktivitas marketing dengan lebih sedikit intervensi manusia.

Artificial Intelligence Marketing sering digunakan dalam kasus berikut:

Analisis data

Membeli media periklanan

Pengambilan keputusan otomatis

Membuat konten

Personalisasi realtime

Berbagai manfaat menggunakan Artificial Intelligence Marketing yang bisa kita dapatkan seperti pengurangan risiko, meningkatan kecepatan pengambilan keputusan, membuat kepuasan pelanggan yang lebih baik, peningkatan pendapatan, dan lainnya.

Manfaat dapat bersifat kuantitatif (jumlah penjualan) atau non-kuantitatif (kepuasan pengguna). Ada juga beberapa manfaat lain dari use case AI sebagai berikut:

Membuat Hubungan Pelanggan Yang Lebih Baik dan Personalisasi Secara Realtime

AI dapat membantu Anda mempersonalisasi pesan kepada pelanggan pada waktu yang tepat.

Selain itu, AI juga membantu pemasar mengidentifikasi audiens tertarget dan target pelanggan dengan informasi yang membuat mereka terlibat langsung dengan merek.

Membuat Keputusan Lebih Cepat

Data akan dianalisis lebih cepat melalui AI menggunakan pembelajaran mesin untuk menarik kesimpulan optimal berdasarkan kampanye yang dijalankan dan konteks pelanggan. 

Dengan bantuan teknologi AI, proses pemilihan media pemasaran menjadi lebih cepat karena menggunakan analitik real time, sehingga bisa dengan cepat mengambil keputusan.

Meningkatkan ROI Kampanye Iklan

Platform AI dapat memberikan hasil yang cepat tentang cara mengalokasikan anggaran iklan di seluruh saluran media periklanan yang terbaik.

Selain itu, dengan Artificial Intelligence Marketing kita dapat menganalisis penempatan iklan yang paling efektif untuk melibatkan pelanggan secara lebih konsisten dan mendapatkan hasil ROI maksimal dari sebuah kampanye iklan. 

Membantu Pengukuran Pemasaran Tingkat Lanjut Melalui Artificial Intelligence Marketing

Banyak bisnis mengalami kesulitan mengikuti sumber data dari kampanye digital marketing, sehingga sulit untuk berhasil menargetkan ke kampanye iklan tertentu. 

AI memungkinkan bisnis untuk memiliki pandangan yang lebih holistik tentang aktivitas mereka yang dapat digunakan di berbagai saluran periklanan dan menganggarkan biaya periklanan dengan benar.

Komponen Artificial Intelligence Marketing

AI memainkan peran penting dalam membantu pemasar terhubung dengan konsumen.

Komponen pemasaran AI berikut ini merupakan solusi terdepan yang menjembatani kesenjangan antara jumlah data yang terkumpul dari pelanggan dan tindakan yang dapat diterapkan pada kampanye iklan selanjutnya.

Mempermudah Menganalisis Big Data

Big data dihasilkan dari media pemasaran digital marketing. Hal ini mudah menimbulkan kejenuhan karena sumber data yang begitu besar.

Sehingga menyulitkan pemasar untuk menentukan kumpulan data mana yang akan dikumpulkan untuk digunakan.

Tapi dengan bantuan Artificial Intelligence Marketing, marketer akan memiliki kesempatan untuk memahami dan mengalokasikan value di seluruh saluran pemasaran dengan lebih tepat.

Machine Learning

Atau dalam bahasa indonesianya Pembelajaran Mesin didorong oleh AI dan menghubungkan dengan algoritma.

Komputer yang dapat bermanfaat untuk menganalisis informasi dan meningkatkan informasi secara otomatis melalui pengalaman.

Perangkat memanfaatkan pembelajaran mesin untuk menganalisis informasi baru berdasarkan data historis yang relevan dan membuat keputusan berdasarkan apa yang berhasil atau tidak berhasil di masa lalu.

Cara Menggunakan Artificial Intelligence Marketing :

Standar Keamanan Data

Anda harus memperhatikan bahwa platform AI tidak akan melewati batas dari penggunaan data dan informasi dari sumber data pelanggan. Pastikan dan patuhi standar privasi untuk menjaga kepercayaan konsumen.

Mencari Pakar Untuk Mengolah Ilmu Data

Ada banyak tim marketing perusahaan kekurangan pekerja yang memiliki ilmu analisis data dan menggunakan teknologi AI.

Sehingga sulit untuk mengolah sumber data yang banyak dan beragam.

Untuk mempermudah bisnis menggunakan AI marketing, perusahaan harus bekerjasama dengan perusahaan pihak ketiga yang ahli dalam AI.

Untuk membantu mengumpulkan data dan menganalisis data agar bisa melatih program AI dengan baik dan melakukan pemeliharaan sistem AI yang berkelanjutan.

Penetapan Tujuan

Saat ingin menggunakan Artificial Intelligence Marketing Anda harus membuat tujuan bisnis dan analisis pemasaran perusahaan dengan jelas dari awal.

Mulailah dengan mengidentifikasi area dalam kampanye periklanan  atau aktivitas di mana AI perlu ditingkatkan, contohnya adalah segmentasi.

Kemudian harus ada KPI (Key Performance Indicator) yang jelas untuk mengukur keberhasilan kampanye dan akan ada perbaikan untuk mengoptimalkan pengalaman pelanggan.

Jumlah dan Sumber Data

Untuk memulai menerapkan AI marketing, marketer membutuhkan sejumlah besar data tentang keinginan dan kebutuhan pelanggan, tren yang sedang terjadi, dan faktor lainnya agar kampanye iklan berjalan sukses.

Data ini dapat merupakan hasil dari data CRM (Customer Relationship Management), kampanye pemasaran, dan website perusahaan itu sendiri.

Selain itu tim marketing juga bisa membuat data lebih lengkap dengan bantuan data dari pihak ketiga.

Contohnya adalah data tentang cuaca, lokasi, serta faktor eksternal bisnis lainnya yang bisa memberikan kontribusi dalam pengambilan keputusan pembelian pelanggan.

Menjaga Kualitas Data

Karena program pembelajaran mesin mengambil lebih banyak data, itu akan membuat keputusan yang akurat dan sangat efisien.

Namun, jika data tidak dinormalisasi dan salah, informasi tidak akan membantu dan dapat menyebabkan AI membuat keputusan yang menghambat program pemasaran.

Sebelum menerapkan Artificial Intelligence Marketing, tim marketing harus bekerja dengan tim manajemen data dan departemen lainnya dalam perusahaan.

Untuk menetapkan proses pemeliharaan data, penyimpanan data dan pembersihan data. Sebelum Anda melakukannya, pertimbangkan tujuh data penting:

Completeness

Timeliness

Relevance

Representativeness

Consistency

Accuracy

Transparency

Saat ini Arahmata Digital Agency sudah mendesign, mendevlop beberapa website seperti, www.smartpower.id www.saeland.id www.comeworks.id selain membuat website baru dari nol bisa juga tim Arahmata me-redisgn website yang sudah ada (basis dasar Website WordPress).

Selain itu Arahmata juga dapat menghandling sosial Media Perusahaan, membuat Video company profile serta video berkaitan dengan branding di era digital. Segera miliki dan optimalisasi branding secara online untuk kemajuan perushaan anda.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.