Memahami Fungsi & Manfaat Chatbot Untuk Bisnis Online

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Chatbot adalah salah satu penemuan teknologi yang memiliki kemampuan untuk menirukan percakapan manusia. Chatbot adalah program komputer yang berfungsi untuk menyimulasikan percakapan layaknya manusia melalui perintah suara, teks, atau keduanya. 

Dikenal juga sebagai asisten virtual, chatbot mampu memahami permintaan pengguna dan meresponnya dengan jawaban yang tepat.

Faktanya, chatbot memang banyak dimanfaatkan berbagai sektor bisnis digital saat ini. 

Hal ini karena chatbot membantu menunjang pelayanan kepada pelanggan dan menjadikan pekerjaan lebih efektif. Chatbot sebetulnya kependekan dari chatterbot yang merupakan kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligence).

Saat ini, banyak bisnis memanfaatkan fitur chatbot untuk menggantikan fungsi call centre atau customer service. Yuk cari tau lebih dalam tentang apa itu chatbot dan manfaatnya bagi bisnis berikut ini.

Manfaat Chatbot bagi Bisnis

Dilansir dari Business Insider, beberapa survei menunjukkan kalau chatbot sudah banyak digunakan dalam berbagai lini bisnis.

Salah satu survei dari Oracle menunjukkan bahwa sebanyak 80 persen pebisnis berencana mengandalkan chatbot untuk meningkatkan customer experience pelanggan mereka.

Sebenarnya, apa saja keuntungan yang bisa diberikan dengan penggunaan chatbot? Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai beberapa manfaat penggunaan chatbot untuk bisnis.

Menghemat waktu

Manfaat lain penggunaan chatbot untuk bisnis adalah dapat menghemat waktu pelanggan dalam memperoleh informasi.

Karena tersedia setiap saat, pelanggan tidak membutuhkan banyak waktu untuk memperoleh tanggapan dari pihak pebisnis.

Efektif dan hemat biaya

Penggunaan chatbot bagi sebuah bisnis dapat membuat pekerjaan berjalan lebih efektif. Tidak perlu repot-repot mengulang jawaban atas pertanyaan umum yang sering ditanyakan. Hal ini akan menghemat waktu dan tenaga.

Selain lebih optimal, menggunakan teknologi chatbot juga bisa menghemat biaya operasional karena tidak perlu banyak mempekerjakan karyawan sebagai customer service.

Bahkan, chatbot dapat menghemat biaya customer service perusahaan hingga 30%.

Meminimalisir kesalahan

Kesalahan bisa saja terjadi saat karyawan/admin customer service sedang menangani pelanggan. Namun, hal ini bisa diminimalisir dengan penggunaan chatbot.

Dengan perancangan yang baik, chatbot akan konsisten memberikan jawaban yang sesuai atas pertanyaan yang diajukan.

Meningkatkan kepuasan pelanggan

Salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis adalah pelanggan yang puas. Menurut penelitian, sebanyak 68% pelanggan akan pergi karena tidak puas dengan layanan customer yang buruk.

Dengan menggunakan fitur chatbot, pelanggan akan mendapat pelayanan karena selalu tersedia selama 24 jam.

Pelanggan dapat bertanya kapan saja dan langsung mendapatkan jawaban. Ketika mereka memiliki pertanyaan mengenai produk, mereka bisa mendapatkan jawaban yang dibutuhkan sehingga dapat langsung bertransaksi.

Hal ini juga dapat lebih meningkatkan keuntungan bisnis.

Platform Chatbot Terbaik untuk Dicoba

Chatbot memang memiliki banyak manfaat untuk bisnis, terlebih untuk membantu pekerjaan yang repetitif. Kalau kamu ingin memanfaatkan fitur bot untuk bisnis, berikut ini beberapa platform chatbot terbaik yang bisa Sobat gunakan :

Aplikasi Chatbot Kata.ai

Satu lagi platform chatbot builder besutan dalam negeri yaitu Kata.ai. Telah digunakan oleh lebih dari 120 perusahaan ternama dalam membantu mengelola interaksi dengan para pelanggan.

Kata.ai menawarkan teknologi asisten virtual dalam enam produk unggulannya, yaitu Kata Flow, Kata nl, Kata Omnichat, Kata CMS, Kata Boost dan Kata Voice.

Jika tertarik mencoba, Sobat juga bisa request demo dengan mengisi formulir yang tersedia. Sobat bisa memanfaatkan fitur unggulan Kata.ai untuk menunjang setiap aspek bisnis mulai dari penjualan, pemasaran, hingga pelayanan pelanggan. Beberapa fitur yang ditawarkannya adalah:

Menggunakan sistem NLP agar percakapan lebih natural.

Fitur drag and drop yang mudah digunakan.

Dilengkapi dengan tool analytics.

Tersedia dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

Fitur one-click deployment untuk memodifikasi chatbot dengan praktis.

Aplikasi Chatbot

ChatBot adalah salah satu platform bot yang banyak digunakan oleh berbagai bisnis. Dengan ChatBot, Sobat juga bisa menerapakan layanan otomisasi perpesanan di berbagai platform pesan singkat seperti Slack, Facebook Messenger, LiveChat, Skype, Twitter, hingga YouTube.

ChatBot juga menawarkan keuntungan untuk menunjang bisnis mulai dari marketing, penjualan, dan layanan pelanggan.

Jika ingin mencobanya, Sobat bisa memanfaatkan layanan free trial selama 14 hari. Beberapa fitur yang bisa didapat di antaranya:

Membuat bot tanpa coding dengan fitur drag & drop yang mudah digunakan.

Chat widget yang dapat dikustomisasi.

Tersedia berbagai template untuk membantu pembuatan bot.

Menambahkan tim ke dalam akun ChatBot untuk melayani pelanggan dengan maksimal.

Real-time analytic, mengumpulkan data pelanggan secara otomatis, terintegrasi langsung dengan CRM atau email marketing platform.

Aplikasi Botsify

Botsify adalah salah satu rekomendasi platform chatbot bertenaga AI untuk membantu penggunanya membangun asisten virtual pada website, media sosial, dan aplikasi perpesanan lainnya.

Platform ini menawarkan opsi bagi pelanggan untuk beralih ke bahasa asli mereka sambil melakukan percakapan dengan chatbot secara real-time. Sobat juga  dapat menemukan fitur-fitur seperti berikut di Botsify:

Menyimpan percakapan dan membuat perubahan pada alur percakapan

Dapat dengan mudah dikustomisasi dan menyimpan data ke dalam CRM

Fitur yang dapat mengalihkan obrolan dengan cepat dari chatbot ke dukungan operator manusia sehingga pelanggan dapat langsung berinteraksi dengan tim helpdesk

Dapat membuat lebih dari satu chatbot

Membuat chatbot untuk aplikasi perpesanan seperti Whatsapp, Facebook Messenger, dan SMS.

Kunjungi juga artikel https://www.saeland.id/artikel/menyimpan-barang-dalam-ruangan-terbatas-ala-drakor/ supaya hunian semakin nyaman dan sesuai dengan model yang trend di Masyarakat.

Jika saat ini lembaga/Perusahaan mencari jasa event organizer untuk melangsungkan Virtual event ataupun live streaming yang profesional serta berkesan, Sobat dapat menghubungi Citra Mandiri Kreatif yang telah memiliki pengalaman mengadakan berbagai event-event besar di seluruh Indonesia.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.