Membuat Halaman FAQ untuk Website Bisnis di 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Sobat mungkin kerap kali mendapatkan pertanyaan seputar “cara memesan” ataupun cara mendapatkan informasi secara lengkap, bukan? Sayangnya menjawab pertanyaan serupa pada banyak pelanggan tentunya akan menguras waktu. Sebagai solusinya Sobat bisa membuat halaman FAQ untuk website.

Dengan adanya FAQ, pelanggan bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan umum dengan lebih cepat dan efektif. Namun, bagaimana cara membuat FAQ? Tenang, di artikel ini Sobat akan mempelajari cara membuat halaman FAQ di WordPress dengan cepat dan mudah. Yuk simak sampai selesai artikelnya sampai selesai.

Apa Yang dimaksud FAQ? 

Frequently Asked Question atau disingkat FAQ adalah daftar pertanyaan yang paling sering diajukan ke suatu layanan atau bisnis.

Halaman frequently asked question dibuat untuk menjawab pertanyaan tersebut agar pelanggan bisa mendapatkan jawaban terkait permasalahannya dengan lebih efektif.

Selain membantu kebutuhan pelanggan, FAQ ternyata juga dapat meningkatkan performa SEO website Sobat. Halaman frequently asked question pada website dapat membantu ranking di halaman pencarian untuk naik.

Sebab, ketika pelanggan Sobat mencari suatu pertanyaan di Google, Halaman pertanyaan Sobat bisa muncul sebagai jawabannya. 

Mengingat pentingnya halaman frequently asked question, hampir semua website bisnis pasti membuat FAQ. Mulai dari bisnis kecil hingga bisnis besar sekelas Microsoft telah membuat halaman frequently asked question di websitenya.

Beberapa Contoh FAQ Website yang Sering Digunakan

FAQ pada setiap website bisnis tentu dapat berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan bisnis. Baik itu pertanyaan tentang produk, harga, maupun layanan. 

Namun, biasanya ada daftar frequently asked question yang umum ditemukan di berbagai website bisnis. Berikut ini beberapa contoh FAQ website yang sering ditampilkan: 

Di platform mana saja dapat melakukan pembelian produk? Website/Marketplace

Bagaimana cara menghubungi untuk pemesanan dan layanan? 

Bagaimana cara mengubah pesanan? 

Bagaimana melakukan pengembalian barang? 

Berapa lama pengiriman? 

Informasi promo terkini? 

Install dan Aktifkan Plugin 

Setelah login ke dashboard, klik menu Plugin > Add New.

Lalu cari plugin Quick and Easy FAQ di kolom pencarian. Kemudian, klik Install Now > Activate untuk mengaktifkan plugin tersebut. 

Buat Daftar Pertanyaan FAQ

Setelah berhasil mengaktifkan plugin tersebut, selanjutnya klik menu FAQs > Add New pada dashboard untuk membuat daftar pertanyaan bisnis Sobat. 

Selanjutnya, isi kolom judul dan badan halaman dengan pertanyaan yang akan Sobat ulas. 

Setelah selesai membuat ulasan pertanyaan tersebut, klik publish. Lakukan hal serupa untuk  membuat ulasan pertanyaan dari frequently asked question lainnya. 

Buat Kategori Pertanyaan 

Jika Sobat memiliki beragam pertanyaan dalam FAQ, Sobat juga bisa buat kategori untuk mengelompokkan pertanyaan sesuai topiknya. 

Sobat bisa mengisi kolom Categories pada halaman tersebut supaya pengguna bisa melihat pertanyaan seputar topik tertentu saja. Misalnya, pertanyaan tentang produk domain, hosting, atau website. 

Tampilkan FAQ di Halaman Website

Langkah membuat frequently asked question berikutnya adalah tampilkan daftar pertanyaan yang telah dibuat di halaman WordPress. Caranya klik Pages > Add New.

Kemudian buat terlebih dulu judul halaman yang ingin Sobat buat di kolom Judul. Lalu, tulis kode berikut pada badan teks. Next, klik tombol Publish. Maka, tampilan halamannya akan berbentuk list.

Tips Membuat FAQ yang Tepat untuk Bisnis Anda

Next, setelah mengetahui cara membuat frequently asked question di WordPress, kami juga akan memberikan tips membuat FAQ yang tepat untuk bisnis Sobat. 

Kumpulkan Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan.

Seperti namanya, frequently asked question berisi penjelasan dari pertanyaan yang paling banyak diajukan. Maka dari itu, Anda perlu mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Kira-kira bagaimana caranya? 

Berikut ini beberapa cara yang bisa Sobat lakukan untuk mengumpulkan pertanyaannya: 

Asumsi Pribadi – pakai asumsi pribadi, untuk membuat FAQ. Misalnya Sobat pelanggan baru yang ingin membeli suatu produk di website toko online, kemungkinan Sobat akan bertanya seputar, “bagaimana cara order”, “cara pembayaran”, atau “cara refund”. 

Customer service – jika Sobat memiliki tim customer service, maka Sobat bisa bertanya pada mereka mengenai informasi yang paling sering ditanyakan oleh pelanggan. Mintalah saran untuk kira-kira penjelasan informasi apa yang perlu didokumentasikan? 

Software CRM – CRM merupakan software pengelola data pelanggan, mulai dari data pribadi pelanggan, data penjualan, hingga data percakapan dengan pelanggan. 

Email bisnis – coba periksa email bisnis Sobat, cermati pertanyaan apa saja yang pernah dikirimkan oleh pelanggan. 

Media sosial – beberapa pelanggan memilih berkomunikasi lewat akun media sosial suatu bisnis. Untuk itu, periksa juga pesan atau komentar dari pelanggan di media sosial, seperti Facebook, Instagram, atau YouTube.  

Dengan beberapa cara tersebut, Sobat bisa lebih mudah membuat daftar pertanyaan untuk frequently asked question di website.

Salah satu tujuan adanya FAQ adalah pelanggan bisa mendapatkan jawaban dengan cepat tanpa perlu menghubungi customer service.

Tapi, lain cerita kalau penjelasan dari pertanyaan tersebut justru sulit dipahami. Ujung-ujungnya, banyak pelanggan akan menanyakan pertanyaan serupa lagi pada customer service.

Untuk itu, pastikan Sobat memberikan penjelasan dengan jelas dan mudah dipahami. Cobalah untuk “to the point” dalam menjawab setiap pertanyaan. 

Untuk meyakinkan pengunjung website terhadap informasi yang diberikan, sobat juga dapat menyediakan informasi bisnis atau perusahaan pada halaman “about”.

Jika perlu, Sobat juga bisa menambahkan testimoni atau bukti-bukti pendukung lain yang dapat menambah kepercayaan pengunjung. Saat ini Arahmata Digital Agency sudah mendesign, mendevlop beberapa website seperti, www.smartpower.id www.saeland.id www.comeworks.id selain membuat website baru dari nol bisa juga tim Arahmata me-redisgn website yang sudah ada (basis dasar Website WordPress). Segera miliki dan optimalisasi branding secara online untuk kemajuan perusahaan Sobat. 

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.