Apa sih Media Planning itu?
Media Planning merupakan sebuah proses penyusunan strategi pemasaran dengan menyelaraskan pesan yang ingin disampaikan dari brand tersebut kepada audience yang kemudian disertai dengan proses evaluasi pemasaran untuk mengetahui keefektifan dari strategi pemasaran yang dilakukan.
Untuk mengetahui keefektifan dari strategi pemasaran tersebut, melalui berbagai proses perencanaan yang tepat untuk mencapai hasil yang maksimal.
Unsur dalam Media Planning
Unsur-Unsur ini harus ada di dalam sebuah media planning, apa saja?
A. Target Audiens
Target audiens menjadi unsur utama dalam perancangan media planning. Karena dengan target audiens ini, kita bisa lebih menspesifikkan informasi yang berkaitan dengan audiens seperti gender, usia, kemudian pendapatan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui pasar yang tepat untuk dituju.
B. Biaya Pemasaran
Biaya pemasaran ini dihitung dari keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk proses pemasaran yang dilakukan. Pengeluaran biaya pemasaran ini harus direncanakan matang-matang agar proses pemasaran dapat berjalan efektif dan sesuai tanpa mengeluarkan yang berlebih sehingga berdampak pada proses strategi pemasaran yang dilakukan.
C. Konversi Rate
Konversi rate ini merupakan seberapa banyak rencana jangkauan yang akan ditargetkan untuk keberhasilan strategi pemasaran baik hanya fokus untuk lingkup tertentu atau lingkup yang luas. Dengan penetapan fokus lingkup ini diharapkan dapat memastikan target yang dari awal ingin dicapai.
D. Konversi Pesan
Konversi pesan ini menunjukkan frekuensi pesan dari perencanaan yang ditargetkan untuk audiens mulai dari penyebaran iklan yang direncanakan. Hal ini untuk mengetahui pencapaian dari target tujuan pemasaran sendiri.
Langkah-Langkah Perencanaan Media Planning
- Melakukan Market Research
- Menentukan Tujuan Media Planning
- Menentukan Template Media yang akan digunakan
- Eksekusi Media Planning
- Proses Evaluasi Media Planning yang direncanakan
Seberapa penting Media Planning untuk sebuah Bisnis?
Setelah mengetahui apa itu media planning, unsur-unsurnya, langkah-langkahnya, tentu Media Planning sangatlah dibutuhkan dalam menjalankan sebuah bisnis. Berbicara mengenai Digital Marketing atau Pemasaran Digital, dimana semua pemasaran dilakukan secara digital melalui media sosial, market place dan website. Lalu untuk menentukan media mana yang akan digunakan untuk strategi pemasaran ini pastinya membutuhkan media planning demi mencapai keberhasilan perencanaan pemasaran.
Ingin sukses merencanakan Media Planning dalam sebuah bisnis? Arahmata siap bantu untuk mewujudkannya. Silahkan kontak via WhatsApp 081280129656 atau DM ke instagram @Arahmata.digital .
Bagikan:
- Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi di Linkedln(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi di WhatsApp(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi di Telegram(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi via Pocket(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi pada Pinterest(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk membagikannya ke Mastodon(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi pada Reddit(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi pada Tumblr(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi di Nextdoor(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk mencetak(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk mengirimkan email tautan ke teman(Membuka di jendela yang baru)