Mengenal Media Planning Secara Menyeluruh

Apa sih Media Planning itu?

Media Planning merupakan sebuah proses penyusunan strategi pemasaran dengan menyelaraskan pesan yang ingin disampaikan  dari brand tersebut kepada audience yang kemudian disertai dengan proses evaluasi pemasaran untuk mengetahui keefektifan dari strategi pemasaran yang dilakukan. 

Untuk mengetahui keefektifan dari strategi pemasaran tersebut, melalui berbagai proses perencanaan yang tepat untuk mencapai hasil yang maksimal. 

Unsur dalam Media Planning 

Unsur-Unsur ini harus ada di dalam sebuah media planning, apa saja?

A. Target Audiens

Target audiens menjadi unsur utama dalam perancangan media planning. Karena dengan target audiens ini, kita bisa lebih menspesifikkan informasi yang berkaitan dengan audiens seperti gender, usia, kemudian pendapatan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui pasar yang tepat untuk dituju.

B. Biaya Pemasaran

Biaya pemasaran ini dihitung dari keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk proses pemasaran yang dilakukan. Pengeluaran biaya pemasaran ini harus direncanakan matang-matang agar proses pemasaran dapat berjalan efektif dan sesuai tanpa mengeluarkan yang berlebih sehingga berdampak pada proses strategi pemasaran yang dilakukan. 

C. Konversi Rate

Konversi rate ini merupakan seberapa banyak rencana jangkauan yang akan ditargetkan untuk keberhasilan strategi pemasaran baik hanya fokus untuk lingkup tertentu atau lingkup yang luas. Dengan penetapan fokus lingkup ini diharapkan dapat memastikan target yang dari awal ingin dicapai. 

D. Konversi Pesan 

Konversi pesan ini menunjukkan frekuensi pesan dari perencanaan yang ditargetkan untuk audiens mulai dari penyebaran iklan yang direncanakan. Hal ini untuk mengetahui pencapaian dari target tujuan pemasaran sendiri. 

Langkah-Langkah Perencanaan Media Planning 

  1. Melakukan Market Research
  2. Menentukan Tujuan Media Planning
  3. Menentukan Template Media yang akan digunakan 
  4. Eksekusi Media Planning 
  5. Proses Evaluasi Media Planning yang direncanakan

Seberapa penting Media Planning untuk sebuah Bisnis?

Setelah mengetahui apa itu media planning, unsur-unsurnya, langkah-langkahnya, tentu Media Planning sangatlah dibutuhkan dalam menjalankan sebuah bisnis. Berbicara mengenai Digital Marketing atau Pemasaran Digital, dimana semua pemasaran dilakukan secara digital melalui media sosial, market place dan website. Lalu untuk menentukan media mana yang akan digunakan untuk strategi pemasaran ini pastinya membutuhkan media planning demi mencapai keberhasilan perencanaan pemasaran. 

Ingin sukses merencanakan Media Planning dalam sebuah bisnis? Arahmata siap bantu untuk mewujudkannya. Silahkan kontak via WhatsApp 081280129656 atau DM ke instagram @Arahmata.digital

Bagikan:

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.