Optimalisasi Community Marketing Untuk Tahun 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Dalam menghadapi tahun 2021 saat ini, pasti sudah ada banyak strategi marketing yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kemajuan perusahaan.

Walaupun belum sepopuler content marketing, social media marketing, dan email marketing, community marketing sudah terbukti bombastis untuk memajukan bisnis. 

Maka dari itu, di artikel ini tim Arahmata akan menjelaskan mengenai community marketing. Suatu strategi pemasaran baru yang mulai naik daun di Indonesia.

Community marketing adalah strategi pemasaran di mana suatu bisnis aktif berinteraksi dengan komunitas konsumennya. Interaksi ini bisa dilakukan baik online maupun offline. Seperti di grup Facebook, komunitas di suatu kota, event, seminar, atau grup Whatsapp, grup telegram. 

Target utama dari community marketing adalah membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dengan semua konsumen Anda.

Jadi, Anda harus selalu mendengarkan dan merespons apa yang sedang konsumen inginkan dan butuhkan. Komunikasi dua arah yang sehat dengan konsumen Anda adalah kuncinya.

Melalui strategi community marketing ini, Anda sebenarnya juga sedang menjalankan promosi untuk meningkatkan penjualan, mendapatkan pelanggan baru, atau menambah leads.

Persis seperti strategi pemasaran lainnya. Hanya saja, dibandingkan strategi lainnya, community marketing dilakukan secara lebih halus dan berjalan dalam jangka panjang.

Manfaat Community Marketing yang harus Anda ketahui, berikut ada tiga manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menerapkan community marketing:

Meningkatkan Kesetiaan dan Kepercayaan Konsumen

Di era sekarang, konsumen tidak cuma  ingin menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Tapi, mereka juga ingin didengar dan berinteraksi dengan Anda.

Baik hanya sekedar komplain, memberikan saran, atau berdiskusi. Community marketing bisa mewujudkan hal tersebut. 

Dengan community marketing, Anda mendengarkan dan berkomunikasi secara terbuka kepada konsumen. Anda mendengarkan keluhan mereka, menerima saran, memberikan info, dan aktif berdiskusi. 

Dengan kata lain, Anda memperlakukan mereka layaknya manusia, bukan sekedar metrik di Excel atau target penjualan. Hasilnya, tingkat kesetiaan dan kepercayaan konsumen pada Anda akan naik drastis.

Mengenal Konsumen Lebih Dekat

Community marketing memungkinkan Anda berinteraksi dengan konsumen secara langsung. Artinya, Anda akan mengenal mereka dengan lebih dekat.

Buktinya, 86% bisnis mengatakan kalau komunitas online membantu mereka untuk mengetahui lebih detail mengenai kebutuhan konsumen.

Jadi, Anda bisa tahu apa yang mereka suka atau tidak sukai, hingga mendapatkan feedback terkait berbagai kebijakan bisnis Anda. 

Anda akan mendapatkan banyak informasi berharga dari konsumen secara langsung dan mendalam. Informasi ini bisa Anda manfaatkan untuk banyak hal.

Mulai dari memperbaiki berbagai aspek dari bisnis, merencanakan strategi pemasaran selanjutnya, hingga menciptakan inovasi produk sesuai yang dibutuhkan konsumen Anda.

Melalui community marketing, Anda bisa dengan mudah mendapatkan pelanggan tetap. Sebab, Anda tidak hanya berfokus mendapatkan konsumen baru saja. Akan tetapi juga memperhatikan konsumen lama Anda. 

Anda selalu berkomunikasi dengan mereka, merespon pertanyaan dan keluhan, memberikan info terbaru, dan lain sebagainya. Jadi, konsumen lama benar-benar merasa dihargai dan tak dihiraukan begitu saja. Hasilnya, mereka tak akan ragu mengeluarkan uangnya lagi untuk Anda.

Memperluas Brand Awareness Bisnis Anda

Anda pasti sering mendengar atau melihat orang-orang membicarakan suatu brand yang tidak Anda ketahui sebelumnya? Baik itu di dunia nyata atau di internet?

Pasti sering, Anda penasaran dan mencari nama brand tersebut di Google, kan? Terutama, jika orang tersebut berbicara dengan penuh semangat dan melemparkan pujian di sana sini.

Salah satu kelebihan community marketing. Di mana 77% bisnis mempercayai komunitas bisa meningkatkan brand awareness Anda.

Jadi, dengan adanya komunitas, banyak orang yang akan membicarakan bisnis Anda. Hasilnya, semakin banyak pula orang yang mengetahui brand Anda dan kemungkinan besar menjadi konsumen. Jenis Community Marketing ada dua, yaitu:

Organic Community Marketing

Organic Community Marketing adalah komunitas yang dibentuk sendiri oleh konsumen tanpa bantuan Anda. Seperti grup Facebook penggemar, diskusi di forum online tertentu, hingga komunitas tak resmi di suatu kota. 

Di marketing community jenis ini, konsumen akan otomatis berinteraksi dengan satu sama lain tanpa perlu kehadiran atau persetujuan Anda. Mulai dari melakukan tanya jawab, berdiskusi, memberikan saran, hingga berasumsi dan tempat bergosip.

Memang tidak ada yang salah dengan hal tersebut.  Namun, sebaiknya di awasi  karena community marketing jenis ini bisa memberikan efek negatif bagi brand Anda. 

Sebab, jika para konsumen tak suka dengan suatu produk atau kebijakan Anda, mereka bisa benar-benar merusak reputasi brand Anda.Mereka bisa dengan bebas menjelek-jelekkan Anda, mempengaruhi orang lain untuk ikut menjelek-jelekkan Anda, membuat asumsi tak berdasar, dan hal-hal negatif lainnya.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu mengawasi dan aktif berinteraksi di komunitas jenis ini. Dengan begitu, Anda bisa membatasi atau bahkan mencegah tingkah laku konsumen yang kebablasan.

Sponsored Community Marketing

Yang kedua ada sponsored community marketing merupakan komunitas yang sengaja Anda buat untuk konsumen.Jadi, konsumen tak hanya bisa berinteraksi dengan satu sama lain, tapi juga dengan Anda.

Seperti akun media sosial bisnis, komunitas resmi di suatu kota, atau event yang Anda selenggarakan. Contohnya bisa Anda temukan pada Customer Meetup Online yang diadakan berbagai brand selama masa pandemi ini.

Sponsored community marketing adalah jenis yang paling sering diterapkan oleh bisnis. Maka tidak heran karena Anda bisa mengawasi dan ikut berinteraksi sejak awal dibentuknya komunitas tersebut. Jadi, kemungkinan hal negatif atau salah paham dari konsumen sangatlah kecil.

Siap Menerapkan Community Marketing untuk Bisnis Anda?

Ternyata, memanfaatkan komunitas untuk pemasaran merupakan strategi jitu dengan segudang manfaat. Buka cuma untuk menciptakan konsumen yang loyal, tapi Anda juga bisa meningkatkan brand awareness.

Win-win solution. Maka dari itu, segera terapkan community marketing di bisnis Anda sekarang.

Bagi sahabat UMKM yang memiliki toko online dan offline, ingin dipasang pada kolom matapreneur produk/layanan nya bisa mengirimkan detail deskripsi produk/layanan ke e-mail admin@arahmata.co.id silahkan kunjungi https://www.arahmata.co.id/matapreneur/ untuk melihat beberapa contoh postingan. 

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.