Optimalisasi SERP Penting Untuk SEO di Tahun 2020-2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Jika anda dan tim sedang berupaya fokus terhadap SEO untuk dapat meningkatkan trafik website, Anda tentu akan menjumpai istilah SERP. Kemudian, pertanyaan pertama yang muncul: “Apa yang dimaksud dengan SERP? Penasaran pastinya, semua pertanyaan Anda tersebut akan terjawab di artikel ini. Jadi, tidak perlu khawatir.

Apa Itu SERP? SERP atau kepanjangan dari (Search Engine Results Pages) adalah halaman yang ditampilkan Google dan mesin pencari lainnya untuk menunjukkan hasil dari pencarian pengguna. SERP terdiri dari hasil pencarian organik dan berbayar.

Unik banget, walaupun menggunakan kata kunci yang sama, tampilan SERP bisa berbeda-beda antar pengguna. Kenapa bisa demikian? Google menampilkan hasil pencarian berdasarkan berbagai faktor yang relevan dengan pengguna saat ini. Sebagai contoh, tempat tinggal pengguna, riwayat pencarian, media sosial yang digunakan, dan pengaturan lainnya.

Jadi, pengguna yang berada di Indonesia dan Amerika bisa saja mendapatkan SERP yang berbeda saat menggunakan kata kunci yang sama. Lalu, kenapa SERP sering disebut dalam panduan SEO?

Berikut ini penjelasannya. Kenapa SERP Penting Bagi SEO? Alasan utamanya karena tujuan akhir dari semua upaya SEO adalah menempatkan website di SERP, terutama di posisi teratas untuk hasil pencarian organik.

Jadi, SEO adalah upaya gratis agar website Anda bisa muncul di SERP. Namun, tidak semua SERP penting untuk SEO. Sebab, hanya  halaman pertama dari SERP saja yang memberikan keuntungan untuk website Anda.

Kebanyakan orang mengklik hasil pencarian di halaman pertama SERP saja dan hampir tidak mungkin pergi ke halaman dua. Jika hasil pencarian posisi #1 mendapatkan rata-rata klik sebesar 31,7%, hanya 0.78% pengguna yang mengklik website di halaman kedua SERP. Tidak heran kan kalau orang berlomba-lomba menerapkan strategi SEO supaya websitenya berada di halaman pertama SERP?

Bagaimana Caranya Agar Website Muncul di SERP? SERP sendiri terdiri dari tiga komponen, yaitu iklan berbayar, hasil organik, dan fitur SERP. Maka dari itu, ada tiga cara supaya website Anda bisa muncul di SERP Google. Apa saja itu?

Gunakan Iklan Berbayar

Ketika menggunakan iklan berbayar, website Anda akan muncul di SERP

Praktik memunculkan website di SERP dengan iklan berbayar ini disebut dengan Search Engine Marketing (SEM). Anda perlu memenangkan bidding agar iklan bisa ditempatkan di posisi atas dari SERP.

Metode yang digunakan adalah Pay Per Click (PPC) di mana Anda hanya harus membayar iklan tersebut jika ada orang yang mengkliknya saja. Jadi, Anda harus menyiapkan budget khusus untuk iklan ini.

Gunakan Optimasi SEO untuk Pencarian Organik

Supaya muncul di pencarian organik Google, Anda harus memperhatikan Meta Tag, yang terdiri dari meta title (judul), URL slug, dan meta description.

Berikut penjelasan singkat ketiganya:

Meta title: judul yang muncul di di bagian paling atas hasil pencarian. Bertujuan untuk menginformasikan isi konten Anda kepada pengunjung. URL slug: bagian dari URL/permalink website Anda yang merujuk pada sebuah konten. Meta description: rangkuman konten website yang muncul di hasil pencarian. Jadi, pengunjung bisa tahu gambaran konten Anda.

Hasil pencarian organik di SERP itu semuanya diambil dari database yang berisi miliaran website bernama Google Index. Ini artinya, website Anda wajib masuk ke Google Index terlebih dahulu agar bisa muncul organik di SERP-tidak peduli di halaman berapa.

Selain memperhatikan meta tag dan masuk Google Index, Anda juga perlu update info mengenai algoritma Google. Kenapa demikian? Sebab, Google menggunakan algoritma super canggih yang selalu diperbarui untuk mengurutkan hasil pencarian organik.

Banyak faktor penilaian yang digunakan sehingga hanya hasil yang relevan dan berkualitas saja yang bisa muncul di halaman pertama SERP.

Selain itu, pastikan Anda tidak begitu saja mempercayai mitos-mitos SEO yang merugikan, untuk itu, kami sudah merangkumnya dalam bentuk ebook yang bisa Anda download gratis. Selain berbagai mitos yang keliru, Anda akan tahu cara optimasi terbaik yang bisa dilakukan.

Optimalisasi  Fitur SERP

Memanfaatkan berbagai fitur SERP cukup efektif untuk membuat website Anda muncul di hasil pencarian Google. Jadi, Anda bisa menggunakan yang paling sesuai dengan tujuan.

Nantikan terus update artikel dari Arahmata Digital Agency Profesional Jakarta, artikel yang pastinya bermanfaat dan dapat diimplementasikan diera digitalisasi seperti saat ini.

Selain update artikel Arahmata Digital Agency Profesional Jakarta juga rutin melakukan upload pada akun youtube silahkan klik disini untuk membuka link channel youtube Arahmata Digital Agency Profesional Jakarta.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.