Optimalisasi YouTube Dashboard Untuk Branding

Saat ini, video menjadi salah satu media yang digunakan untuk branding dan menghasilkan uang. Maka tidak sedikit orang yang akhirnya memutuskan untuk menjadi Youtuber atau content creator. Selain karena menghasilkan uang, Youtube.

Selain itu youtube juga memiliki tampilan dashboard yang menampung informasi lengkap untuk mengelola konten, termasuk Youtube Analytics untuk mengecek performa video.

Pelajari penjelasan mulai dari apa itu YouTube dashboard, metrik penting yang perlu Anda ketahui, dan fungsi YouTube dashboard untuk menunjang pengelolaan konten Anda di YouTube.

Apa Itu YouTube Dashboard?

Selain menjadi platform berbagi video, kini Youtube juga dimanfaatkan untuk menambah keuntungan.

YouTube dashboard adalah salah satu tool penting yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan growth kanal YouTube. Tapi apakah Anda sudah tahu apa itu YouTube dashboard?

YouTube dashboard secara keseluruhan menampilkan performa kanal atau channel YouTube.

Sobat juga bisa memanfaatkan YouTube dashboard untuk mengecek performa video terbaru.

Kemudian memantau hasil analisis kanal di 28 hari atau 48 jam terakhir, melihat sekilas komentar terbaru hingga mengetahui siapa subscriber terbaru kanal Youtube.

Dari Youtube dashboard pun Anda bisa mengetahui performa keseluruhan dari kanal Youtube yang Anda kelola atau miliki, dari mana penonton berasal, serta video atau topik apa yang paling menarik bagi penonton.

Cara menggunakan Youtube dashboard tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengunjungi channel YouTube Anda, klik profil di sebelah kanan atas, lalu pilih “YouTube Studio”.

Kemudian, Anda akan diarahkan ke YouTube dashboard di desktop.

Setelah sampai di YouTube dashboard, Anda hanya perlu mengklik panel untuk melihat informasi yang Anda inginkan.

Namun, supaya tidak salah klik, pelajari apa saja fungsi dan cara menggunakan panel dalam YouTube dashboard berikut ini.

Channel Analytics

Sesuai namanya panel ini berguna untuk mengecek hasil analisis terhadap kanal (channel) YouTube yang Anda kelola. 

Channel Analytics menampilkan jumlah subsribers terkini, ringkasan jumlah dan durasi tayangan seluruh video, serta video teratas dengan jumlah tayangan terbanyak.

Anda juga bisa mengklik analytics untuk beberapa video teratas di kanal dalam satu panel yang sama.

Namun, jika ingin mengecek informasi analitis lebih detail tentang channel Anda. 

Kemudian Anda bisa mengklik “GO TO CHANNEL ANALYTICS” dan Anda akan diarahkan ke menu YouTube Analytics untuk mengecek Overview, jumlah Reach hingga Audiens dari konten yang Anda bagikan.

Published Videos

Panel ini berisi informasi singkat mengenai video apa saja yang sudah Anda unggah ke kanal Youtube.

Di panel Published Videos, Anda bisa melihat secara sekilas jumlah tayangan (views), komentar, dan orang yang menyukai video milik Anda.

Geser kursor ke setiap video agar Anda bisa mengklik masing-masing icon untuk melihat statistik video dari tampilan penonton atau klik icon pensil jika ingin melihat informasi detail tentang video.

Latest Video Performance

Panel YouTube dashboard yang satu ini berguna untuk mengecek keseluruhan performa video terbaru yang Anda unggah. 

Kemudian Anda juga bisa melihat peringkat dibandingkan video lain di beberapa waktu terakhir, jumlah tayang (views) dibanding rata-rata view keseluruhan, CTR, dan durasi penayangan rata-rata.

Jika mengklik “GO TO VIDEO ANALYTICS” atau “SEE COMMENTS”, Anda akan diarahkan ke informasi lebih mendetail tentang video ini. 

Halaman selanjutnya menampilkan informasi dasar seperti judul dan deskripsi video, kemudian ada panel YouTube Analytics, menu editor, komentar terbaru, serta subtitle.

Latest Post

Jika kamu mengunjungi sebuah kanal YouTube dan mengklik halaman “Community”, maka Anda akan menemukan beberapa postingan dari kanal YouTube tersebut. 

Konten yang diunggah di halaman Community dikelola di panel Latest Post.

Di panel ini, Anda juga bisa mengatur penjadwalan konten, seperti foto atau video untuk menampilkan teaser konten, serta polling untuk melakukan pemungutan suara dari subscribers Anda.

Creator Insider

Agar dapat membangun komunitas bagi para content creator, YouTube menyediakan panel yang satu ini agar pembuat konten bisa mengetahui informasi terbaru dan saling berdiskusi.

Menggunakan judul “This Week at YouTube”, tim dari Creator Insider membagikan kabar terbaru tentang pembaruan apa saja yang dibuat oleh YouTube.

Di kolom komentar dari setiap video, kamu bisa menemukan komentar dari berbagai level content creator dan diskusi tentang fitur terbaru YouTube.

Kolom komentar ini sekaligus dijadikan forum diskusi atau forum feedback dari pembuat konten ke YouTube.

Kalau ingin menggunakan fitur lengkap di YouTube dashboard, setidaknya Anda wajib memiliki beberapa konten. 

Oleh karena itu, jangan takut untuk mengunggah karya Anda terlebih dulu. Selain itu, jangan lupa untuk selalu konsisten dan pantang menyerah ketika membuat konten untuk mengisi kanal YouTube yang Anda kelola.

Jangan berhenti membagikan karyamu di YouTube saja, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mendistribusikan konten.

Selain itu, Anda juga bisa menambah website untuk meningkatkan profesionalitas dan kredibilitas image yang Anda bangun.

Segera hubungi arahmata digital agency apabila perusahaan ataupunLembaga yang Anda kelola membutuhkan pembaruan website, company profile dalam bentuk video ataupun desain logo.

Bagikan:

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.