Pahami Digital Marketing Metric Untuk Maksimalkan Performa

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Digital marketing metrics adalah kumpulan nilai yang digunakan untuk mengukur dan melacak kesuksesan sebuah upaya pemasaran produk menggunakan digital marketing.

Umumnya, pengukuran tersebut dilakukan dengan bantuan tool, seperti Google Analytics. Metric yang diukur bisa menjadi petunjuk apakah upaya digital marketing Anda sudah berhasil. Jadi, Anda bisa menentukan strategi berikutnya.

Karena ada banyak digital marketing metrics, membaginya dalam beberapa kategori adalah cara terbaik. Kategorinya meliputi:

Website Traffic Metric, engagement Metric, conversion Metric, revenue Metric

Website Traffic Metric

Website traffic metric berfokus untuk mengukur performa lalu lintas website sebagai pusat aktivitas bisnis online Anda. Apa saja digital marketing metrics-nya? 

Overall Traffic

Overall traffic adalah jumlah keseluruhan traffic sebuah website. Baik dari direct traffic, organic traffic, paid search, affiliate, dan lainnya.

Untuk mengetahui metric ini, Anda bisa menggunakan tool digital marketing seperti : Google Analytics, Ubersuggest, dan lainnya.

Overall traffic di Ubersuggest disebut dengan Traffic Overview, sedangkan di Google Analytics namanya Acquisition Overview. Tools lain akan memiliki nama berbeda.

Mari kita lihat contoh overall traffic di Google Analytics. Pada tab Acquisition, Anda akan mendapat informasi terkait jumlah user setiap harinya dalam grafik Sessions.

Naik turunnya grafik dapat Anda gunakan untuk mengidentifikasi performa traffic website di hari tertentu.

Semakin tinggi traffic website Anda, semakin besar peluang konversi atau penjualannya. Kalau sudah tahu tentang kondisi traffic, lalu apa selanjutnya?

Grafik overall traffic dapat menjadi pijakan utama untuk menentukan strategi apa yang harus Anda ambil ke depannya.

Saat traffic menurun – Jika traffic menurun dan penyebabnya adalah beberapa keyword kalah dari kompetitor, maka lakukan update konten, audit konten, dan lainnya.

Saat traffic meningkat – Jika banyak keyword mendapat ranking pertama Google, lakukan analisis trend untuk dapat memproduksi konten dengan topik yang serupa sesuai tren.

Pada praktiknya, akan banyak skenario yang bisa Anda temukan. Tetapi dengan memahami overall traffic website, Anda bisa tahu kondisi dan potensi traffic website Anda.

Channel Metric

Traffic yang masuk ke website Anda dapat berasal dari beberapa sumber atau channel. Masing-masing channel bisa menyumbang banyak traffic, bisa juga tidak.

Beberapa jenis channel yang merupakan sumber traffic adalah:

Direct – Traffic yang langsung mengarah ke website karena pengunjung mengetikkan URL website Anda.

Paid Search – Traffic dari iklan yang dipasang di halaman pencarian Google.

Affiliates – Traffic dari rekan afiliasi Anda menggunakan link unik.

Other – Traffic dari sumber di luar sistem Google, seperti email, media sosial, dan lainnya.

Display – Traffic yang berasal dari display ads.

Dengan mengecek channel metric, Anda dapat memperkirakan sumber mana yang paling potensial menggiring traffic, dan mana channel yang membutuhkan perbaikan.

Kalau hal ini terjadi pada website Anda, yang perlu dilakukan adalah terus menjaga branding bisnis. Anda bisa juga membangun upaya brand awareness tersebut melalui strategi content dengan optimasi SEO. 

Sebaliknya, kalau sudah membangun upaya melalui paid search, tetapi tidak banyak traffic yang didapat seperti pada contoh, artinya strategi paid search Anda perlu diperbaiki.

New vs Returning Visitor

Pengunjung website Anda terbagi menjadi dua: pengunjung baru (New) dan pengunjung yang sudah pernah datang sebelumnya (Returning).

Data new vs returning visitor metric dapat memberi gambaran tentang seberapa berhasil upaya digital marketing hingga menambah jumlah visitor baru dan membuat visitor kembali lagi ke website.

Misalnya, Anda menjalankan strategi email marketing. Ternyata banyak visitor baru dan returning visitor yang membanjiri website Anda. Artinya, strategi marketing Anda berhasil mendapat respon positif dari audiens.

Mendapatkan visitor baru itu penting, tapi meningkatkan returning visitor juga memiliki banyak manfaat. Lalu, apa sih tips untuk mendapatkan returning visitor?

Berikan pengunjung pengalaman menyenangkan ketika mengakses website Anda, misalnya dengan tampilan eye-catching, navigasi yang mudah, dan lainnya.

Selalu berikan konten terbaru agar pengunjung selalu ingin kembali ke website Anda. Tingkatkan upaya email marketing dengan menawarkan konten-konten yang relevan dengan kebutuhan audiens.

Exit Rate

Exit rate adalah metric yang menunjukkan berapa kali visitor mengunjungi satu halaman ke halaman lain, hingga meninggalkan website.

Misalnya, visitor masuk ke website dari landing page, lalu ke halaman ebook, dan visitor meng-klik tombol download, ketika diminta mengisi form ternyata visitor menutup halaman.

Exit rate dapat memberikan gambaran performa halaman website. Semakin tinggi persentase exit rate di sebuah halaman, kemungkinan semakin memerlukan perhatian: kenapa sih visitor pergi dari halaman ini?

Anda dapat melihat exit rate metric ini di tool digital marketing, seperti Google Analytics yang sudah menempatkan exit rate sebagai salah satu indikator performa website.

Engagement Metric

Engagement metric bermanfaat untuk mengukur interaksi antara audiens dengan digital marketing yang Anda jalankan. Beberapa digital marketing metric terkait engagement, yaitu:

Bounce Rate

Bounce rate adalah persentase visitor yang meninggalkan halaman website tanpa melakukan apapun. Baik untuk mengisi formulir, mengklik CTA, berlangganan newsletter, hingga melakukan pembelian.

Average Time on Page

Time on Page adalah metric yang menunjukkan lamanya visitor berada di sebuah halaman website. Lalu, bagaimana metric ini bisa berkaitan dengan engagement

Ketika Anda membuat sebuah konten blog dan audiens membaca konten tersebut sampai habis, hal itu menunjukkan sebuah engagement yang tinggi.

Engagement sebuah halaman bisa dihitung dari rata-rata waktu kunjungan per halaman dari setiap pengunjung atau average time on page.

Sesuaikan konten dengan tahapan marketing funnel, baik awareness, consideration, purchase, retention, ataupun advocacy.

Optimasi kembali konten Anda dari sisi SEO, baik Off Page dan On Page.

Setting semua link keluar menjadi Open in a New Window, agar mencegah pengunjung pergi ke halaman lain.

Gunakan Embed untuk video pendukung di dalam blog post supaya visitor tak harus pindah halaman untuk melihatnya.

Pageviews per Session

Pageviews per session adalah jumlah rata-rata halaman yang dilihat visitor dalam satu sesi kunjungan.  Metrik ini dihitung ketika seseorang berkunjung ke halaman situs Anda dan tidak langsung keluar, melainkan masuk ke halaman-halaman lain di website Anda. 

Semakin banyak halaman yang dikunjungi dalam sekali akses, maka semakin tinggi juga angka pageviews per session. Jika angka metrik ini tinggi, artinya pengunjung tertarik dan membutuhkan konten di situs Anda. 

Impression

Impression adalah metrik untuk mengukur total orang yang melihat konten Anda (viewers). Dalam digital marketing, metrik ini dapat ditemukan dalam semua channel marketing, seperti Facebook Ads, Google AdSense , Instagram Ads, dan website.

Dengan impressions, Anda akan mengetahui berapa kali halaman dari hasil penelusuran Google dilihat pengguna.

Engagement Rate

Engagement rate adalah metrik untuk mengukur seberapa aktif visitor dengan konten yang Anda buat. Metrik ini bisa diterapkan untuk berbagai platform digital marketing. Misalnya, media sosial.

Engagement mengukur interaksi yang dilakukan oleh audiens terhadap bisnis Anda. Sebagai contoh, kalau di media sosial,  engagement rate akan mengukur metric berupa likes, comment, share, bukan jumlah followers saja.

Kunjungi juga artikel https://www.saeland.id/artikel/nilai-plus-pada-rumah-komersil-tahun-2021/ dan artikel https://www.saeland.id/artikel/implementasi-warna-terakota-untuk-interior-yang-menarik/ Saat ini Saeland sedang memiliki projek rumah komersil tipe Rumah 54/72, hanya tersedia 13 unit rumah saja.⁣⁣⁣ Benefit : Rumah 2 lantai, dekat dengan tol, masjid, puskesmas, pasar & Sekolah.⁣⁣⁣ Segera booking melalui link https://linktr.ee/saelandproperty.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.