Seberapa penting Backup Data Tahun 2020?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Seberapa penting manfaat dari backup data? Bagi banyak perusahaan, komunitas, yayasan Data merupakan catatan informasi yang dikumpulkan dalam suatu wadah atau platform.

Supaya dapat ditemukan dengan mudah ketika diperlukan di kemudian hari, data harus disimpan baik-baik dan dikelompokkan berdasarkan kategori masing-masing. Selain itu, anda juga perlu melakukan backup data secara berkala demi menjaga keamanan data.

Tapi, sudahkah anda memahami apa itu backup data? Apakah dampak backup data bagi website anda atau perusahaan? Jika anda merupakan seorang pemilik website dengan informasi penting seperti portfolio, katalog produk, atau media yang menurut anda penting, berarti backup data bisa memberi dampak bagi anda atau perusahaan. Bagaimana bisa?

Melalui artikel ini, kita akan membahas beberapa kasus yang bisa menjadi alasan mengapa anda perlu melakukan backup data. Selanjutnya, anda  juga bisa mempelajari cara backup data website hingga cara restore data ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada website.

Manfaat Backup Data

Beberapa kasus berikut adalah hal-hal yang mungkin bisa menghilangkan data anda jika anda tidak melakukan backup data di website. Oleh karena itu, perhatikan baik-baik apa saja kasus yang mungkin menjadi penyebab data anda perlu dipulihkan karena mencegah lebih baik dari pada mengambil resiko. Data saat ini menjadi asset yang berharga terutama bagi stratup dan perusahaan vital lainnya.

Backup Data Solusi Dari Peretasan 

Backup data berfungsi selain mencegah virus, faktanya peretas (hacker) juga bisa melakukan penyerangan terhadap website. Meski menurut anda sudah menyimpan data dengan aman, tapi mungkin sebenarnya data website masih bisa diakses dengan mudah oleh para hackers.

Ini juga merupakan salah satu alasan mengapa anda perlu backup data website ke tempat yang terjamin keamanannya secara berkala.

Backup Data website down, data aman 

Ketika website-mu mengalami down-time untuk sementara waktu demi pembaruan fitur, itu tidak masalah. Namun, yang menjadi masalah adalah data yang ternyata hilang setelah website kembali aktif.

Alasan inilah yang membuat anda perlu melakukan backup data secara berkala, agar ketika data pada website hilang ketika mengalami down-time, anda bisa memulihkannya seperti sediakala.

Backup Data Antisipasi Human error

Manusia memang tidak pernah luput dari kesalahan. Beberapa hal yang mungkin dapat terjadi jika anda tidak melakukan backup data adalah penghapusan data secara tidak sengaja ketika sedang mengutak-atik pengaturan website, atau kecerobohan ketika hendak membersihkan data tertentu. Oleh karena itulah anda harus mengetahui cara backup data website dan lakukan backup secara berkala.

Kerusakan pada HDD/SSD

Seperti yang kita ketahui, Hard Disk Drive (HDD) atau Solid State Drive (SSD) seringkali digunakan untuk menyimpan data dalam ukuran besar. Tapi, tidak menutup kemungkinan pula data yang anda simpan bisa hilang ketika terjadi kerusakan pada HDD atau SSD yang anda miliki. Oleh karena itu, anda juga harus mengetahui cara backup data di website juga, demi menyelamatkan data.

Mencegah Serangan 

Tidak peduli waktu dan tempat, serangan siber (cyber attack) bisa terjadi kapan saja tanpa bisa diperkirakan. Mulai dari phising (pencurian data), brute force (percobaan login berkali-kali) hingga virus terkenal seperti ransomware dapat terjadi pada website. Jadi, backup data adalah langkah tepat yang bisa anda lakukan demi menjaga keamanan.

Semoga bermanfaat bagi anda dan data yang dimiliki, selamat berkreasi sob. Apabila ada kebutuhan jasa pembuatan website, handling sosial media dan pembuatan aplikasi atau software, advertising digital serta pembuatan motion video langsung kontak Arahmata Digital Agency tim profesional seputar digitalisasi di Jakarta Selatan atau bisa juga kirim e-mail ke admin@arahmata.co.id dan dapatkan penawaran terbaik serta layanan digitalisasi yang profesional, terpercaya. 

Nantikan terus update artikel dari Arahmata Digital Agency Profesional Jakarta, artikel yang pastinya bermanfaat dan dapat diimplementasikan diera digitalisasi seperti saat ini. Selain update artikel Arahmata Digital Agency Profesional Jakarta juga rutin melakukan upload pada akun youtube silahkan klik disini untuk membuka link channel youtube Arahmata Digital Agency Profesional Jakarta.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.