Di era digital, search engine optimization atau SEO merupakan bagian yang vital.
Brand yang merajai bagian teratas dari kata kunci tertentu yang akan memenangkan pertarungan.
Keampuhan SEO bukan sulap, melainkan dari serangkaian alasan mengapa SEO menjadi investasi berharga bagi setiap perusahaan di tahun 2022 :
Iklan yang lebih tertarget
SEO memudahkan penargetan calon pembeli yng mencari produk atau jasa yang ditawarkan sebuah perusahaan.
Keputusan pembelian lebih banyak terjadi di Google dibandingkan di Facebook.
Facebook menjadi medium untuk pengalaman mereka terhadap barang atau jasa yang dibeli.
Lebih mudah dan tidak menguras biaya
Banyak orang yang beranggapan SEO itu rumit dan memakan biaya.
Hal ini memang berlaku bagi situs tradisional, namun Google telah mempermudahnya bagi bisnis-binis lokal.
Jauh lebih mudah dari yang bisa Anda bayangkan untuk berada di halaman teratas di kota Anda.
Jika Anda tidak mengincar posisi nasional, tidak dibutuhkan SEO dengan enam hingga tujuh digit.
Konsumen potensial berharap menemukan brand di mesin pencari
Konsumen akan mencari produk atau jasa perusahaan Anda di mesin pencari seperti Google.
Jika perusahaan Anda tidak muncul di halaman pertama mesin pencari, situs Anda akan tak berguna.
Pencarian terus berkembang
Dengan semakin meningkatnya penggunaaan perangkat mobile, kini orang-orang lebih mudah dan nyaman untuk mencari sesuatu kapanpun dan dimanapun.
Konsumen potensial akan menggunakan perangkat mobile mereka untuk mencari tahu mengenai perusahaan Anda.
SEO tak hanya milik Google
Anda dapat memasarkan bisnis Anda di platform manapun karena SEO tidak terbatas pada satu mesin pencari saja.
Walau SEO sering diasosiasikan sebagai milik Google, SEO juga dapat bekerja dengan baik di Facebook, Amazon, YouTube, dan situs pencari lainnya.
Hal ini dikarenakan situs-situs ini juga menggunakan sistem ranking seperti yang dilakukan oleh Google.
Hal yang perlu diingat adalah mengoptimalisasikan konten yang dimiliki untuk ranking yang lebih tinggi di situs-situs mesin pencari ini.
Traffic yang terus menerus ke situs Anda
Saat Anda telah meningkatkan ranking pencarian perusahaan, Anda dapat mengharapkan traffic yang terus menerus.
Walaupun Anda tidak memeliharanya sesering mungkin.
Jika sistem iklan pay-per-click membuat traffic meningkat hanya jika Anda telah membayar, dengan SEO trafficbertumbuh secara alami tanpa mengeluarkan uang.
Return on Investment (ROI) yang baik
SEO telah terbukti menjadi return on investment yang ampuh dibandingkan bentuk lain dalam marketing daring.
Walau Anda dapat membuat profit yang lebih besar dengan sistem iklan pay-per-click, Anda juga harus membayar lebih untuk mendapatkan manfaat ini.
SEO adalah jalan yang lebih pasti untuk mendapat hasil yang berkelanjutan dalam jangka panjang.
Ranking dapat berubah
Mendapat ranking atau urutan yang bagus di situs pencari bukan berarti Anda dapat tenang.
Tidak ada yang bisa mengasumsikan bahwa hal ini akan berlangsung selamanya.
SEO terus menerus berkembang, dan jika Anda tidak terus berinvestasi, Anda akan menjadi pihak yang kalah dari kompetisi.
Temukan inspirasi lainnya pada artikel yang tersedia di blog Arahmata Digital Agency atau klik langsung link berikut https://www.arahmata.co.id/blog/ .
Bagikan:
- Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi di Linkedln(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi di WhatsApp(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi di Telegram(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi via Pocket(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi pada Pinterest(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk membagikannya ke Mastodon(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi pada Reddit(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi pada Tumblr(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk berbagi di Nextdoor(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk mencetak(Membuka di jendela yang baru)
- Klik untuk mengirimkan email tautan ke teman(Membuka di jendela yang baru)