SEO Tools Gratis, dan Terbaik Untuk Menganalisis Website

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Analisis dan optimasi website sangat erat kaitannya dengan SEO. Search Engine Optimization (SEO) merupakan cara meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic di website supaya muncul di peringkat atas hasil pencarian Google. Di artikel ini anda akan menemukan beberapa SEO tools yang murah, gratis, dan terbaik untuk website

Menjalankan strategi berupa optimasi memang penting bagi kamu si pemilik website, terlebih jika kamu harus mengelolanya sendiri. Ada dua cara untuk mengoptimasi website-mu, yaitu secara on-page dan off-page. Tidak perlu khawatir, karena saat ini ada berbagai SEO tools yang dapat membantumu memastikan seberapa baik penerapan strategi SEO yang sudah kamu lakukan.

SEO Tools untuk Menganalisis Website

Google, sebagai satu-satunya mesin pencari terbesar dan paling banyak digunakan saat ini, memiliki cara tersendiri untuk melihat kualitas dari sebuah konten dalam sebuah website. Demi memberikan pengalaman terbaik bagi para penggunanya, Google akan memilih website berkualitas yang paling relevan untuk ditampilkan di hasil pencarian.

Sistem yang begitu rumit ini memang pada akhirnya membuat Google harus berkali-kali melakukan update untuk sistem algoritma mereka. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena 15 tools berikut bisa digunakan untuk memperkirakan bagaimana Google melihat kualitas konten dari sebuah situs.

SEMrush

SEO tool yang dirilis pada tahun 2008 ini bisa kamu manfaatkan untuk mengoptimasi website. Tool ini dapat memberikan panduan terkait apa yang perlu kamu lakukan ari dashboard. Tanpa memakan waktu lama, kamu bisa mengetahui apa yang kurang dari website-mu dan bagaimana cara mengoptimasinya.

Tampilan muka (interface) SEMrush bisa dengan mudah kamu gunakan dan fitur analisisnya terbilang cukup lengkap. Sebut saja fitur audit website dan tracking keyword untuk menentukan kata kunci yang cocok kamu gunakan untuk website, terutama blog. Kalau kamu tertarik untuk mengembangkan website-mu menggunakan SEMrush, kamu bisa memanfaatkan layanan percobaan gratis selama tujuh hari.

Google Webmaster Tools

Mengingat kebanyakan website mengejar peringkat di mesin pencari Google, mengapa tidak memanfaatkan fitur Webmaster dari Google? Google Webmaster Tools merupakan sebuah software yang mudah digunakan dan akan menunjukkan garis besar proses Google menampilkan hasil pencarian. Selain itu, kamu juga dapat mengetes, apakah konten dari sebuah situs cukup relevan dengan kata kunci dari pencarian tersebut.

Kamu juga bisa memanfaatkan Google Webmaster Tools untuk menganalisis sebuah konten hanya dengan memasukkan URL. Setelah itu, kamu akan melihat hasil analisisnya, apakah konten tersebut sudah memenuhi standar SEO dari Google atau belum. Setiap minggunya, kamu bisa mendapat kuota penggunaan fitur fetch ini hingga 500 kali.

Check My Links

Website atau blog yang berkualitas dapat dinilai dari external dan internal link yang terdapat dalam sebuah artikel dan Check My Links dapat membantu kamu memastikan semua link yang dilampirkan dalam sebuah artikel masih aktif. Link yang masih aktif akan berwarna hijau dan link yang sudah tidak dapat dikunjungi lagi ditandai dengan warna merah. Tool ini dapat digunakan sebagai salah satu extension untuk web browser Google Chrome. 

Moz Pro Tools

Jika kamu berlangganan Moz Pro Tools, kamu bisa mendapatkan informasi secara rutin terkait rekomendasi software yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan performa website. Moz Pro Tools juga memiliki pilihan source yang bisa membantumu mengoptimalkan SEO pada konten di blog atau website. Selain itu, ada pula source untuk meningkatkan website traffic hingga menganalisis konten yang kualitasnya tidak memenuhi standar.

SEO Report Card

SEO Report Card merupakan tool dari UpCity yang berguna untuk membandingkan website. Tak hanya itu, jika kamu menambahkan beberapa informasi, SEO Report Card dapat menampilkan beberapa informasi penting terkait:

  • Rank Analysis: menunjukan peringkat website di Google, Bing, dan Yahoo. Peringkat ini ditentukan dari kata kunci yang diberikan ketika mulai mengatur Rank Analysis.
  • Link Building: menampilkan website apa saja yang memberikan tautan balik (backlink) ke website.
  • On-Site Analysis: menganalisis kata kunci utama (focus keyword) dan seberapa besar persentase kata kunci tersebut di seluruh konten pada website.
  • Website Accessibility: fitur ini berguna untuk menunjukan kecepatan loading pada website dan kemudahan akses.
  • Trust Metrics: untuk menganalisis tingkat kepercayaan (reliability) sebuah website.
  • Current Indexing: menganalisis seberapa banyak halaman pada website yang sudah terindeks dengan baik.

SEO tools di atas memiliki fungsi yang kurang lebih sama. Namun, tentu saja mereka mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Pilih sesuai kebutuhan website dan tujuan yang ingin diraih brand atau bisnis. Supaya makin profit dan optimal bisnis yang kita miliki, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya dengan klik disini

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.