Sistem HRD Berbasis Cloud di Era Digital Sangat Penting

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Saat ini bisnis atau perusahaan harus dapat berkembang agar bisa bersaing, terlebih di era Revolusi Industri 4.0 ketika segala hal sudah merambah ke digital.

Selain itu, perbaikan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) juga perlu dilakukan, salah satunya dengan memanfaatkan sistem digital. 

Di artikel ini, Anda akan mempelajari beberapa alasan pentingnya sistem HRD berbasis cloud di era digital. Penggunaan aplikasi HRD berbasis cloud kini menjadi kebutuhan perusahaan, terlebih sejak diberlakukannya aturan untuk kerja dari rumah alias WFH.

Mempersingkat & mempermudah Penghitungan Gaji dan Pajak

Ada dua sistem aplikasi HRD berbasis cloud yang bisa Anda andalkan, yaitu Gajian dan Hadir. Software payroll Gajian dapat memudahkan HRD untuk menghitung gaji, PPh 21, BPJS, cuti dan izin online karyawan. 

Di sisi lain, ada pula aplikasi absensi Hadirr yang menawarkan kemudahan pengelolaan kehadiran karyawan dengan tingkat akurasi tinggi.

Fleksibilitas ini memudahkan karyawan dan HRD, karena dapat meningkatkan efektivitas pengelolaan karyawan. Ditambah lagi, HRD tak perlu lembur untuk menghitung gaji karyawan tiap akhir bulan atau menghitung absen secara manual.

Sistem Absensi Menjadi Lebih Sederhana 

Sejak budaya kerja dari rumah atau Work From Home (WFH) mulai diterapkan, sebagian besar karyawan dari berbagai sektor tak lagi bekerja di kantor.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi HRD untuk mengelola sistem absensi, terlebih jika ada kebijakan jam kerja tertentu.

Oleh karena itu, salah satu pentingnya keberadaan sistem HRD berbasis cloud adalah agar sistem absensi bisa disederhanakan. Sebab, sistem pengelolaan berbasis cloud ini dapat menampilkan hasil kerja mereka. 

Alhasil, karyawan tak perlu melaporkan absensi, laporan kerja, atau meminta slip gaji secara manual sehingga HRD tak perlu bekerja ekstra untuk hal administratif ini.

Menghemat Biaya Operasional

Keberadaan internet dan sistem cloud sangat mendukung aplikasi HRD yang minim biaya perawatan sistem. Perusahaan tidak perlu mengalokasikan anggaran khusus untuk membeli dan merawat hardware seperti hardisk untuk menyimpan semua dokumen karyawan yang ada.

Selain mengurangi biaya, langkah ini juga dapat mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan.

Sistem aplikasi HRD berbasis cloud juga dapat mendukung sistem contactless yang dicanangkan untuk mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Bagaimana tidak, jika biasanya karyawan harus saling berkontak langsung secara tatap muka, kini keberadaan software payroll dan absensi online mendorong perusahaan atau bisnis untuk mengaktifkan WFH dengan sistem absensi yang mudah.

Meminimalisir Human Error

Mengingat teknologi yang digunakan berbasis digital, maka pengguna sistem HRD berbasis cloud dapat mengurangi terjadinya kesalahan akibat manusia alias human error.

Bagaimana tidak, mulai dari penghitungan gaji dan pajak hingga pengecekan lokasi keberadaan karyawan dapat ditelusuri melalui aplikasi atau sistem menggunakan GPS.

Alhasil, selain dapat mengurangi jumlah tenaga untuk HRD, sistem ini juga dapat mengurangi kemungkinan pemalsuan lokasi kerja. Tak hanya itu, para pemilik bisnis pun bisa mendapatkan data yang dikelola dengan lebih tepat dan akurat menggunakan sistem cloud.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.