Strategi Hemat Budget Untuk Pemasaran Produk dengan Giveaway

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

“Giveaway time..!!!” Seperti apa ekspresi Anda saat mengetahui giveaway akan diadakan? Senang sekaligus bersemangat. Tentu saja, siapa yang tidak mau dapat handphone baru hanya dengan follow sebuah akun instagram? Ataupun beragam hadiah menarik lainnya.

Akhir-akhir ini, giveaway memang menjadi trend. Strategi ini bisa menjadi senjata rahasia untuk memasarkan produk. Sebenarnya, apa sih giveaway itu?

Pada artikel ini, Arahmata akan mengajak Anda mengenal apa itu giveaway, manfaat, jenis-jenisnya, serta cara membuat giveaway.

Arahmata  juga akan memberikan beberapa tips membuat giveaway supaya makin menarik. Giveaway merupakan kegiatan membagikan hadiah dengan syarat tertentu. 

Peserta harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan sesuai tujuan giveaway. Mulai dari meramaikan sebuah postingan, hingga melakukan challenge tertentu.

Pada perkembangannya, giveaway menjadi sering dimanfaatkan untuk mempromosikan produk. Kemudian apa saja jenis-jenis giveaway yang bisa dilakukan? Berikut jenis-jenis giveaway

Self Giveaway 

Self giveaway adalah jenis giveaway yang dilakukan secara mandiri. Mulai dari promosi, ketentuan, hingga hadiah, Andalah yang mengaturnya. 

Self giveaway biasanya dilakukan oleh pebisnis yang sudah berpengalaman, memiliki banyak konsumen hingga yang memiliki anggaran pemasaran khusus. Tidak heran jenis ini bisa diselenggarakan dengan beragam. 

Syarat yang diminta juga bisa beda-beda sesuai tujuan. Misalnya, meminta peserta untuk follow akun media sosial, atau memberikan challenge berupa unggahan di akun media sosial. 

 Sponsor Giveaway

Ingin membuat giveaway tapi tidak mau repot? Sponsor giveaway bisa jadi pilihan. Sponsor giveaway adalah giveaway yang diselenggarakan oleh pihak ketiga, biasanya disebut host

Seluruh rangkaian acara giveaway, mulai dari informasi adanya giveaway hingga pengumuman pemenang diatur oleh host. Anda cukup membayar jasa tersebut. 

Jenis giveaway ini biasanya diikuti oleh beberapa brand sekaligus, event giveaway tampak besar. 

Sponsor giveaway lebih banyak untuk tujuan brand awareness dan engagement. Maka tidak heran, syarat umum dari jenis ini adalah mendapatkan sebanyak mungkin partisipan.

Alasan Kuat Kenapa Perlu Mengadakan Giveaway?

Banyak manfaat mengadakan giveaway. Supaya calon konsumen atau calon klien mengenal brand kita kemudian mau mencari tahu serta mengajak rekan-rekan lainnya. 

Seperti sedang merekrut agen, jika peserta memenangkan giveawaynya maka ia akan loyal dan setia untuk like, follow sehingga bisa meningkatkan jangkauan akun semakin berkembang. 

Namun, giveaway ini biasanya dilakukan secara berkala atau terskejul. Supaya hasilnya lebih optimal serta jangkauan akun semakin naik dan meningkat.

Semoga bermanfaat serta menambah ide strategi di awal tahun 2021. Kunjungi juga www.arahmata.co.id/matapreneur untuk mendapatkan beberapa informasi menarik. 

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.