Tawarkan Value Proposition yang Tepat Untuk Kemajuan Bisnis

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Mencari konsumen ataupun klien sama seperti mencari jodoh. Anda bisa saja menghubungi, membujuk, dan mendekati target Anda. Tapi, peluang Anda untuk diterima tentu tergantung dari apa yang Anda tawarkan. 

Contohnya, Anda bisa saja menawarkan produk yang menarik dan berkualitas tinggi untuk memikat target pasar. Apakah memperhatikan fitur produknya saja sudah cukup?

Tentu saja belum. Anda juga harus pintar dalam menjual nilai dan manfaat produknya. Atau dalam istilah bisnis adalah value proposition.

Karena, dengan membuat dan menampilkan value proposition yang menarik, niscaya calon pembeli akan semakin yakin untuk membeli produk Anda.

sebelum membahas lebih lanjut tentang cara membuat value proposition, sebenarnya value proposition itu apa sih?

Value proposition merupakan suatu pernyataan yang berisi manfaat yang ditawarkan bisnis ke pelanggannya. Biasanya, pernyataan value proposition terdiri dari:

Headline

Sub-headline

Tombol CTA (Call-To-Action)

Gambar

Tapi tidak semua value proposition memiliki keempat komponen tersebut secara lengkap. Terkadang ada juga value proposition yang cuma menampilkan headline dan CTA.

Ilustrasi : Headline – Bagian ini langsung menjelaskan manfaat utama layanannya, yaitu “Konsumen bisa mendapat website bisnis dengan fitur lengkap secara praktis”. 

Sub-headline – Bagian ini berfungsi untuk mendukung pernyataan di headline. Jadi, kalimatnya menekankan bahwa pembeli bisa langsung menerima website siap pakai.

Patut dicatat bahwa kunci dari value proposition adalah menyampaikan manfaat dari produk atau layanan. Jadi, value proposition bukan sekadar slogan. 

Sebagai contoh, mari kita lihat slogan dari beberapa brand terkenal:

Nike – Just do it

Apple – Think different

McDonald’s – I’m lovin’ it!

Apakah ketiga slogan di atas menjelaskan manfaat produk? Tentu saja tidak. Selain itu, kalimat branding juga bukan termasuk value proposition. Contohnya seperti:

Toko buku online nomor satu di Indonesia.

Franchise ayam goreng terbaik dengan 40 cabang di seluruh Indonesia.

Alasannya, pernyataan branding hanya berfungsi untuk menaikkan reputasi, bukan untuk menawarkan manfaat ke calon pelanggan.

Cara Membuat Value Proposition yang Menarik?

Apakah untuk membuat value proposition yang menarik Anda perlu mengetahui banyak trik dan mempelajari banyak teori? Untungnya, tidak.

Justru, bisa dibilang caranya cukup simpel. Anda hanya perlu melakukan tiga hal berikut:

Jelaskan produk dan manfaatnya.

Jelaskan siapa yang cocok untuk membeli produknya.

Jelaskan mengapa produk Anda lebih unggul dari kompetitor.

Selesai! Jika Anda mampu menjelaskan ketiganya, kemungkinan besar Anda sudah punya value proposition yang ideal.

Cara Menawarkan Value Proposition secara Lebih Menarik

Agar value proposition yang Anda tawarkan jadi lebih menarik dan mudah dimengerti calon pembeli, coba lakukan hal-hal berikut:

Hindari bahasa yang terlalu teknis. Pastikan target konsumen paham apa yang Anda tawarkan. Gunakan bahasa yang dimengerti orang awam.

Jangan berlebihan. Terkadang ada penawaran yang bahasanya terlalu heboh. 

Contohnya seperti “Produk revolusioner!” atau “Layanan yang akan mengubah hidup Anda!”. Padahal, konsumen pasti lebih tertarik jika penawarannya jujur dan apa adanya.

Tawarkan bonus. Jika penawaran awal Anda sudah menarik, lalu Anda menambahkannya dengan bonus. Tentu calon pembeli akan semakin tertarik untuk membeli.

Semoga bermanfaat sobat, jangan lupa kunjungi artikel lainnya agar mendapatkan banyak informasi seputar tips rumah dan jangan lupa untuk segera menguhubungi tim SAELAND untuk mendapatkan informasi rumah impian Sobat & Keluarga. Saeland Properti developer perumahan terpercaya.

Saat ini Saeland sedang memiliki projek rumah komersil tipe Rumah 54/72, hanya tersedia 14 unit rumah saja.⁣⁣⁣ Benefit : Rumah 2 lantai, dekat dengan tol, masjid, puskesmas, pasar & Sekolah.⁣⁣⁣ Segera booking melalui link https://linktr.ee/saelandproperty.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.