Tips Memanfaatkan Kemajuan Ekonomi Digital di Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Perkembangan ekonomi digital membuat aktivitas sehari-hari Anda lebih mudah. Misalnya, kini Anda tak perlu jauh-jauh pergi ke toko untuk berbelanja. Anda cukup melakukan transaksi pembelian di toko online

Sebenarnya masih banyak lagi contoh kemudahan yang ada karena perkembangan ekonomi digital. Berbagai kemudahan ini, otomatis membuka banyak peluang untuk bisnis Anda.

Apa saja peluang perkembangan ekonomi digital di Indonesia? Tenang, tim Arahmata akan menjelaskannya secara lengkap dan memaparkan cara memanfaatkannya.

Ekonomi digital adalah semua aktivitas ekonomi yang memanfaatkan bantuan internet dan kecerdasan buatan.

Ekonomi digital membuat adanya pergeseran aktivitas ekonomi dan bisnis dari  manual menjadi serba otomatis. Sehingga kegiatan sehari-hari dan bisnis jadi lebih mudah dan cepat.

Sebelum ada ekonomi digital, memulai bisnis butuh biaya dan waktu lebih untuk membangun toko fisik. Kini, bisnis bisa dimulai dengan lapak marketplace gratis atau membuat website toko online. Contoh Perkembangan Ekonomi Digital di Berbagai Bidang dan Dampaknya.

Ekonomi Digital di Bidang Kesehatan

Menggunakan berbagai layanan kesehatan pun kini tak perlu lagi pergi ke rumah sakit. Melalui aplikasi layanan kesehatan seperti Halodoc, konsultasi dengan dokter dan membayar obat resep bisa dilakukan secara online. 

Aplikasi kesehatan otomatis jadi solusi dari permasalahan pasien di Rumah Sakit. Misalnya, antrean yang padat dan jarak rumah yang jauh dari rumah sakit.

Dari segi bisnis, banyak rumah sakit dan apotek yang terbantu peningkatan pendapatannya berkat menjalin kemitraan dengan aplikasi kesehatan. Bukti real nya, sekitar 70% pendapatan apotek kecil disumbang dari Halodoc

Bisnis

Selain memudahkan pencatatan keuangan, ekonomi digital juga mampu mengurangi biaya bisnis UMKM. Sebab kini masyarakat tak harus membangun toko fisik yang mahal untuk berbisnis. Mereka cukup membuat lapak gratis di marketplace seperti Shopee atau Tokopedia.

Marketplace juga membantu bisnis kecil memperluas jangkauan pemasaran produk tanpa terhambat jarak dan waktu. Sebab, marketplace bekerjasama dengan jasa logistik antar kota.

Transportasi

Berkat perkembangan ekonomi digital, kini Anda tak perlu repot menunggu ojek di pangkalan. Cukup sekali klik, ojek pesanan Anda akan menjemput Anda. Semua itu terwujud berkat aplikasi buatan Gojek

Gojek juga mengembangkan layanan delivery makanan dan belanja harian. Dengan begitu, keberadaan Gojek jadi solusi bagi UMKM untuk lebih mudah mendistribusikan produk. 

Berkat kemudahan yang ditawarkan, transaksi Gojek berkembang sebesar Rp2 Miliar per tahunnya. Pendapatan itu berasal dari 142 juta pengguna aplikasi Gojek di Indonesia.

Untuk melihat portofolio Arahmata digital Agency secara online bisa klik https://www.arahmata.co.id/our-works/ atau apabila berminat menjadi patner maupun sedang mencari vendor bisa langsung e-mail ke admin@arahmata.co.id dan bisa juga kontak kami melalui whatsapp +62 812-8012-9656.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.