Tips Sukseskan Agency Kecil Hingga Menengah

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Setiap agency akan mencapai level, sudah memiliki beberapa klien maka pada saat ada di level ini, Anda sudah mulai mendapatkan kepercayaan calon klien. Maka tidak heran, Anda yang tadinya mencari klien sekarang gantian dicari klien.

Di tengah kesibukan itu, Anda pun sadar bahwa cara kerja bisnis web agency ini harus mulai dirapikan. 

Dengan begitu, energi yang Anda investasikan tidak berakhir menjadi kesibukan yang sia-sia dan bisnis pun jadi lebih punya tujuan. Berikut beberapa cara mengembangkan bisnis web agency tingkat kecil hingga menengah:

Bangun Digital Branding

Meskipun klien mulai berdatangan dengan sendirinya, Anda harus tetap mempertahankan eksistensi web agency Anda. Salah satu caranya yaitu dengan membangun digital branding.

Digital branding yaitu upaya mendesain dan membangun brand secara online dengan platform digital. Web yang sudah Anda punya di awal tadi jangan hanya didiamkan, tapi dongkraklah dengan hal yang bermanfaat. 

Misalnya, buat logo, isi dengan konten menarik, pajang portfolio Anda dan testimoni klien, dsb. Dengan begitu, calon klien yang tadinya sekadar melirik web agency Anda pun jadi lebih yakin untuk memakai jasa Anda.

Bangun Website Profesional

Boleh dibilang website merupakan modal wajib bagi pebisnis web agency tingkat kecil hingga menengah. Tanpa website profesional, kemungkinan bisnis lebih seret gara-gara sulit ditemukan calon klien.

Jadi, tidaklah berlebihan untuk mengatakan website adalah investasi jangka panjang bagi bisnis. Sebab, web mampu memperkuat eksistensi Anda di ranah digital, sekaligus menjadi toko yang menerima calon pelanggan selama 24 jam.

Selain itu, website perusahaan juga menjadi kesempatan untuk menunjukkan gambaran kemampuan Anda. Faktanya, 75% pelanggan menilai kredibilitas bisnis berdasarkan desain situs web perusahaan.

Dokumentasikan Setiap Keluhan dan Lakukan Evaluasi

Sekarang, mungkin Anda sudah mendapat lebih banyak keluhan daripada ketika menjadi freelancer. Maklum, orderan Anda juga semakin ramai.

Meskipun Anda bisa menyelesaikan tiap keluhan, jangan mengira proses perbaikan ini sudah selesai. 

Dokumentasikanlah keluhan yang masuk dan perhatikan kendala apa saja yang sering terjadi. Jika kendala tersebut terus berulang, ada baiknya mulai evaluasi sisi lemah bisnis Anda. Jangan sampai kelemahan ini membunuh bisnis Anda perlahan.

Rekrut Tim yang Cukup dan Gunakan Platform Khusus

Sebelum Anda kewalahan, alangkah baiknya mulai rekrut anggota tim. Sehingga, Anda bisa meringankan beban Anda dengan delegasi tugas.

Untuk web agency tingkat kecil hingga menengah, biasanya yang dibutuhkan adalah tim developer dan marketing.

Dan jangan lupa juga, komunikasi adalah kunci sukses kerja tim. Pastikan Anda memakai aplikasi atau platform yang mampu memastikan tim bekerja secara efektif.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.