Tren Digital Marketing yang Hits di 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Belajar dari pandemi tahun 2020 kemarin, semua lini semakin melek Internet dan internet sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini.

Aktivitas masyarakat pasca pandemi diprediksi akan banyak bergeser ke aktivitas digital. Hal ini membuat strategi digital marketing harus lebih peka terhadap berbagai perubahan yang sedang terjadi.

Memasuki tahun 2021 ini, pergeseran online atau online shifting akan lebih terasa karena beberapa aktivitas diprediksi akan beralih secara total menjadi aktivitas digital.

Salah satunya adalah peningkatan aktivitas belanja online, promosi, dan hiburan. Untuk itu, jika ingin strategi marketing bisnis berjalan dengan sukses, berbagai perubahan dan tren harus diantisipasi dengan baik.

Untuk mengantisipasi perubahan tren tersebut, Anda harus mengetahui seperti apa tren digital yang akan berlangsung pada tahun 2021 mendatang. Apa saja tren yang akan terjadi pada tahun 2021? Berikut Arahmata jabarkan secara lengkapnya : 

ARTIFICIAL INTELLIGENCE ATAU KECERDASAN BUATAN

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan diprediksi akan terus berkembang hingga pada aplikasinya di bidang pemasaran. Hal ini akan membuat kecerdasan buatan memegang peran yang penting bahkan bagi bisnis kecil sekalipun.

Pada tahap pengolahan data, kecerdasan buatan ini akan melakukan tugas dengan lebih efektif. Dengan adanya kecerdasan buatan, berbagai aktivitas pengolahan data dan distribusi akan berjalan dengan lebih efektif.

SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO)

Search Engine Optimization akan semakin menjadi penting karena tingkat persaingan yang tinggi dalam strategi digital marketing. Pada tahun 2021 mendatang, diprediksi banyak bisnis yang akan mulai terjun menggunakan strategi digital marketing sehingga persaingan di dunia digital akan semakin ketat.

SEO merupakan cara paling utama yang dilakukan agar sebuah brand mampu mendapatkan exsposure kepada audiens. Apalagi 93% traffic yang masuk ke sebuah website berasal dari mesin pencari.

Sehingga Search Engine Optimization memegang peran yang semakin penting dalam memenangkan persaingan di dunia digital.

CONTENT MARKETING AKAN TETAP MENJADI PRIORITAS

Selama tahun 2020, content marketing memegang prioritas yang amat penting. Tampaknya peran penting konten marketing akan berlanjut hingga tahun 2021.

Data menunjukan bahwa konten marketing mampu membantu 96% bisnis mencapai target konversi mereka. Selain itu, 90% marketer Business to Business (B2B) mengutamakan  penyediaan informasi dan edukasi kepada klien dibandingkan sales atau konversi promosi perusahaan.

Dengan hasil yang sangat memuaskan tersebut, konten marketing akan tetap memegang peran penting dalam setiap strategi digital marketing. Peran ini nampaknya akan terus bertahan hingga tahun-tahun berikutnya.

MARKETING FLYWHEEL

Posisi model marketing funnel nampaknya akan tergantikan oleh model marketing lain yang bernama marketing flywheel. Berbeda dengan marketing funnel yang berfokus untuk mendapatkan konsumen yang melakukan satu kali pembelian, marketing flywheel berfokus pada pemasaran berkelanjutan.

HubSpot mengatakan bahwa model marketing flywheel adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan kepuasan konsumen untuk mengarahkan mereka melakukan re-purchasing atau pembelian ulang melalui pemasaran retargeting.

Sehingga jika seorang konsumen telah melakukan pembelian, konsumen akan kembali melakukan pembelian. Melalui model ini, strategi pemasaran akan terus berlanjut bahkan setelah seorang konsumen mencapai tahap akhir funnel.

VIDEO

Peran penting video dalam strategi pemasaran mulai dirasakan kian penting. Popularitas platform penyedia video yang terus meningkat menunjukan betapa pentingnya jenis konten ini.

Konten video dirasakan mampu menyampaikan banyak informasi dibandingkan dengan image dan tulisan sehingga efektivitas komunikasi dapat dicapai dengan lebih baik.

Selain itu, konten video dapat dikatakan menguasai dunia digital. 80% traffic konsumen dihasilkan dari streaming video sepanjang tahun 2019 lalu.

Tren ini akan diprediksi akan meningkat mendekati tahun 2021 sehingga para marketer harus bersiap menggunakan konten video dalam strategi pemasarannya.

MEDIA SOSIAL

Media sosial masih menjadi salah satu platform paling berpengaruh dalam strategi digital marketing. Facebook dalam laporannya menunjukan bahwa 55% konsumen menemukan produk yang mereka butuhkan dari media sosial.

Oleh karena itu, peran penting media sosial masih akan dirasakan dalam setiap strategi digital marketing.

Selain itu, strategi digital marketing di media sosial-pun masih merupakan strategi paling jitu dalam menghasilkan leads sepanjang tahun 2020 ini. 64% leads yang dihasilkan pada berbagai industri dan bisnis dihasilkan melalui media sosial.

Tren pada tahun 2021 mendatang masih akan menunjukan kecenderungan yang sama di masa media sosial masih akan menjadi opsi utama dalam strategi digital marketing.

MICRO INFLUENCER

Pada tahun 2016 hingga 2019, Anda menyaksikan bahwa peran influencer dalam mempromosikan sebuah bisnis dan produk sangat penting. Bahkan penggunaan jasa influencer ini mencapai puncaknya pada tahun 2018 yang lalu.

Namun nampaknya hal ini akan berubah pada tahun 2021 mendatang. Brand dan bisnis diperkirakan akan beralih menggunakan micro influencer dengan follower 1000 hingga 100.000 orang.

Hal ini dipengaruhi oleh tingkat engagement yang tinggi antara influencer ini dengan audiensnnya.

Micro influencer ini biasanya bergerak dengan niche tertentu yang sangat spesifik sehingga tingkat engagement dan segmentasi audiensnya pun lebih sepsifik.

Dengan tingkat engagement yang tinggi tersebut, beberapa konsumen akan memiliki tingkat sosialisasi yang sangat tinggi dan bahkan sampai pada tingkat solidaritas komunitas.

Faktanya, 70% konsumen millennial lebih sering melakukan pembelian jika direkomendasikan oleh teman ataupun orang terdekatnya. Oleh karena itu keberadaan komunitas ini akan menjadi target baru dari strategi digital marketing.

Saat ini Arahmata Digital Agency sudah mendesign, mendevlop beberapa website seperti, www.smartpower.id www.saeland.id www.comeworks.id selain membuat website baru dari 0 bisa juga tim Arahmata me-redisgn website yang sudah ada (basis dasar Website WordPress). Segera miliki dan optimalisasi branding secara online untuk kemajuan perushaan anda, sobat.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.