Marketing Plan Moncer Serta Cara Membuatnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Marketing plan adalah salah satu elemen penting dalam berbisnis. Rencana pemasaran dibutuhkan agar produk bisa dipasarkan dengan lebih maksimal.

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus mengetahui langkah-langkah menyusun rencana pemasaran yang baik. 

Sebelum masuk ke cara membuat, pahami dulu apa itu marketing plan Moncer, bagaimana contoh dan manfaatnya bagi bisnis Anda berikut ini. Silahkan disimak ya.

Mengenal Marketing Plan

Marketing plan adalah dokumen yang merincikan strategi pemasaran suatu bisnis atau perusahaan. Sebuah rencana pemasaran menjelaskan bagaimana suatu bisnis dapat mencapai tujuan marketing atau pemasarannya.

Layaknya blueprint, rencana pemasaran berperan sebagai panduan dalam melakukan marketing. Di dalamnya berisi strategi promosi dan campaign yang dilakukan dalam periode tertentu untuk menjangkau pasar. 

Dengan adanya rencana pemasaran yang baik, suatu bisnis dapat berjalan lebih terarah untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Manfaat Marketing Plan untuk Bisnis

Setelah membaca penjelasan mengenai rencana pemasaran di atas, mari simak apa saja manfaatnya untuk bisnismu. Berikut penjelasannya:

Membantu menyusun strategi

Apapun jenis usaha yang Anda jalankan, membuat perencanaan baik agar bisnis memiliki arah yang jelas. Rencana pemasaran dibuat untuk memudahkan Anda dalam menyusun strategi yang tepat untuk dijalankan. 

Dengan memiliki perencanaan, kamu dapat menyeleksi apa yang harus dilakukan secepatnya, apa yang bisa ditunda, atau mana yang tidak harus dijalankan.

Mengevaluasi kinerja

Di dalam rencana pemasaran mengandung strategi dan target-target yang harus dicapai suatu bisnis. Hal tersebut dapat menjadi parameter keberhasilan atau sarana untuk mengevaluasi kinerja perusahaan.

Target tidak hanya dinilai dari pemasukan yang didapat, melainkan berbagai faktor yang menjadi tanda sebuah bisnis mengalami kemajuan.

Beberapa faktornya bisa dilihat dari target pangsa pasar, segmentasi, kategorisasi produk, dan sebagainya.

Mempersiapkan bisnis menghadapi perubahan

Bisnis selalu bergerak dinamis. Banyak faktor, baik internal maupun eksternal yang dapat mempengaruhi performa bisnis kamu dalam periode waktu tertentu.

Contohnya saja kondisi ekonomi, kesehatan, sosial, politik, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Marketing Plan Moncer 

Tentukan target pasar

Cara membuat rencana pemasaran selanjutnya adalah menentukan target pasar. Di tahap ini, buatlah gambaran mengenai target konsumen yang ideal bagi bisnis Anda dengan rinci. 

Hal ini dikenal dengan istilah buyer persona. Dengan mengetahui karakter target konsumen secara ideal, kamu bisa lebih mudah menyusun perencanaan dalam melakukan pemasaran.

Menganalisis kompetitor

Dalam berbisnis, Anda juga harus ingat kalau ada pelaku bisnis lain yang bergerak di bidang yang sama dengan bisnis Anda. Untuk itu, Anda perlu tahu kondisi kompetitor atau pesaing di dalam bisnis yang Anda jalani.

Bukan untuk berlomba-lomba mengalahkan satu dengan lainnya, menganalisis kompetitor diperlukan agar Anda dapat mencari hal-hal yang bisa menjadikan bisnis Anda lebih unggul di mata konsumen.

Apakah itu dari segi variasi produk, pelayanan konsumen, atau kualitas dan harga yang ditawarkan.

Kenali bisnis

Tahap pertama, kenali terlebih dahulu bisnis yang Anda jalani. Mungkin langkah ini banyak disepelekan bagi sebagian orang.

Tapi dengan memahami bisnis lebih dalam, Anda juga bisa mengetahui kondisi bisnis baik sisi internal maupun eksternalnya. Untuk mempermudah, Anda juga  bisa menggunakan analisa SWOT sebagai pedoman.

Menetapkan tujuan pemasaran

Langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan pemasaran yang ingin Anda capai. Boleh-boleh saja bila Anda menetapkan target dengan angka yang besar, namun jangan lupa juga pikirkan hal-hal yang bisa menjadi kendala untuk mencapainya. 

Dalam menetapkan tujuan pemasaran, penting untuk mempertimbangkan berbagai hal, baik dari aspek keuangan hingga sumber daya yang ada.

Menyusun strategi promosi

Cara membuat perencanaan pemasaran tahap selanjutnya ialah menetapkan strategi promosi yang akan dilakukan. Sesuaikan jenis promosi dengan gaya bisnis Anda dan target pasar yang dituju.

Ada banyak jenis promosi yang bisa kamu lakukan, misalnya melalui digital marketing, social media marketing, e-mail marketing, atau content marketing. Kamu juga bisa mengkombinasikannya untuk menjangkau konsumen lebih maksimal.

Jika saat ini lembaga/Perusahaan mencari jasa event organizer untuk melangsungkan Virtual event ataupun live streaming yang profesional serta berkesan, Sobat dapat menghubungi Citra Mandiri Kreatif yang telah memiliki pengalaman mengadakan berbagai event-event besar di seluruh Indonesia.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.