Paid Promote Beserta Tips Penerapan di dalam Bisnis

Sobat Arahmata mungkin pernah mendengar istilah paid promote dalam digital marketing, terutama yang dilakukan melalui media sosial Instagram. Apa itu paid promote?

Paid promote adalah promosi produk atau layanan yang dilakukan oleh pihak ketiga dengan jumlah followers besar.

Melalui akun pihak ketiga yang memiliki banyak followers tersebut diharapkan produk atau layanan yang Sobat tawarkan dapat menarik pelanggan.

Selain menarik pelanggan menjadi penjualan, promosi menggunakan paid promote juga bisa meningkatkan brand awareness sebuah merek.

Banyak manfaat yang diperoleh dari pengaplikasian Paid promote untuk bisnis, yaitu :

Menyampaikan Pesan pada Audiens yang Lebih Bertarget

Manfaat paid promote selanjutnya bagi Bisnis Sobat bisa menyampaikan pesan lebih efektif pada audiens yang lebih bertarget.

Karena saat memilih influencer atau selebgram, pasti Sobat Arahmata sudah mengetahui jenis audiens seperti apa yang menjadi followers mereka.

Dengan target audiens yang tepat, Sobat pun dapat menciptakan hubungan pelanggan menjadi lebih baik dan kuat.

Hubungan tersebut bisa tercipta dari keterlibatan langsung dengan audiens, seperti menjawab pertanyaan dan mengatasi masalah apa pun yang mereka miliki.

Seiring waktu, mereka akan mulai melihat bisnis Sobat sebagai sosok yang tepercaya dan bereputasi baik di industrinya.

Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu manfaat melakukan paid promote bagi bisnis adalah dapat meningkatkan brand awareness.

Dengan meminta bantuan pihak ketiga untuk promosi, produk atau layanan yang Sobat tawarkan pun akan lebih banyak dijangkau pengguna media sosial.

Oleh karena itu, para pengguna yang belum pernah mengetahui brand Sobat sebelumnya pun menjadi tahu dan mengenalinya melalui konten paid promote tersebut.

Semakin banyak pengakuan yang brand Sobat dapatkan, maka hal tersebut juga bisa meningkatkan kredibilitas bisnis Sobat.

Untuk meningkatkan brand awareness ini, Sobat perlu membuat konten yang informatif dan mudah diingat sehingga menciptakan kesan yang kuat dalam benak audiens.

Meningkatkan Engagement

Dengan paid promote, akun Instagram bisnis kamu pun bisa memiliki engagement yang lebih besar.

Hal ini karena bantuan dari influencer atau selebgram memiliki pengaruh positif pada interaksi media sosial, seperti likes, comment, share, save, dan repost.

Pengaruh paid promote yang sukses juga bisa menambah jumlah followers Sobat sehingga berpotensi meningkatkan penjualan.

Jumlah followers yang besar juga bisa meningkatkan kredibilitas bisnis karena audiens menilai bahwa brand Sobat telah dipercaya oleh banyak orang.

Media Promosi Bisnis yang Efektif

Media sosial merupakan jenis promosi bisnis yang efektif. Oleh karena itu, paid promote bisa menjadi pilihan cara untuk memasarkan produk atau layanan bisnis Sobat.

Terlebih di era digital seperti saat ini, media sosial telah menjadi kebutuhan manusia untuk berkomunikasi.

Ada jutaan orang dari seluruh dunia yang mengakses media sosial.

Instagram pun dinilai sebagai media sosial yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Instagram menempati posisi ketiga setelah YouTube dan WhatsApp.

Jadi, memanfaatkannya sebagai media iklan memiliki peluang keberhasilan yang besar bagi bisnis.

TIPS MENERAPKAN PAID PROMOTE UNTUK USAHA

Dengan semua manfaat paid promote tersebut, mungkin Sobat Arahmata akan tertarik melakukan promosi melalui paid promote.

Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu Sobat perhatikan. Berikut tips paid promote untuk bisnis yang bisa Sobat terapkan:

Pastikan Mengelola Akun Bisnis dengan Baik

Sebelum memutuskan untuk memasarkan produk atau layanan melalui paid promote, sebaiknya Sobat sudah mengelola akun media sosial bisnis dengan baik.

Mulai dari melengkapi informasi pada bagian profil, menyajikan konten yang sesuai dengan brand, hingga membangun interaksi bersama audiens.

Dengan begitu, akun bisnis Instagram Sobat akan lebih dipercaya oleh pengguna lainnya.

Tentukan Target Audiens

Ketika Sobat sudah menciptakan branding yang baik untuk bisnis, coba tentukanlah target audiens.

Coba lihat dan petakan audiens yang terlihat potensial menjadi pelanggan Bisnis online Sobat.

Dalam hal ini, Sobat bisa memulainya dengan mengategorikan audiens berdasarkan usia, jenis kelamin, tempat tinggal, minat, dan lainnya.

Dengan begitu, Sobat akan lebih mudah untuk menentukan influencer atau selebgram yang ingin diajak kerja sama.

Jalin Kerja Sama dengan Pihak yang Tepat

Saat melakukan paid promote, sebaiknya Sobat memilih pihak yang tepat untuk diajak kerja sama sehingga hasilnya maksimal.

Jadi, pilihlah influencer atau selebgram dengan followers yang sesuai dengan target audiens bisnis Sobat.

Misalnya Sobat memiliki bisnis perumahan, maka influencer atau selebgram yang konten utamanya review perumahan atau suka interior adalah pihak yang tepat.

Pastikan juga pihak yang Sobat ajak kerja sama memiliki engagement atau jumlah interkasi dengan audiens tinggi.

Temukan inspirasi lainnya pada artikel yang tersedia di blog Arahmata Digital Agency atau klik langsung link berikut https://www.arahmata.co.id/blog/ .

Bagikan:

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.