Teknik SEO untuk Meningkatkan Organic Traffic Website Part I

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Anda pasti sudah tahu bahwa mempelajari serta memiliki pengetahuan tentang teknik-teknik SEO sangat penting untuk meningkatkan traffic website. Apabila website Anda bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google, tentu rasa percaya serta peningkatan klien itu nyata. Serta ini  berarti traffic Anda akan bertambah, conversion rate Anda juga akan meningkat, dan akhirnya membantu Anda untuk mendapat lebih banyak revenue.

SEO Audit

SEO audit akan membantu Anda untuk mengetahui mengapa website Anda tidak mendapat traffic dan mungkin sales yang cukup. Banyak perusahaan SEO menawarkan layanan ini, tetapi Anda bisa menghemat budget dengan melakukannya sendiri.

Secara general, auditing sendiri adalah sebuah pemeriksaan hasil, konsep, atau keuangan yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana keadaan bisnis Anda saat ini dan langkah apa yang harus Anda ambil selanjutnya. Di dunia SEO, auditing dapat membantu Anda menyusun strategi untuk menarik dan mempertahankan konsumen.

Audit SEO berarti Anda memantau secara cermat keseluruhan kinerja situs Anda, menetapkan sasaran baru berdasarkan apa yang Anda temukan, dan menerapkan taktik untuk mencapai sasaran tersebut. Proses ini membantu Anda meningkatkan keuntungan Anda dengan memanfaatkan konten terbaik yang sudah Anda miliki.

Ini mungkin tidak terdengar seperti strategi SEO tingkat lanjut, tapi Anda akan terkejut berapa banyak situs web yang tidak mengimplementasikan teknik dasar on-page SEO seperti judul atau deskripsi halaman. Memang hal ini cenderung diabaikan saat Anda membuat sebuah website, tetapi hal ini juga mudah diperbaiki dengan audit.

Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan selama Anda melakukan audit SEO:

  • Pastikan bahwa semua halaman website Anda memiliki meta title dan descriptions
  • Apakah semua halaman website Anda sudah memiliki keywords yang dioptimasi untuk SEO? Perhatikan apakah terjadi keyword stuffing di halaman-halaman website Anda
  • Sudahkah struktur URL Anda dioptimasi agar mudah ditemukan oleh search engines? URL Anda sebaiknya dibuat simple, pendek, dan mudah bagi search engines untuk mengerti apa isi halaman website tersebut.
  • Apakah setiap halaman website Anda sudah disusun secara benar? Penyusunan yang benar untuk SEO sebaiknya memiliki hal-hal di bawah ini:
  • Menggunakan headings dan subheadings (H1 dan H2) untuk memisahkan isi konten
  • Menggunakan dua sampai tiga kalimat untuk setiap paragraf
  • Gunakan bold dan italics untuk menandai poin-poin penting
  • Menggunakan kata-kata call-to-action
  • Menurut sebuah penelitian oleh HubSpot, 43% dari pembaca blog hanya membaca isi konten secara sepintas dan tidak membaca keseluruhan isi blog. Hal-hal di atas dapat membantu memudahkan pembaca mengerti apa isi konten Anda.
  • Periksa apakah Anda sudah memasukkan keyword Anda di ALT text gambar Anda
  • Periksa juga apakah Anda sudah memanfaatkan external (link ke website lain) dan internal link (link ke halaman website Anda yang lain) di konten Anda.

Teknik SEO Advance

Muncul di halaman pertama hasil pencarian sangat penting karena 75% pengguna Google tidak akan melihat halaman kedua hasil pencarian. Untuk itu, SEO sangat penting untuk memastikan bahwa website Anda akan muncul di peringkat atas hasil pencarian.

Berikut ini teknik SEO advance yang bisa membantu Anda meningkatkan traffic website Anda.

Pelajari Audience Websitenya

Strategi ini memang terdengar simple, tetapi sering dilupakan oleh para pemilik website. Anda perlu fokus dengan apa yang pengunjung website Anda inginkan. Dengan mengerti apa yang mereka cari, Anda akan lebih mudah dalam mengembangkan isi konten website Anda untuk menarik perhatian pengunjung dan mempertahankan konsumen Anda.

Opini konsumen Anda memiliki kemampuan untuk memengaruhi ide, artikel, produk, dan konsep yang Anda terapkan di website Anda. Lalu bagaimana Anda mendapatkan data yang relevan mengenai apa yang pengunjung website Anda inginkan?

Optimalisasikan Google Analytics

Page view memang penting, tetapi perhatikan juga rata-rata waktu kunjungan halaman. Semakin tinggi rata-ratanya, semakin bagus. Jika waktu kunjungan hanya di bawah satu menit, kemungkinan besar mereka tidak membaca artikel Anda secara menyeluruh. Selain itu, lihat juga bounce rate dan exit percentage.

Bounce rate memberi tahu Anda berapa banyak orang yang mengunjungi halaman ini tetapi tidak mengunjungi halaman lainnya di website Anda. Sementara itu exit percentage memberi tahu berapa persen pengunjung meninggalkan website Anda setelah mengunjungi website Anda.

Membuat Landing Page

Landing page yang dirancang dengan baik dapat membantu meningkatkan mengumpulkan lead dan sales. Semakin banyak landing page yang Anda buat, semakin banyak pintu yang Anda buka untuk menarik traffic.

Menurut riset oleh perusahaan SEO, MarketingSherpa, 44% klik untuk perusahaan B2B masuk ke homepage dan bukan ke sebuah landing page. Tentu saja homepage juga penting tetapi landing page dapat meningkatkan hubungan dengan pengunjung website.

Mungkin Anda bertanya-tanya apa itu landing page sebenarnya? Landing page merupakan sebuah halaman dimana pengunjung datang saat mereka mengklik sebuah iklan atau hasil pencarian. Landing page Anda bisa fokus pada satu topik dan membahas topik tersebut secara lengkap. Pada dasarnya halaman ini dibuat dengan fokus pada satu tujuan. 

Halaman yang baik memiliki beberapa elemen di bawah ini:

  • Tidak ada navigasi karena Anda ingin pengunjung tetap di halaman tersebut
  • Konten yang berguna dan informatif
  • Jangan lupa menyertakan call-to-action; bisa untuk mengajak pengunjung mendaftarkan diri untuk produk, layanan, atau tawaran untuk mendapatkan e-book dari Anda).
  • Untuk memulai membuat landing page Anda bisa menemukan satu long-tail keyword (Anda bisa menggunakan UberSuggest untuk melakukan ini) dan buat suatu konten berdasarkan long-tail keyword tersebut. Gunakan keyword tersebut dengan cara yang natural dan hindari keyword stuffing. Jangan lupa juga untuk meletakkan keyword di headline dan subheading Anda.
  • Design website Anda juga akan berpengaruh. Pastikan bahwa website Anda memiliki anatomi landing page yang baik. Headline harus selalu ada dan body content juga berpengaruh besar. Coba masukkan testimonial atau review dari konsumen Anda untuk meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas.

Nantikan update artikel Arahmata Digital Agency Profesional Jakarta juga rutin melakukan upload pada akun youtube silahkan klik disini untuk membuka link channel youtube Arahmata Digital Agency Profesional Jakarta.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Get Our Newest Article Weekly

Dengan berlangganan, berarti Anda menyetujui kebijakan privasi, syarat dan ketentuan kami.